Home » Nasional » PATROLI MALINDO DIBUKA SECARA RESMI DI LANTAMAL I

PATROLI MALINDO DIBUKA SECARA RESMI DI LANTAMAL I

Pirnas.com 06 Des 2019

Medan Utara, Pirnas.com & Pirnas.org | Patroli Koordinasi Malaysia-Indonesia (Patkor Malindo) ke 146/19 yang dilaksanakan TNI AL bersama Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM), secara resmi dibuka di Gedung Yos Sudarso Mako Lantamal I Belawan, Rabu (04-12-2019). Pembukaan kegiatan ini dipimpin oleh Asops Danguskamla Armada I Kolonel Laut Harry Setiawan.

“Diharapkan melalui kerja sama ini dapat menciptakan keamanan di Selat Malaka,” kata Asops yang membacakan amanat Danguskamla Armada I.

Apalagi posisi Selat Malaka menjadi salah satu dari 9 choke point dunia, yang merupakan jalur pelayaran dan perdagangan internasional yang memiliki lalu lintas terpadat.

Seiring dengan perkembangan lingkungan strategis dan kompleksitas permasalahan dilaut, maka diperlukan peningkatan kerja sama dan koordinasi manajemen penanganan bersama, ucap Perwira berpangkat melati tiga tersebut.

Pada kesempatan itu, Ketua Gugus Tugas (KGT) TLDM Commander Mochamad Khairun bin Zakaria, mengatakan Patkor Malindo yang sudah sejak lama berjalan ini, melibatkan banyak kapal perang antara kedua negara. Dia mengatakan dengan gelaran ini, mampu menangani segala ancaman di wilayah Selat Malaka.

Selain itu, Patkor Malindo akan meningkatkan hubungan baik antara kedua negara serta mengakrabkan seluruh personel kapal perang yang terlibat langsung.

Pjs Kadispen Lantamal I, Letda Laut Mega Patinurjaya, mengatakan Patkor Malindo akan dilaksanakan selama 12 hari dan akan ditutup pada (17-12-2019) mendatang di Malaysia.

Pada pelaksanaan Patkor Malindo 146/19 ini, TLDM mengirimkan 2 kapal perang yakni KD Laksamana Hang Nadim 134 dan KD Laksamana Tan Pusmah 137. Sedangkan dari TNI AL melibatkan 2 kapal perang KRI Siwar 646 dan KRI Lepu 861.

Saat kedatangan dua kapal perang negara jiran itu di dermaga Lantamal I Belawan, disambut dengan upacara militer. Selanjutnya para personel TLDM melaksanakan Courtesy Call yang disambut Wadan Lantamal I, Kolonel Laut Samista.

Reporter : Zainal Abidin

 

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Berita Terkait
LP Terkesan Diabaikan, Ketum PPWI Geruduk Ditreskrimum Polda Jabar

Harsusilawati

20 Jul 2024

Post Views: 5 Pirnas.com | Jakarta – Laporan Polisi (LP) terkait dugaan penyerobotan tanah dan pemalsuan dokumen yang dilaporkan anggota PPWI, Dasep Setiawan, pada tahun 2021 hingga kini masih jalan di tempat. Aparat kepolisian Polda Jawa Barat yang menerima LP tersebut terkesan mengabaikan laporan warga dari Desa Sukaresmi, Kecamatan Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung, itu. Selama …

Tak Ingin Halangi Hak Politik, Mendagri Minta Pj. Kepala Daerah yang Ingin Maju Pilkada Sampaikan Pengunduran Diri

Ades

15 Jul 2024

Post Views: 30 Pirnas.com | Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta penjabat (Pj.) kepala daerah yang ingin maju pada Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) 2024 segera mengundurkan diri sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Dirinya mengaku tak ingin menghalangi hak politik setiap warga negara untuk dipilih. Namun sebagai seorang ASN, Pj. kepala daerah …

Performance Seni Budaya Pakpak Mampu Curi Perhatian Seluruh Undangan Rakernas APKASI

Harsusilawati

13 Jul 2024

Post Views: 32 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Performance Seni Budaya Pakpak Bharat dari Sanggar Tari Mitha Prana Chasea Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) ke-XVI, APKASI Otonomi Expo (AEO), dan APKASI Procurement Network tahun 2024 mampu mencuri perhatian segenap perhatian para undangan yang hadir di Jakarta Convention Center ini. Tampil …

Tujuh Orang Pelajar Terbaik Dikabupaten Pakpak Bharat Tembus Sekolah Unggulan

Harsusilawati

12 Jul 2024

Post Views: 37   Pirnas.com | Pakpak Bharat – Tujuh Pelajar terbaik diKabupaten Pakpak Bharat berhasil menembusi beberapa Sekolah Menengah Atas Unggulan di Sumatera Utara. Hal itu disampaiakan langsung oleh Plt. Kepala Dinas Pemdidikan Pakpak Bharat, Augusman Harapan Padang, ST, M.Si, diruang kerjanya Kamis tgl 11/07/2024 Kitta patut bersyukur kepada TYME dan apresiasi yang sr …

Bawaslu Pakpak Bharat Lakukan Supervisi Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih

Harsusilawati

12 Jul 2024

Post Views: 32   Pirnas.com | Pakpak Bharat – Ketua Bawaslu Kabupaten Pakpak Bharat Feisal Alfredi Berutu melakukan Supervisi Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih Pemilihan Tahun 2024. Supervisi di maksud berlangsung di Desa Kecupak II Kecamatan Pergetteng-getteng Sengku selasa 09/07/2024 kemaren. Dalam kesempatan itu, Feisal Alfredi Berutu di dampingi Tim Pengawas dari Bawaslu Pakpak Bharat dan …

Sekda Bersama Ketua DPRD Pakak Bharat Sambut Baik Petugas Coklit

Harsusilawati

12 Jul 2024

Post Views: 33   Pirnas.com | Pakpak Bharat – Anggota KPU Kabupaten Pakpak Bharat Tridah Lulun Dapet Berutu melakukan monitoring kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk pil gub dan pilbup November 2024 Lulun Berutu melaksanakan memonitoring kegiatan coklit tepatnya di kediaman Sekretaris Daerah Kabupaten Pakpak Bharat Jalan Berutu, S.Pd, MM dan di kediaman …

Kategori Terpopuler