Home » Ragam » Kesehatan » Rekomendasi Menu Sehat ala Para Pemain Top Euro 2024 yang Bisa Kamu Konsumsi

Rekomendasi Menu Sehat ala Para Pemain Top Euro 2024 yang Bisa Kamu Konsumsi

Ades 15 Jun 2024

Pirnas.com – Piala Euro 2024 sudah Kick off dengan kemenangan Jerman 5 – 1 atas Skotlandia. Para pencinta bola bakal disuguhi aksi-aksi terbaik lapangan hijau dari para pesepakbola top Eropa selama sebulan ini.

Para pesepakbola Eropa seperti Cristiano Ronaldo dari Portugal, Kylian Mbappe dari Prancis, atau pun Federico Chiesa dari Italia punya fisik yang prima. Salah satu formulanya adalah dengan menu sehat asupan mereka untuk menjaga kebugaran.

Mengonsumsi makanan bernutrisi sudah menjadi kewajiban mereka. Sobat Pirnas.com, kamu juga bisa mengikutinya, loh!

Tuntutan untuk memiliki tubuh yang sehat dan kuat menjadi hal mutlak yang harus dipenuhi oleh seorang pesepakbola. Kondisi ini bisa diperoleh melalui berolahraga secara rutin, beristirahat yang cukup, serta yang paling penting adalah dengan konsumsi makanan sehat.

Pola makan seorang atlet harus sama dengan yang dianjurkan untuk masyarakat umum. Namun, asupan energi akan dipecah sesuai dengan kebutuhan seorang atlet. Dilansir dalam Better Health, biasanya akan terdiri atas 45-65 persen karbohidrat, 15-25 persen protein, dan 20-35 persen lemak.

Nah, kamu bisa mengikuti pola makan yang sehat ala atlet untuk mendapatkan kesehatan jasmani yang sama. Adapun caranya, antara lain:

1. Pentingnya karbohidrat untuk sumber energi terbesar

Seorang atlet membutuhkan karbohidrat untuk menjadi sumber energi utama mereka. Ketika kebutuhan karbohidrat tubuh tercukupi, zat ini akan disimpan di otot untuk diubah menjadi glikogen.

Makanan yang kaya akan karbohidrat mentah, seperti roti gandum dan sereal, harus menjadi dasar pola makan seorang atlet. Para atlet disarankan untuk menyesuaikan jumlah karbohidrat yang mereka konsumsi sebagai bahan bakar dan pemulihan agar sesuai dengan tingkat latihan.

 

2. Protein untuk aktivitas otot

Protein berguna untuk membantu memperbaiki serta membangun kembali otot-otot setelah berlatih atau berolahraga. Tidak hanya itu, otot juga akan membantu fungsi tubuh saat karbohidrat menurun.

Adapun contoh makanan yang mengandung protein yakni telur, ikan, daging ayam, daging sapi, susu, kacang-kacangan, serta biji-bijian. Makanan seperti ini dapat kamu temukan dengan mudah, loh!

 

3. Lemak untuk energi jangka panjang

Lemak memang dapat menjadi energi jangka panjang. Namun, di sini kamu perlu berhati-hati dalam memilih. Sebab, tak selalu lemak itu rendah, ada juga yang tinggi dan tidak disarankan dikonsumsi.

Makanan dengan kandungan lemak yang baik bisa diperoleh dari susu rendah lemak, biji-bijian, kacang-kacangan, serta daging tanpa lemak. Dengan ini, proses pencernaan tidak akan terganggu.

 

4. Terhidrasi dengan air mineral

Dehidrasi dapat mengganggu performa atletik dan, dalam kasus ekstrim, dapat menyebabkan pingsan dan bahkan kematian. Minum banyak cairan non-alkohol sebelum, selama, dan setelah berolahraga sangatlah penting.

Asupan cairan sangat penting untuk atlet ketika dalam acara yang berlangsung lebih dari 60 menit, dengan intensitas tinggi atau dalam kondisi hangat. Konsumsi cairan per hari sebanyak 8 gelas per hari atau disesuaikan dengan kebutuhan tubuh untuk dapat terhidrasi.

 

5. Sayur dan buah sebagai asupan serat dan vitamin

Asupan vitamin bisa diperoleh dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Hal ini seperti wortel, selada, kentang, jagung, tomat, belimbing, mangga, melon, pepaya, dan masih banyak lagi.

Serat juga harus diikutsertakan demi kelancaran pencernaan. Sayur-sayuran hijau dapat membantu menyempurnakan asupan makananmu. Jika bosan, kamu bisa kombinasikan sayur dan buah dalam segelas jus tanpa gula tambahan.

Itulah cara sehat ala atlet dalam mengonsumsi makanan. Tentunya ini harus disertai olahraga rutin dan juga tidur yang cukup. Sobat Medcom, apakah kamu ingin coba pola makan seperti atlet? (*)

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Berita Terkait
Yang Lagi Viral! Perlombaan Hias Dusun di Desa Sidodadi Perkebunan Teluk Panji, Labusel

Ades

19 Agu 2024

Post Views: 65 Pirnas.com | Sidodadi Perk. Teluk Panji, Labusel – Perlombaan Hias Dusun yang digelar di Desa Sidodadi Perkebunan Teluk Panji berakhir dengan kemenangan gemilang bagi Dusun 3. Ajang ini berlangsung meriah dengan partisipasi aktif dari seluruh warga desa yang menampilkan kreativitas mereka dalam menghias dusun masing-masing. Kegiatan ini tidak hanya menghasilkan karya seni …

Pakpak Bharat Berhasil Rebut 4 Medali Emas Dan 11 Medali Perak Diajang Event PON XXI 2024

Harsusilawati

08 Agu 2024

Post Views: 31 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Kontingen Taekwondo Kabupaten Pakpak Bharat berhasil mengamankan 4 Medali Emas dan 11 Medali Perak pada ajang Test Event PON XXI 2024 dan Kejurnas Taekwondo Open Menpora Cup di Gedung serba Guna Universitas Negeri Medan, Medan 01-04/08/2024.minggu lalu Puji Tuhan, anak-anak mampu manunjukkan hasil yang gemilang, berhadapan dengan …

Tim Taekwondo Garbha Presisi Polri Raih Prestasi di Ajang Internasional

Harsusilawati

06 Agu 2024

Post Views: 49 Pirnas.com | Jakarta – Tim Taekwondo Garbha Presisi Polri meraih juara dalam ajang Kejuaraan Taekwondo Malaysia International Championship 2024. Ajang tersebut diselenggarakan pada 2-5 Agustus 2024 di Sports Center, University Tenaga Nasional, Kuala Lumpur, Malaysia. Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Sandi Nugroho menyatakan, dalam ajang ini turut serta tim dari Australia, China, …

Gandeng Puskesmas Labuhan Ruku, Lapas Labuhan Ruku Laksanakan Seminar dan Pemeriksaan Kesehatan

Harsusilawati

04 Agu 2024

Post Views: 43 Pirnas.com | Batu Bara – Dalam rangka memperingati hari lahirnya Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) atau Hari Pengayoman ke-79, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Labuhan Ruku, menggelar kegiatan Seminar dan Pemeriksaan Kesehatan bagi Pegawai hasil kerja sama Lapas kelas IIA Labuhan Ruku dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Labuhan …

Kendati Daerah Terisolir, Personil BPBD Pakpak Bharat Berikan Kenyamanan Pengguna Jalan

Harsusilawati

01 Agu 2024

Post Views: 50 PIRNAS.COM | Pakpak Bharat – Sejumlah personil BPBD Pakpak Bharat melakukan pembersihan sepanjang jalan Lagan-Pagindar rabu 31/07/3034. Pembersihan dipimpin langsung oleh Kepala Bidang PDL, Jonta sihaloho guna memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan penghubung utama dari dan menuju Kecamatan Pagindar, Kabupaten Pakpak Bharat. Jonta mengatakan, pembersihan jalan dimaksud sesuai arahan Kepala BPBD Pakpak …

Berlangsung Meriah, Yeni Wahid dan Sejumlah Pejabat Hadiri Acara Moroccan Day di Jakarta

Harsusilawati

01 Agu 2024

Post Views: 50 PIRNAS.COM | Jakarta – Puteri mendiang Presiden Gusdur, Yeni Wahid, memenuhi undangan Kedutaan Besar Maroko untuk Indonesia, menghadiri acara perayaan Moroccan Day, Selasa, 30 Juli 2024. Acara yang merupakan peringatan 25 tahun Penobatan Raja Maroko, King Mohammed VI, tersebut berlangsung di Kediaman Resmi Duta Besar Maroko, di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI …

Kategori Terpopuler