Home » Ragam » Kesehatan » Rekomendasi Menu Sehat ala Para Pemain Top Euro 2024 yang Bisa Kamu Konsumsi

Rekomendasi Menu Sehat ala Para Pemain Top Euro 2024 yang Bisa Kamu Konsumsi

Ades 15 Jun 2024

Pirnas.com – Piala Euro 2024 sudah Kick off dengan kemenangan Jerman 5 – 1 atas Skotlandia. Para pencinta bola bakal disuguhi aksi-aksi terbaik lapangan hijau dari para pesepakbola top Eropa selama sebulan ini.

Para pesepakbola Eropa seperti Cristiano Ronaldo dari Portugal, Kylian Mbappe dari Prancis, atau pun Federico Chiesa dari Italia punya fisik yang prima. Salah satu formulanya adalah dengan menu sehat asupan mereka untuk menjaga kebugaran.

Mengonsumsi makanan bernutrisi sudah menjadi kewajiban mereka. Sobat Pirnas.com, kamu juga bisa mengikutinya, loh!

Tuntutan untuk memiliki tubuh yang sehat dan kuat menjadi hal mutlak yang harus dipenuhi oleh seorang pesepakbola. Kondisi ini bisa diperoleh melalui berolahraga secara rutin, beristirahat yang cukup, serta yang paling penting adalah dengan konsumsi makanan sehat.

Pola makan seorang atlet harus sama dengan yang dianjurkan untuk masyarakat umum. Namun, asupan energi akan dipecah sesuai dengan kebutuhan seorang atlet. Dilansir dalam Better Health, biasanya akan terdiri atas 45-65 persen karbohidrat, 15-25 persen protein, dan 20-35 persen lemak.

Nah, kamu bisa mengikuti pola makan yang sehat ala atlet untuk mendapatkan kesehatan jasmani yang sama. Adapun caranya, antara lain:

1. Pentingnya karbohidrat untuk sumber energi terbesar

Seorang atlet membutuhkan karbohidrat untuk menjadi sumber energi utama mereka. Ketika kebutuhan karbohidrat tubuh tercukupi, zat ini akan disimpan di otot untuk diubah menjadi glikogen.

Makanan yang kaya akan karbohidrat mentah, seperti roti gandum dan sereal, harus menjadi dasar pola makan seorang atlet. Para atlet disarankan untuk menyesuaikan jumlah karbohidrat yang mereka konsumsi sebagai bahan bakar dan pemulihan agar sesuai dengan tingkat latihan.

 

2. Protein untuk aktivitas otot

Protein berguna untuk membantu memperbaiki serta membangun kembali otot-otot setelah berlatih atau berolahraga. Tidak hanya itu, otot juga akan membantu fungsi tubuh saat karbohidrat menurun.

Adapun contoh makanan yang mengandung protein yakni telur, ikan, daging ayam, daging sapi, susu, kacang-kacangan, serta biji-bijian. Makanan seperti ini dapat kamu temukan dengan mudah, loh!

 

3. Lemak untuk energi jangka panjang

Lemak memang dapat menjadi energi jangka panjang. Namun, di sini kamu perlu berhati-hati dalam memilih. Sebab, tak selalu lemak itu rendah, ada juga yang tinggi dan tidak disarankan dikonsumsi.

Makanan dengan kandungan lemak yang baik bisa diperoleh dari susu rendah lemak, biji-bijian, kacang-kacangan, serta daging tanpa lemak. Dengan ini, proses pencernaan tidak akan terganggu.

 

4. Terhidrasi dengan air mineral

Dehidrasi dapat mengganggu performa atletik dan, dalam kasus ekstrim, dapat menyebabkan pingsan dan bahkan kematian. Minum banyak cairan non-alkohol sebelum, selama, dan setelah berolahraga sangatlah penting.

Asupan cairan sangat penting untuk atlet ketika dalam acara yang berlangsung lebih dari 60 menit, dengan intensitas tinggi atau dalam kondisi hangat. Konsumsi cairan per hari sebanyak 8 gelas per hari atau disesuaikan dengan kebutuhan tubuh untuk dapat terhidrasi.

 

5. Sayur dan buah sebagai asupan serat dan vitamin

Asupan vitamin bisa diperoleh dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Hal ini seperti wortel, selada, kentang, jagung, tomat, belimbing, mangga, melon, pepaya, dan masih banyak lagi.

Serat juga harus diikutsertakan demi kelancaran pencernaan. Sayur-sayuran hijau dapat membantu menyempurnakan asupan makananmu. Jika bosan, kamu bisa kombinasikan sayur dan buah dalam segelas jus tanpa gula tambahan.

Itulah cara sehat ala atlet dalam mengonsumsi makanan. Tentunya ini harus disertai olahraga rutin dan juga tidur yang cukup. Sobat Medcom, apakah kamu ingin coba pola makan seperti atlet? (*)

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Berita Terkait
Performance Seni Budaya Pakpak Mampu Curi Perhatian Seluruh Undangan Rakernas APKASI

Harsusilawati

13 Jul 2024

Post Views: 13 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Performance Seni Budaya Pakpak Bharat dari Sanggar Tari Mitha Prana Chasea Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) ke-XVI, APKASI Otonomi Expo (AEO), dan APKASI Procurement Network tahun 2024 mampu mencuri perhatian segenap perhatian para undangan yang hadir di Jakarta Convention Center ini. Tampil …

Bupati Pakpak Bharat Apresiasi Hasil Capaian Kontingen Perlombaan DiAjang PopProvsu

Harsusilawati

12 Jul 2024

Post Views: 18 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor mengapresiasi capaian Kontingen Pakpak Bharat pada ajang Pekan Olah Raga Pelajar Provinsi Sumatera Utara (Popprovsu) Tahun 2024 beberapa waktu lalu. Hal ini dia sampaikan langsung saat menerima audensi Kontingen Pakpak Bharat di Aula Rumah Candu, Kompleks Rumah Dinas Bupati Pakpak Bharat …

Pakpak Bharat Raih Dua Medali Emas, Satu Medali Perak Dan Empat Perunggu Dalam Ajang POR Provsu

Harsusilawati

08 Jul 2024

Post Views: 13   Pirnas.com | Pakpak Bharat – Pekan Olah Raga Pelajar Provinsi Sumatera Utara (Popprovsu) Tahun 2024 telah usai terlaksana. Dalam ajang yang diikuti ratusan atlit pelajar se Sumatera Utara ini, Kontingen Pakpak Bharat berhasil mengumpulkan total 2 medali emas, 1 medali perak dan 4 medali perunggu. Raihan medali ini diperoleh diantaranya melalui …

Bupati Pakpak Bharat Hadiri Acara Adat “Mendomi Sapo Jojong Sipitu Marga Solin

Harsusilawati

03 Jul 2024

Post Views: 23   Pirnas.com | Pakpak Bharat – Bupati Pakpak Bharat Frans Bernhard Tumanggor, menghadiri acara adat “Mndomi Sopo Jojong Sipitu Marga Solin” yang diselenggarakan oleh Sulang Silima Marga Solin di Lebbuh Lae Meang, Desa Mahala, Kecamatan Tinada rabu tgl 03/06/2024 Wakil Bupati Pakpak Bharat, H Mutsyuhito Solin, Dr, M.Pd selaku Ketua Umum Sulang …

Pembukaan Hari kedua Sinode Snunu Kerja ke-XI GKPPD Pakpak Dairi Melalui Prosesi

Harsusilawati

02 Jul 2024

Post Views: 24 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Pembukaan Hari kedua Jumat tgl28/06/2024, Sinode Sinunu kerja ke-XI Gereja Kristen Protestan Pakpak Dairi (GKPPD) terlebih dahulu dilakukan prosesi. Sebelum memasuki kedalam gereja untuk membuka Sinode Sinunu kerja ke-XI GKPPD,terlebih dahulu dilakukan prosesi oleh para peserta sinode dan sekalian membawa fandel setiap masing-masing seresort seluruh GKPPD yang …

Sambut HUT Bhayangkara Ke-78 , Polres Labusel Giat Olahraga Bersama Forkopimda Plus Pererat Sinergitas

Harsusilawati

29 Jun 2024

Post Views: 48   Pirnas.com | Labuhanbatu Selatan – Menjelang HUT Bhayangkara yang Ke-78 Tahun 2024, Polres Labuhanbatu Selatan melaksanakan kegiatan Olahraga Bersama Forkopimda Plus dan Stakeholder lainnya dengan Thema “POLRI Presisi Mendukung Percepatan Transpormasi Ekonomi Yang Inklusif Dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas” dihalaman Apel Kantor Bupati Labuhanbatu Selatan jalan lintas Sumatera Kotapinang-Gunung Tua Desa …

Kategori Terpopuler