banner 728x250
Daerah  

MASARAKAT BUTUH IRIGASI, ORMAS JBMI DAN PUPR LABURA DI UNDANG DISKUSI OLEH BALAI WILAYAH SUNGAI (BWS)

SUMUT, PIRNAS | Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Sumatera II mengundang Ormas dan Pihak Pemerintah Daerah dan pihak pemerintah lainnya terkait Perencanaan pembangunan Irigasi D.I Sei Kualuh sesuai dengan surat Nomor: UM.01.02-BWS/1080 pada tanggal 16 Oktober 2019 yang bunyinya.

Sehubungan dengan kegiatan Pekerjaan Desain Pembangunan Jaringan Irigasi D. I. Sei Kualuh yang telah melaksanakan perencanaan pendahuluan dan survey di lapangan maka diperlukan Diskusi Intern untuk melihat mengevakuasi sejauh mana hasil desain yang telah direncanakan. Acara tersebut dilaksanakan hingga selesai pukul 17.00 wib ,di Ruang Rapat Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera II tepatnya di Kantor Eks UPT PSDA Belawan Ular Padang pada hari Kamis (24/10/2019).

Click following link

Keyword dan Negara dengan CPC Tertinggi 2022-2023

Acara dibuka Oleh Kepala Balai Wilayah Sungai sumatera II yakni Roy Panagom Pardede, ST,M. Tech pada pukul 14:00 Wib, ia mengatakan,’’ sangat berterimakasih kepada peserta yang hadir, Ide JBMI agar membangun Irigasi di Sei Kualuh dan Pesan Pak Menteri PUPR irigasi harus dibangun. Kami akan mempertanggung jawabkan setiap rupiah yang keluar dalam proses pembangunan ini. maka untuk itu perencanaan dan pelaksanaan pembangunan irigasi ini harus benar benar sesuai dengan ketentuan’’. Imbuhnya.

Adapun rangkaian acara yang dilaksanakan ialah 1). Pembahasan Lay out Defenitif D. I Sei Kualuh 2). Pembahasan Sistem Planning D.I Sei Kualuh 3). Desain Bangunan Utama, Saluran Pembawa dan Bangunan Pelengkap dan Gambaran Biaya, Spesifikasi Teknis Metode Pelaksananaan.

Peserta rapat yang diundang ialah, Masyarakat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), yang diwakili Oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kab. Labuhanbatu Utara, Kabid Pengairan rusli dan Kepla Seksi irigasi Ibnu Hasim P serta Kepala Seksi Pelaksanaan Balai Wilayah Sungai Sumatera II, Kepala Seksi Operasi & Pemeliharaan Balai wilayah Sungai Sumatera II, Kepala Satker SNVT Pelaksanan Jaringan Pemanfaatan Air Balai Wilayah Sungai Sumatera II, Kepala satker Operasi & Pemeliharaan Balai Wilayah Sungai Sumatera II, PPK Irigasi dan Rawa IV Pelaksanaan dan Program Balai Wilayah Sungai Sumatera II, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Jam’iyah Batak Muslim Indonesia Kab. Labuhanbatu Utara (DPD JBMI)Kabupaten Labuhanbatu Utara dan Pihak PT Cipta Konsultan- PT Gagas Alam Selaras.

Acara tampak berwarna dan bersemangat setelah Pihak PT. Teknika Cipta Konsultan selaku pelaksana SID Jaringan Irigasi Kualuh Hilir Kabupaten Labuhanbatu Utara memaparkan persentasi Rencana Pembangunan irigasi pada area persawahan di kualuh hilir.

Dalam sela acara, dari Pihak Masyarakat yang di wakili Oleh Dewan Pimpinan Jam’iyah Batak Muslim Indonesia (DPD JBMI) yang dihadiri langsung Oleh Ketua DPD JBMI Labura Maruli Tanjung, SH,. MH dan sekretaris DPD JBMI Labura Darwin Marpaung selaku Pemohon yang sangat mengharapkan irigasi tersebut dapat terlaksana Menyampaikan. Bahwa ‘’irigasi sangat dibutuhkan di kualuh hilir untuk meningkatkan ekonomi petani gabah. Selain itu masa ke emasan beras enak yang dikenal dengan Beras leidong akan terwujudkan kembali jika irigasi dapat terbangun.

“kami tidak banyak paham dengan tekhnis yang kami tahu bahwa daerah kualuh hilir adalah lumbungnya (potensinya lahan pertanian gabah), tentunya jika irigasi terbangun masyarakat bisa panen 2 kali dalam setahun. Akibat tidak adanya irigasi masyarakat di kualuh hilir banyak yang mengalih fungsikan lahannya dari tanaman padi ketanaman sawit untuk itu kami sangat berharap kepada pihak Kementerian Direktorat Jendral SDA BWS secepatnya mengclear kan hal ini, agar Nawa Cita Pak Jokowi pada Masa Kabinet Kerja yang lalu dapat terwujud masyarakat kualuh hilir pun sejahtera”. Tutur Maruli.

Setelah saling mengeluarkan berbagai pendapat masing- masing untuk menyatukan persepsi agar bangunan irigasi dapat terwujud Mayjen selaku PPK Perencanaan dan Program Balai Wilayah Sungai Sumatera II menutup Acara dengan memesan kan kepada para peserta rapat agar lebih menggali ide dan pemikiran agar perencanaan pembangunan dapat terlaksana sebagaimana yang diharapkan.

(R marpaung/Tim)