banner 728x250

AWAL DESEMBER LISTRIK PLN MENYALA DI DUSUN 4 OPA PADANG MAHONDANG 

PIRNAS.ORG & PIRNAS.COM | ASAHAN – Diperkirakan awal bulan Desember tahun ini warga masyarakat Dusun 4 Desa Opa Padang Mahondang, Kecamatan Pulau Rakyat, Kabupaten Asahan telah menikmati terang benderangnya listrik PLN. Hal itu, ditandai dengan penancapan pertama tiang beton jaringan listrik PLN, pada Jum’at (22/11/2019).

Penancapan tiang pertama ini disaksikan Manajer Proyek Kelistrikan PLN wilayah Sumatera Utara Tumpal Hutapea bersama Camat Pulau Rakyat Aspihan, Kades Opa Padang Mahondang Irwan Lumumba, Kabid Pertanahan dari Dinas Perumahan Pemukiman Pemkab Asahan dan Masyarakat dusun tersebut.

Click following link

Keyword dan Negara dengan CPC Tertinggi 2022-2023

Terang benderangnya listrik PLN nantinya di wilayah dusun 4 ini disebutkan Manajer Proyek Kelistrikan wilayah Sumatera Utara Tumpal kepada Pirnas dan Wartawan, “Mudah-mudahan diawal Desember minggu pertama nanti untuk dusun 4 ini listrik PLN sudah bisa kita nyalakan”, ujarnya.

Pembangunan listrik oleh PLN di desa, lanjut Tumpal Hutapea bahwa target PLN wilayah Sumut pada tahun 2020 semua wilayah desa telah dialiri listrik PLN dan untuk Kabupaten Asahan ada sembilan titik lokasi yang tersebar dibeberapa Kecamatan yang salah satunya yakni dusun 4 Opa Padang Mahondang ini.

Disebutkannya, beberapa waktu lalu bersama Bupati Asahan telah melakukan penebangan pertama pohon di Dusun 3 Bukit Kijang, Desa Gunung Melayu, Kecamatan Rahuning terkait pembangunan pemasangan fasilitas jaringan listrik PLN.

“Mudah-mudahan juga di wilayah dusun 3 Bukit Kijang, kalau tidak ada kendala pertengahan bulan Desember ini listrik PLN sudah menyala”, sebutnya.

Diungkapkannya, bahwa di Sumatera Utara jumlah wilayah desa yang belum terang benderang diperkirakan ada sekitar 110 desa lagi dan mayoritas berada di wilayah Pulau Nias.

Masih kata Tumpal Hutapea, untuk wilayah Asahan semua desanya telah dialiri listrik PLN dan kalau pun ada belum teraliri listrik PLN mungkin hanya di wilayah-wilayah dusun saja. Beliau juga, menghimbau apabila ada diketahui wilayah dusun yang belum dialiri listrik PLN supaya segera dibuat permohonan kepada pihak PLN melalui Kepala Desa dan hal itu akan cepat kita respon dengan melakukan survey dan kajian.

“Wilayah dusun yang belum teraliri listrik PLN, untuk segera buat permohonan kepada pihak PLN melalui Kepala Desa. Pihak PLN segera merespon melalui survey dan kajian”, himbaunya.

Pantauan Pirnas, usai penancapan tiang pertama para pekerja melanjutkan penancapan tiang-tiang berikutnya dan sesuai informasi yang disampaikan oleh pihak PLN ada sebanyak 86 buah tiang yang dialokasikan.

Seperti diketahui bahwa dusun 4 desa Opa Padang Mahondang ini didiami 37 KK dan sejak Indonesia Merdeka warga masyarakatnya belum pernah menikmati terang benderangnya listrik PLN.

Reporter : MT