Home » Daerah » Terkait PT.Evans Group, DPP-LSM TAWON Melayangkan Surat Ke Menteri Pertanian

Terkait PT.Evans Group, DPP-LSM TAWON Melayangkan Surat Ke Menteri Pertanian

Pirnas.com 15 Jun 2023

 

PIRNAS.COM | Labuhanbatu – Tentang Pedoman perizinan usaha perkebunan dan fasilitas pembangunan kebun masyarakat (FPKM) sekitar seluas 20% (Dua Puluh Persen) dari luas lahan usaha Hak Guna Perkebunan (HGU).

Belum lama ini, LSM TAWON Melayangkan surat ke Menteri Pertanian CQ Dirjen Perkebunan di jakarta.

Ramses sihombing ditemui awak media disalah satu tempat di jalan Ahmad Yani kota Rantauprapat mengatakan sudah menyurati kementrian, ” Benar pakai kops surat LSM TAWON nomor: 43/DPP/LSM – TAWON/VI/2023, kepada Dirjen Perkebunan via pos cabang rantauprapat kabupaten labuhanbatu-sumut.

Tambahnya, tentang hal menyurati perkebunan bukan sampai disini saja, nanti sampai ke menteri ATR/BPN Republik Indonesia, dan institusi, lembaga Negara terkait tentang pertanahan, perkebunan dan pajak. Diduga HGU perkebunan PT Evans group sebagian akan diperpanjang dalam waktu dekat ini.

LSM adalah sebagai sosial kontrol di pemerintah, BUMN, BUMD, swasta dasarnya undang undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

Lanjut nanti kita dan masyarakat akan pinta kepada lembaga instansi terkait mengukur ulang luas areal perkebunan HGU PT. Evans group yang ada di labuhanbatu raya sumatera utara.
Diduga luas areal HGU tidak sesuai dengan objek yang dikuasai/usahai sekarang, ucap Ramses Sihombing Rabu (14/6/23).

Sebelumnya diberitakan, tim investigasi LSM TAWON turun kelokasi areal plasma perkebunan yang dibangun oleh PT Evans group yaitu: bermitra dengan data calon peserta petani plasma badan hukum koperasi PANGKATAN MAKMUR LESTARI, pada tahap satu seluas 161,02 hektar untuk peserta 91 orang, ditahap dua luas 247,94 hektar dan pesertanya 138 orang, lokasi plasma tersebut terletak di Desa kampung dalam kecamatan bilah hulu kabupaten labuhanbatu.

Adalagi kata Ramses s, “penetapan petani plasma peserta pembangunan perkebunan kelapa sawit dan pembelian tandan buah segar kelapa sawit pola kemitraan antara PT. Bilah platindo dengan koperasi Anugrah keluarga mandiri. Di Desa kampung dalam ada petani plasma peserta pembangunan perkebunan kelapa sawit 73 orang/peserta dengan luas 170,750 hektar ditambah di Desa kampung Padang kecamatan pangkatan seluas 38,70 hektar untuk peserta 25 orang, terakhir di Desa Bangun Sari kecamatan bilah hilir seluas 8,370 hektar dari jumlah seluruh nya adalah 217,190 hektar.

Diduga plasma dan peserta petani plasma dan surat tanah SHM dan SKT kemitraan plasma HGU perkebunan tidak sesuai, ucap Ramses s.

Terpisah manajemen perusahaan Evans group inisial (Y) saat dikonfirmasi,”Jika tidak tepat sasaran coba tanya ke dinas pertanian aja
Apakah melanggar regulasi atau tidak, balasnya lewat whatsApp wartawan kamis (25/5/23).

Dinas pertanian Kabupaten labuhanbatu bagian analis pasar hasil pertanian inisial (YN) Jumat (26/5/23) dikantornya mengatakan, “acuan pertama adalah undang undang nomor 39 tahun 2014 tentang perkebunan, dan salah satu turunan nya Permentan, HGU harus membangun plasma kemitraan dengan masyarakat, sebutnya.

Sedangkan informasi masyarakat mengatakan, “disini ada dibangun plasma PT. Pangkatan pak, tetapi kami masyarakat disini tidak dapat, entah orang mana peserta plasma nya.
Sepengetahuan kami kebun itu katanya milik keluarga haji inisial S warga dusun siluang desa gunung selamat kecamatan bilah hulu.

Dilokasi plasma, seorang pekerja saat di konfirmasi menyebutkan, “ini kebun haji s pak, luas, kalau yang merawat dan memupuknya PT  Pangkatan, ucapnya.

Akunya manager umum PT. Evans group inisial (IR) membalas konfirmasi wartawan, “PT Pangkatan sudah melaksanakan amanat permentan nomor 26 tahun 2007 tentang pembangunan kebun plasma. Pola kemitraan yang di bangun dengan bermitra dengan pemilik lahan dalam wadah koperasi. Berdasarkan surat sertitikaat yang di keluarkan negara, balasnya Rabu (24/5/23).

(tim)

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Berita Terkait
LP Terkesan Diabaikan, Ketum PPWI Geruduk Ditreskrimum Polda Jabar

Harsusilawati

20 Jul 2024

Post Views: 5 Pirnas.com | Jakarta – Laporan Polisi (LP) terkait dugaan penyerobotan tanah dan pemalsuan dokumen yang dilaporkan anggota PPWI, Dasep Setiawan, pada tahun 2021 hingga kini masih jalan di tempat. Aparat kepolisian Polda Jawa Barat yang menerima LP tersebut terkesan mengabaikan laporan warga dari Desa Sukaresmi, Kecamatan Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung, itu. Selama …

Benar Dugaan Fiktif Dana Desa Pematang Seleng Tahun 2022 dan 2023 Rp 946 Juta 

Hidayat Chan

19 Jul 2024

Post Views: 16 Ket.photo:Peternakan sumber dana desa Pematang Seleng tahun 2024. Pirnas.com|Labuhanbatu– Nama saya Dio, penjaga ternak Kepala desa Pematang Seleng, demikian diucapkan Dio, 24 tahun, warga desa Pematang Seleng Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu, saat dikonfirmasi wartawan terkait pembelian ternak kambing yang menggunakan sumber dana desa Pematang Seleng, Jumat (19/07/2024) pukul 13.00 wib siang. …

Dr. Ebtanas Morina Padang, Plt Puskesmas Salak, Mengabdikan Diri Dikampung Kelahiran

Harsusilawati

19 Jul 2024

Post Views: 9 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Seorang perempuan berparas ayu menyambut setiap tamunya dengan tebaran senyum yang ramah penuh dengan kesejukan Namanya adalah dr. Ebtanas Morina Padang, Plt. Kepala UPT Puskesmas Salak yang telah bertugas di Puskesmas tersebut sejak 2023 kemarin. Satu jam saat berbincang bersama nya, perempuan kelahiran Singgabur Desa Silimakuta Kecamatan …

Kapolres Labusel Gelar Jumat Curhat Dan Bagi Bansos Di Desa Teluk Panji

Harsusilawati

19 Jul 2024

Post Views: 14 Pirnas.com | Labuhanbatu Selatan – Dalam rangka lebih mendekatkan diri dengan masyarakat di an mendengarkan keluhan mereka secara langsung, Kapolres Labuhanbatu Selatan AKBP Maringan Simanjuntak, S.H., M.H., mengadakan kegiatan “Jumat Curhat” sekaligus membagikan bantuan sosial kepada masyarakat di Dusun Setia Makmur Desa Teluk Panji Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Jumat (19/7/2024). …

Sekda Pimpin Senam Pagi Jumat Rutin Dilingkungan Pemkab Pakpak Bharat

Harsusilawati

19 Jul 2024

Post Views: 13 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Begini suasa Senam Sehat pagi ini, di Kompleks Perkantoran Panorama Indah Sindeka, Salak. Lajim setiap jumat pagi, segenap Aparatur di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melaksanakan Senam Sehat Bersama, guna menjaga kebugaran dan kekompakan. Jalan Berutu, S.Pd, MM, sekretaris Daerah Pakpak Bharat yang mewakili Bupati dalam pengarahan …

Direktur Pudam Tirta Bina Labuhanbatu di Lantik Plt. Bupat

Hidayat Chan

19 Jul 2024

Post Views: 131 Pirnas.com|Labuhanbatu– Pelaksana Tugas Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd., MM. melantik Direktur Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Bina Kabupaten Labuhanbatu masa jabatan 2024-2029 M. Lutfi, SH., MH. di Kantor Pudam Tirta Bina Labuhanbatu Jl. W. R. Supratman, Rantau Utara, Jumat (19/07/2024). Dalam arahannya, Plt. Bupati mengatakan bahwa Pudam Tirta Bina …

Kategori Terpopuler