Home » Daerah » GUBERNUR SUMATRA UTARA PRIORITASKAN MESIN HASIL CIPTAAN MUHAMMAD SAYUDI

GUBERNUR SUMATRA UTARA PRIORITASKAN MESIN HASIL CIPTAAN MUHAMMAD SAYUDI

Pirnas.com 06 Sep 2019

LABUSEL, PIRNAS | Dalam kunjungan Gubernur Sumatera Utara, H. EDY RAHMAYADI, dalam rangka pembukaan Jambore TTG ke XIX Di SBBK Kota pinang, Kelurahan kotapinang, Kecamatan Kotapinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara, kamis (5/9/2019) kemarin.

Gubernur Sumatera Utara menyempatkan bertatap muka lansung kepada hampir seluruh peserta Jambore Teknologi Tepat Guna di stand masing-masing, guna untuk melihat secara langsung hasil karya anak bangsa yang mungkin akan dapat diperioritaskan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara ke Kancah Internasional.

Gubernur Sumatera Utara berdialog langsung dengan salah seorang pencipta Mesin DESTILATOR (Mesin Daur Ulang), bernama Muhammad Sayudi (57) Dusun Vl, Desa Mekar Sari, Kecamatan Buntu Pane, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

Mesin tersebut Dapat mengolah bahan limbah plastik menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM), Solar 60% , Minyak Tanah 15% dan Premium 25% dari bahan limbah plastik murni tidak mengandung Aluminium Foil.

Muhammad Sayudi menjelaskan sudah lama ia merancang mesin tersebut dan akhirnya sekarang bisa durealisasikan.

“saya merancang mesin tersebut sejak tahun 1985 ketika masih sekolah, namun baru Juni 2019 mesin tersebut saya ciptakan hingga saat ini”, ungkapnya.

Hanya dalam kurun dua bulan dalam masa uji coba Mesin Daur Ulang yang diciptakan Muhammad Sayudi sudah menghasilkan 17 liter minyak tanah, 14 liter solar dan 8 liter premium sebagai bahan percobaan.

Muhammad Sayudi, mengatakan limbah plastik bisa didaur ulang menjadi BBM yang hasilnya lumayan.

“Satu kilo gram limbah plastik murni tidak mengandung aluminium foil bisa menghasilkan 0,7 liter BBM per kg limbah plastik, sedangkan biaya pembuatan Mesin Destilator tersebut yang bahan bakunya semua terbuat dari bahan bekas yang diperkirakan berbiaya 1,8 juta rupiah saja”, katanya.

Tapi sampai saat ini Pemkab Asahan belum pernah berkomunikasi dengan Muhammad Sayudi akan keberhasialanya dalam menciptakan Mesin Tehnologi Tepat Guna ini, katanya kepada awak media.

Namun kepala Desa Mekar Sari lah yang memberi tanggapan dan mengikut sertakan Jambore TTG ke XIX Di labusel Kotapinang dengan biaya Pemerintah Desa setempat.

Muhammad Sayudi yang didampingi Istri tercintanya Siti Mahnawiyah (52) dengan berharap penuh, agar plt. Bupati Asahan, H. Surya bisa memprioritaskan mesin hasil ciptaan anak bangsa ini, agar kedepannya Tehnologi di negeri ini adalah hasil karya anak Bangsa sendiri, sehinnga bisa Go internasional dan tidak lagi ketergantungan skil orang lain atau Bangsa Asing.

Muhammad Sayudi mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa Mekar Sari, Kecamatan Buntu Pane dan Bapak Edy Rahmayadi selaku Gubernur Sumatra Utara yang telah memprioritaskan Mesin Daur ulang hasil ciptaannya, semoga dengan hasil karya cipta mesin ini dia dapat membanggakan Bangsa indonesia dalam atau pun luar negeri dan membawa harum nama Kabupaten Asahan Sumatera Utara. (Ridwan marpaung)

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Berita Terkait
LP Terkesan Diabaikan, Ketum PPWI Geruduk Ditreskrimum Polda Jabar

Harsusilawati

20 Jul 2024

Post Views: 5 Pirnas.com | Jakarta – Laporan Polisi (LP) terkait dugaan penyerobotan tanah dan pemalsuan dokumen yang dilaporkan anggota PPWI, Dasep Setiawan, pada tahun 2021 hingga kini masih jalan di tempat. Aparat kepolisian Polda Jawa Barat yang menerima LP tersebut terkesan mengabaikan laporan warga dari Desa Sukaresmi, Kecamatan Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung, itu. Selama …

Benar Dugaan Fiktif Dana Desa Pematang Seleng Tahun 2022 dan 2023 Rp 946 Juta 

Hidayat Chan

19 Jul 2024

Post Views: 16 Ket.photo:Peternakan sumber dana desa Pematang Seleng tahun 2024. Pirnas.com|Labuhanbatu– Nama saya Dio, penjaga ternak Kepala desa Pematang Seleng, demikian diucapkan Dio, 24 tahun, warga desa Pematang Seleng Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu, saat dikonfirmasi wartawan terkait pembelian ternak kambing yang menggunakan sumber dana desa Pematang Seleng, Jumat (19/07/2024) pukul 13.00 wib siang. …

Dr. Ebtanas Morina Padang, Plt Puskesmas Salak, Mengabdikan Diri Dikampung Kelahiran

Harsusilawati

19 Jul 2024

Post Views: 9 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Seorang perempuan berparas ayu menyambut setiap tamunya dengan tebaran senyum yang ramah penuh dengan kesejukan Namanya adalah dr. Ebtanas Morina Padang, Plt. Kepala UPT Puskesmas Salak yang telah bertugas di Puskesmas tersebut sejak 2023 kemarin. Satu jam saat berbincang bersama nya, perempuan kelahiran Singgabur Desa Silimakuta Kecamatan …

Kapolres Labusel Gelar Jumat Curhat Dan Bagi Bansos Di Desa Teluk Panji

Harsusilawati

19 Jul 2024

Post Views: 14 Pirnas.com | Labuhanbatu Selatan – Dalam rangka lebih mendekatkan diri dengan masyarakat di an mendengarkan keluhan mereka secara langsung, Kapolres Labuhanbatu Selatan AKBP Maringan Simanjuntak, S.H., M.H., mengadakan kegiatan “Jumat Curhat” sekaligus membagikan bantuan sosial kepada masyarakat di Dusun Setia Makmur Desa Teluk Panji Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Jumat (19/7/2024). …

Sekda Pimpin Senam Pagi Jumat Rutin Dilingkungan Pemkab Pakpak Bharat

Harsusilawati

19 Jul 2024

Post Views: 13 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Begini suasa Senam Sehat pagi ini, di Kompleks Perkantoran Panorama Indah Sindeka, Salak. Lajim setiap jumat pagi, segenap Aparatur di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melaksanakan Senam Sehat Bersama, guna menjaga kebugaran dan kekompakan. Jalan Berutu, S.Pd, MM, sekretaris Daerah Pakpak Bharat yang mewakili Bupati dalam pengarahan …

Direktur Pudam Tirta Bina Labuhanbatu di Lantik Plt. Bupat

Hidayat Chan

19 Jul 2024

Post Views: 131 Pirnas.com|Labuhanbatu– Pelaksana Tugas Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd., MM. melantik Direktur Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Bina Kabupaten Labuhanbatu masa jabatan 2024-2029 M. Lutfi, SH., MH. di Kantor Pudam Tirta Bina Labuhanbatu Jl. W. R. Supratman, Rantau Utara, Jumat (19/07/2024). Dalam arahannya, Plt. Bupati mengatakan bahwa Pudam Tirta Bina …

Kategori Terpopuler