Home » Olahraga » Kenapa Pencak Silat Dilarang di MMA? Ini Penyebabnya

Kenapa Pencak Silat Dilarang di MMA? Ini Penyebabnya

Ades 27 Jun 2024

Pirnas.com – KENAPA pencak silat dilarang di MMA? Ternyata ada alasan yang membuat pencak silat seaka dilarang digunakan di ajang semacam MMA.

Olahraga beladiri perlahan telah menjadi olahraga yang semakin populer di dunia. Hal ini bermula sejak munculnya Mix Martial Art (MMA), sebuah ajang beladiri yang mempertemukan semua petarung dari berbagai cabang seni beladiri.
Belum lagi, kemunculan Ultimate Fighting Championship (UFC) menjadikan semakin banyak petarung hebat bermunculan. Program milik Dana White merupakan salah satu ajang MMA paling terkemuka di dunia. Tak ayal, banyak petarung yang ingin unjuk gigi pada arena oktagon.

Namun sayangnya, dari banyaknya pertandingan antar petarung di atas oktagon hanya segelintir petarung yang menggunakan seni beladiri khas Indonesia, pencak silat. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir tidak ada satupun petarung yang merupakan atlet silat.
Usut punya usut, ternyata pencak silat dilarang di MMA. Akan tetapi, beladiri asli Indonesia ini tidak dilarang secara khusus untuk dipergunakan di ajang beladiri campuran tersebut.

Alasan pencak silat dilarang di MMA adalah gaya beladiri dari silat sangat berbeda dengan beladiri lainnya. Di ajang kompetisi beladiri MMA seperti UFC, tujuan pertarungan adalah untuk menang dengan menggunakan teknik dan strategi olahraga.
Berbeda dengan hal itu, pencak silat memiliki tujuan utama untuk melindungi diri, melukai lawan, dan juga membunuh. Setiap serangan yang dipergunakan pada pencak silat selalu menyasar organ vital lawan seperti tenggorokan, selangkangan, mata, ginjal dan lain sebagainya.

Semua organ target serangan di pencak silat ini dilarang untuk dilakukan di MMA. Hal ini karena menyerang organ vital adalah hal yang berbahaya sebab dapat menyebabkan cacat permanen hingga kematian.
Sejak awal, pencak silat memang dibuat untuk bisa membuat penggunanya bertahan hidup. Sebab, pada zaman dahulu dimana marak penjajahan, pilihan setiap orang hanya membunuh atau dibunuh. Oleh sebab itu, silat dibuat untuk tujuan membunuh musuh.

Selain karena teknik dan gerakannya, pencak silat juga memiliki perbedaan dalam segi fokus dan pendekatan. Sebab, selain menekankan teknik dan fisik, silat juga menekankan pada aspek spiritual, budaya dan filosofi gerakan.
Hal ini menjadikan beberapa gerakan di pencak silat menggunakan senjata tajam sebagai pirantinya yang mana hal ini jelas terlarang untuk dipergunakan di sasana MMA.

Itulah alasan kenapa pencak silat dilarang di MMA.

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Berita Terkait
Bupati Pakpak Bharat Apresiasi Hasil Capaian Kontingen Perlombaan DiAjang PopProvsu

Harsusilawati

12 Jul 2024

Post Views: 18 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor mengapresiasi capaian Kontingen Pakpak Bharat pada ajang Pekan Olah Raga Pelajar Provinsi Sumatera Utara (Popprovsu) Tahun 2024 beberapa waktu lalu. Hal ini dia sampaikan langsung saat menerima audensi Kontingen Pakpak Bharat di Aula Rumah Candu, Kompleks Rumah Dinas Bupati Pakpak Bharat …

Pakpak Bharat Raih Dua Medali Emas, Satu Medali Perak Dan Empat Perunggu Dalam Ajang POR Provsu

Harsusilawati

08 Jul 2024

Post Views: 12   Pirnas.com | Pakpak Bharat – Pekan Olah Raga Pelajar Provinsi Sumatera Utara (Popprovsu) Tahun 2024 telah usai terlaksana. Dalam ajang yang diikuti ratusan atlit pelajar se Sumatera Utara ini, Kontingen Pakpak Bharat berhasil mengumpulkan total 2 medali emas, 1 medali perak dan 4 medali perunggu. Raihan medali ini diperoleh diantaranya melalui …

Sambut HUT Bhayangkara Ke-78 , Polres Labusel Giat Olahraga Bersama Forkopimda Plus Pererat Sinergitas

Harsusilawati

29 Jun 2024

Post Views: 48   Pirnas.com | Labuhanbatu Selatan – Menjelang HUT Bhayangkara yang Ke-78 Tahun 2024, Polres Labuhanbatu Selatan melaksanakan kegiatan Olahraga Bersama Forkopimda Plus dan Stakeholder lainnya dengan Thema “POLRI Presisi Mendukung Percepatan Transpormasi Ekonomi Yang Inklusif Dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas” dihalaman Apel Kantor Bupati Labuhanbatu Selatan jalan lintas Sumatera Kotapinang-Gunung Tua Desa …

Gregoria Fokus Penuh ke Olimpiade 2024, Sudah Kurangi Main Handphone

Ades

27 Jun 2024

Post Views: 40 Pirnas.com | Jakarta – Fokus pebulutangkis putri Gregoria Mariska Tunjung kini tertuju ke Olimpiade 2024. Sebagai salah satu konsekuensi, ia sudah mengurangi durasi main handphone. PP PBSI dan tim Ad Hoc Olimpiade memang tengah menggencarkan pembatasan penggunaan handphone dan sosial media mengingat pesta olahraga terbesar sejagat itu akan dimulai satu bulan lagi. …

Rekomendasi Menu Sehat ala Para Pemain Top Euro 2024 yang Bisa Kamu Konsumsi

Ades

15 Jun 2024

Post Views: 67 Pirnas.com – Piala Euro 2024 sudah Kick off dengan kemenangan Jerman 5 – 1 atas Skotlandia. Para pencinta bola bakal disuguhi aksi-aksi terbaik lapangan hijau dari para pesepakbola top Eropa selama sebulan ini. Para pesepakbola Eropa seperti Cristiano Ronaldo dari Portugal, Kylian Mbappe dari Prancis, atau pun Federico Chiesa dari Italia punya …

Coach Shin Tae-yong hingga Asnawi Kritik Kondisi Rumput Stadion GBK

Ades

12 Jun 2024

Post Views: 49 Pirnas.com – Coach tim nasional (Timnas) Indonesia Shin Tae-yong (STY) menyampaikan kritiknya terkait kondisi rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUBK) yang berlokasi di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Meskipun Indonesia berhasil mengungguli laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 atas Filipina dengan perolehan skor 2-0, STY mengatakan ada sejumlah masalah yang harus …

Kategori Terpopuler