banner 728x250

PATROLI MALINDO DIBUKA SECARA RESMI DI LANTAMAL I

Medan Utara, Pirnas.com & Pirnas.org | Patroli Koordinasi Malaysia-Indonesia (Patkor Malindo) ke 146/19 yang dilaksanakan TNI AL bersama Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM), secara resmi dibuka di Gedung Yos Sudarso Mako Lantamal I Belawan, Rabu (04-12-2019). Pembukaan kegiatan ini dipimpin oleh Asops Danguskamla Armada I Kolonel Laut Harry Setiawan.

“Diharapkan melalui kerja sama ini dapat menciptakan keamanan di Selat Malaka,” kata Asops yang membacakan amanat Danguskamla Armada I.

Click following link

Keyword dan Negara dengan CPC Tertinggi 2022-2023

Apalagi posisi Selat Malaka menjadi salah satu dari 9 choke point dunia, yang merupakan jalur pelayaran dan perdagangan internasional yang memiliki lalu lintas terpadat.

Seiring dengan perkembangan lingkungan strategis dan kompleksitas permasalahan dilaut, maka diperlukan peningkatan kerja sama dan koordinasi manajemen penanganan bersama, ucap Perwira berpangkat melati tiga tersebut.

Pada kesempatan itu, Ketua Gugus Tugas (KGT) TLDM Commander Mochamad Khairun bin Zakaria, mengatakan Patkor Malindo yang sudah sejak lama berjalan ini, melibatkan banyak kapal perang antara kedua negara. Dia mengatakan dengan gelaran ini, mampu menangani segala ancaman di wilayah Selat Malaka.

Selain itu, Patkor Malindo akan meningkatkan hubungan baik antara kedua negara serta mengakrabkan seluruh personel kapal perang yang terlibat langsung.

Pjs Kadispen Lantamal I, Letda Laut Mega Patinurjaya, mengatakan Patkor Malindo akan dilaksanakan selama 12 hari dan akan ditutup pada (17-12-2019) mendatang di Malaysia.

Pada pelaksanaan Patkor Malindo 146/19 ini, TLDM mengirimkan 2 kapal perang yakni KD Laksamana Hang Nadim 134 dan KD Laksamana Tan Pusmah 137. Sedangkan dari TNI AL melibatkan 2 kapal perang KRI Siwar 646 dan KRI Lepu 861.

Saat kedatangan dua kapal perang negara jiran itu di dermaga Lantamal I Belawan, disambut dengan upacara militer. Selanjutnya para personel TLDM melaksanakan Courtesy Call yang disambut Wadan Lantamal I, Kolonel Laut Samista.

Reporter : Zainal Abidin