Daerah  

Warga Desa Muara Kati Baru 1 Dikenal Kembali Adat Istiadat Margo Tiang Pumpung Kepungut

Musi Rawas, pirnas.org & pirnas.com | Warga Desa Muara Kati Baru 1 Dikenal Kembali Adat Istiadat Margo Tiang Pumpung Kepungut (TPK), salah satunya Narak Penganten (Ngarak pengantin).

Ketua Adat Desa Muara Kati Baru 1 mengatakan pada hari pesta perkawinan, baik pengantin laki-laki maupun perempuan, pagi hari mengenakan pakaian kebesaran adat pengantin dan dihias. Dari rumah pengantin laki-laki diarak ke rumah pengantin wanita oleh keluarganya, kaum kerabat dan teman-teman nya, dengan didahului oleh barisan dengan berjalan kaki. Sepanjang perjalanan arakan ini berjalan dengan tertib dan teratur sampai tiba di rumah pengantin perempuan yang sudah penuh dengan para undangan yang menunggu.

Baca Berita Lainnya :

Keyword dan Negara dengan CPC Tertinggi 2022-2023 Cara Buat Website Dengan Mudah Untuk Pemula

“Harapan kami kedepannya adat istiadat seperti ini di lestarikan lagi khususnya di Desa Muara Kati Baru. Sekarang sudah terbentuk perkumpulan di Desa Muara Kati baru 1 yang di namakan GROUP SYARAFOLANAM yang di bina oleh Bapak Irjen Pol Drs H. Iskandar Hasan dan rekan-rekan”, ungkap Ketua Adat Muara Kati baru 1.

Selain itu untuk mengangkat kembali adat istiadat Desa Muara kati Baru 1, GROUP SYARAFOLANAM akan melestarikan kembali adat tersebut dan akan menampilkan serta mengenalkan kembali dengan tampil di tingkat Provinsi Sumatera Selatan yang mewakili Kabupaten Musi Rawas.

Pelatih group ini adalah H. Zulkopli dan ia menjelaskan akan melestarikan dan menghidupkan kembali adat istiadat ini. “Group ini InsaAllah akan mewakili Kab. Musi Rawas untuk tampil di tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

(Antri Lapasa)