Home » Ragam » Kesehatan » Bahaya Merkuri, Hindari Kosmetik Mengandung Merkuri

Bahaya Merkuri, Hindari Kosmetik Mengandung Merkuri

Pirnas.com 15 Jul 2022

CYBERPOST.ID – Bahaya Merkuri, Kosmetik yang mengandung merkuri berbahaya kesehatan. Biasa Merkuri sering digunakan dalam krim kosmetik pemutih wajah. Walau bisa membuat kulit terlihat lebih cerah, merkuri menyimpan segudang bahaya kesehatan.

Kosmetik yang mengandung merkuri biasa diproduksi diluar negeri secara illegal. Dengan demikian harus dengan teliti untuk membeli kosmetik dengan tidak harus terpangaruh dengan harga murah.

Dokter Listya Paramita, Sp. KK spesialis kulit dan kelamin menjelaskan sejumlah tanda-tanda kerusakan kulit yang bisa terjadi akibat penggunaan krim dengan kandungan Merkuri.

“Tanda-tanda yang muncul tidaklah spesifik, namun terkadang tanda-tanda kerusakan itu kerap diabaikan dan dianggap sebagai “proses wajar” atau proses yang perlu dilalui konsumen menuju perubahan ke kulit putih,” ujar dr. Listya, Kamis (14/7/2022).

Reaksi ini yang akan mungkin terlihat antara lain kulit kasar, kering, kemerahan, terkelupas, dan terasa terbakar. Kadang panas dan gatal, serta lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Sangat penting bagi kalian memahami bagaimana mengetahui kosmetik yang aman tidak mengandung zat berbahaya seperti merkuri.

 

Mengenal Merkuri dan Berbagai Bahayanya Untuk Kesehatan

Dikutip dari Hello Sehat Merkuri atau mercury adalah salah satu jenis logam yang banyak ditemukan di alam dan tersebar dalam batu-batuan, biji tambang, tanah, air dan udara sebagai senyawa anorganik dan organik. Logam ini juga kerap disebut dengan air raksa (Hg).

Merkuri yang ada di dalam tanah, air, dan udara relatif rendah.

Sementara itu, berbagai aktivitas manusia dapat meningkatkan kadar logam menjadi tinggi, misalnya aktivitas penambangan yang menghasilkan merkuri sebanyak 10.000 ton per tahun.

Pekerja yang mengalami kontak dengan logam ini dapat menderita berbagai jenis penyakit berbahaya.

Merkuri pun populer sebagai kandungan produk pemutih kulit karena kemampuannya menghambat pembentukan melanin sehingga kulit tampak lebih cerah dalam waktu singkat.

Namun, logam ini justru berbahaya dan dilarang oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

 

Ciri-ciri kosmetik yang mengandung merkuri adalah sebagai berikut :

1. Cara paling mudah untuk mengetahui apakah produk kosmetik mengandung merkuri atau tidak adalah produk tidak memiliki nomor BPOM.

2. Tekstur krim produk pemutih cenderung lebih kasar.

3. Terasa bau logam. Kosmetik yang mengandung merkuri memiliki aroma seperti belerang.

4. Pada produk kosmetik pemutih, tekstur lebih lengket. Untuk mengelabui konsumen, produsen biasa mencampur merkuri dengan bedak dingin agar tekstur menjadi lebih lunak.

5. Ketika digunakan kosmetik tidak menyatu dengan baik ke kulit. Hal ini disebabkan kosmetik dengan kandungan merkuri tidak bisa bercampur dengan minyak alami kulit.

 

So, inilah ciri-ciri kosmetik yang mengandung Merkuri dan berdampak buruk bagi kesehatan. Maka dari itu kalian harus lebih teliti dan cerdas memilih kosmetik kecantikan.

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Berita Terkait
Dandim 0209/ Labuhanbatu Sabet 2 Penghargaan TMMD

Harsusilawati

19 Jul 2024

Post Views: 8 Pirnas.com | Labuhanbatu – Letnan Kolonel Inf Yudy Ardiyan Saputro, S.I.P Dandim 0209/Labuhanbatu berhasil meraih 2 prestasi sekaligus pada ajang penilaian TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120 tingkat TNI AD TA. 2024. Prestasi yang telah berhasil diraih Juara III sebagai pemenang Karya Jurnalistik Tingkat Dansatgas TMMD dan Juara II Dandim Pembina …

Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stanting (TPPS) Kabupaten Batang Hari Tahun 2024

Harsusilawati

18 Jul 2024

Post Views: 22 Pirnas.com | Batang hari – Wakil Bupati Batang Hari H.Bakhtiar membuka Rapat TPPS Kabupaten Batang Hari Tahun 2024 Bertempat di Aula Besar Kantor Bupati Batang Hari. Rabu (17/07/24) Wakil Bupati H. Bakhtiar sebagai Ketua TPPS menyampaikan Apresiasi kepada Bapak/ibu atas kerjasama secara masif dalam hal Percepatan Penurunan Stanting tentunya kami pimpinan Daerah …

Ketua TP-PKK Pakpak Bharat Bantu Bayi Lahir Dengan Kondisi Kongenital

Harsusilawati

17 Jul 2024

Post Views: 27 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Naluri seorang ibu benar-benar ditunjukkan oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Pakpak Bharat ,Ny Juniatry Franc Bernhard Tumanggor. Pasalnya, begitu mendengar informasi adanya bayi yang lahir dengan kondisi kongenital anomali, Ny. Juniatry Franc Bernhard Tumanggor, langsung membesuk bayi yang baru berumur satu hari tersebut dan memberikan bantuan, Kamis (12/08) …

Sekda Pakpak Bharat Pimpin Rapat Lanjutan Pesta Oang-Oang Tahun 2024

Harsusilawati

17 Jul 2024

Post Views: 27 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Sekretaris Daerah Pakpak Bharat, Jalan Berutu, S.Pd, MM memimpin Rapat Lanjutan Persiapan Pesta Oang-Oang Tahun 2024 di Aula Bale Sada Arih, Kantor Bupati Pakpak Bharat rabu tgl 17/07/2024 Jalan Berutu dalam rapat dimaksud berpesan, agar seluruh panitia memberikan perhatian penuh untuk mensukseskan acara nantinya, kita ketahui bersama …

Kapolda Resmikan Rumah Doa ‘Wicaksana Laghawa’ Polres Tomohon

Harsusilawati

16 Jul 2024

Post Views: 16 PIRNAS.COM | MANADO, Humas Polda Sulut – Kapolda Sulut Irjen Pol Yudhiawan meresmikan Rumah Doa ‘Wicaksana Laghawa’ Polres Tomohon, Selasa (16/7/2024). Peresmian diawali dengan ibadah syukur yang dipimpin oleh Ketua Sinode GMIM Pdt. Hein Arina, dihadiri oleh sejumlah PJU Polda, Forkopimda Kota Tomohon, personel Polres Tomohon dan Bhayangkari. Kapolres Tomohon AKBP Lerry …

Kapolres Labusel Gelar Minggu Kasih Di Gereja Katolik Dusun Pardomuan Desa Tanjung Medan

Harsusilawati

15 Jul 2024

Post Views: 33 Pirnas.com | Labuhanbatu Selatan – Dalam rangka mendekatkan diri kepada masyarakat dan menjalankan program Kapolda Sumatera Utara, Kapolres Labuhanbatu Selatan AKBP Maringan Simanjuntak, S.H., M.H., melaksanakan kegiatan Minggu Kasih di Gereja Katolik Dusun Pardomuan Desa Tanjung Medan Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Minggu (14/7/2024). Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Labuhanbatu …

Kategori Terpopuler