Home » Daerah » Studi Lapangan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan II Tahun 2024 di Pemkot Yogyakarta

Studi Lapangan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan II Tahun 2024 di Pemkot Yogyakarta

Harsusilawati 14 Jun 2024

 

Pirnas.com | Yogyakarta – PPSDM Regional Bandung telah melaksanakan studi lapangan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan Ke-2 PNBP Tahun 2024 di Pemerintah Kota Yogyakarta.

Kegiatan yang berlangsung di aula gedung Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tersebut, diawali dengan acara penerimaan Kepala PPSDM Kemendagri Regional Bandung Indra Maulana Syamsul Arief mewakili Kepala BPSDM Kemendagri Sugeng Hariyono oleh Walikota Yogyakarta yang dalam hal ini diwakili Kepala BKPSDM, Dedi Budiono juga dihadiri sejumlah pejabat dan narasumber antara lain Kepala DPMPTSP. Kepala DPUPKP, Direktur RSUD serta Mantri Pamong Praja Kemantrem Umbulharjo serta sejumlah jajaran lainnya.

Selaku ketua rombongan, Indra menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya pada pemerintah kota Yogyakarta yang telah menerima dan memfasilitasi peserta dengan baik.

Dalam sambutannya, Ia mengutarakan maksud dan tujuan dari stula tersebut, yakni untuk menggali strategi keberhasilan pemko Yogya dalam mengimplementasikan tata kelola dan manajemen kinerja organisasi hingga berhasil meraih penghargaan Inovative Government Award (IGA) Tahun 2023 untuk program dan inovasi antara lain: Jogja Smart Service (JSS), Uji Kualitas Air dengan Laboratory Information Management System (LIMS), Jogja Konsolidasi Data (Jogja Solid), Sistem Monitoring dan Evaluasi (SIMONEVA), Sistem Pelayanan Praktis Pedagang Pasar (SIMPATIK PASAR), Pengawasan Pajak Daerah (WASPADA), serta Dodolan Kampung.

Lebih lanjut Kepala PPSDM mengatakan bahwa “Yogya adalah kota sejuta kenangan”. Setiap orang yang pernah berkunjung ke kota ini memiliki kenangan tersendiri baik segi wisata alam, wisata budaya dan wisata kuliner.

Hal itulah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dalam maupun luar negeri untuk selalu ingin kembali berkunjung ke yogya. Hal tersebut menjadi satu keuntungan bagi pemerintah kota dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan meningkatkan pendapatan masyarakatnya terutama UMKM.

“Saya melihat, kota yogya telah berhasil mengelola potensi sumber daya yang ada melalui suatu sistem layanan yang terintegrasi dalam proses pelayanan publik sehingga orang yang datang ke kota ini akan mendapatkan kemudahan baik dari segi informasi maupun pelayanan,” ujar Indra.

Dengan banyaknya spot wisata, kuliner, dodolan yang tersebar hampir diseluruh kota sudah sepatutnya wisatawan yang datang bisa mengakses informasi dengan mudah baik itu lokasi, transportasi, akses ke tempat tersebut sehingga daya beli wisatawan diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarkat terutama usaha kecil menengah.

Dalam menjawab tantangan era revolusi 5.0, kita dapat mengadopsi apa yang sudah diterapkan di Yogya. Membuat suatu layanan yang terkoneksi dalam satu sistem dibangun dengan komitmen yang sangat kuat. Sehingga proses penyelesaian masalah dapat diambil dengan cepat based on data.

“Kegiatan ini diharapkan menjadi leason learn bagi para peserta agar dapat meng improve berbagai inovasi yang telah diterapkan untuk memperkaya literatur data dalam penyusunan laporan aksi perubahan dan Bu lebihlanjut diimpelementasikan di daerahnya,” tambah Indra.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 10 s.d. 13 Juni 2024 ini, merupakan salah satu sequence pembelajaran dalam pelatihan kepemimpinan administrator.
14/06/2024.

( Tim )

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Berita Terkait
Dandim 0209/ Labuhanbatu Sabet 2 Penghargaan TMMD

Harsusilawati

19 Jul 2024

Post Views: 8 Pirnas.com | Labuhanbatu – Letnan Kolonel Inf Yudy Ardiyan Saputro, S.I.P Dandim 0209/Labuhanbatu berhasil meraih 2 prestasi sekaligus pada ajang penilaian TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120 tingkat TNI AD TA. 2024. Prestasi yang telah berhasil diraih Juara III sebagai pemenang Karya Jurnalistik Tingkat Dansatgas TMMD dan Juara II Dandim Pembina …

Wabup Pakpak Bharat Hadiri Sosialisasi Tabungan Pelajar Oleh OJK Provsu

Harsusilawati

19 Jul 2024

Post Views: 8 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Wakil Bupati Pakpak Bharat, H Mutsyuhito Solin, Dr, M.Pd hari ini hadir mewakili Bupati Pakpak Bharat dalam kegiatan Sosialisasi Tabungan pelajar yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Sumatera Utara di SMP N 1 Salak kamis tgl 18/07/2024. Analis Deputi Direktur Pengawasan Perilaku PUJK, Edukasi, dan Pelindungan …

Bawaslu Hadiri Pengambilan Sumpah Janji Jabatan Pengawas Kelurahan/Desa se-Pakpak Bharat

Harsusilawati

19 Jul 2024

Post Views: 9 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Ketua Badan Pengawas pemilu (Bawwaslu) Kabupaten Pakpak Bharat Feisal Alfredi Berutu M. Pd bersama Sekretaris Bawaslu Kabupaten Pakpak Bharat Jopan Saran M, Si, turut hadir dalam Acara pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Jabatan Pengawas Kelurahan/Desa se-Kabupaten Pakpak Bharat. Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di masing-masing Kecamatan se-Kabupaten …

Bunda PAUD Kecamatan Tinada Kunjungi Sejumlah Sekolah Masa MPLS

Harsusilawati

18 Jul 2024

Post Views: 22 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Bunda Paud (Pendidikan anak usia dini) Kecamatan Tinada, Ny.Sarah Rudolf Agus. A. Solin mengunjungi sejumlah Sekolah tingkat Dasar yang ada di Kecamatan Tinada Rabu tgl 17/07/2024. Kunjungan dimaksud dalam rangka melihat langsung momen Masa Perkenalan Lingkungan dilingkungan Sekolah (MPLS) yang saat ini tengah berlangsung di berbagai sekolah. …

Wabup Pakpak Bharat Serahkan Hibah Tanah Rencana Pembangunan Gedung Sekolah MIN Salak

Harsusilawati

18 Jul 2024

Post Views: 15 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Wakil Bupati Pakpak Bharat, H Mutsyuhito Solin, Dr, M.Pd menyerahkan Tanah Hibah Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat untuk rencana Pembangunan gedung Madrasah Ibtidayah Negeri Salak. Penyerahan Hibah dimaksud diterima oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pakpak Bharat, Drs. H syafrizal Bancin, MM.dilokasi rabu tgl 17/07/2024 “Saya atas nama …

Wujudkan Profesionalisme dalam Penyelenggaraan Tugas, Lapas Labuhan Ruku Ikuti Bimtek Keamanan dan Ketertiban Tahun 2024

Harsusilawati

18 Jul 2024

Post Views: 20 Pirnas.com | Batubara – Lapas Labuhan Ruku Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis Bidang Keamanan dan Ketertiban Tahun 2024 yang diselenggarakan pada 15 Juli – 17 Juli Tahun 2024 di Hotel Grand Mercure Maha Cipta Medan Angkasa, Rabu (17/07/2024) Kegiatan yang diikuti oleh Ka KPLP, Ziko Lukita dan Kasubsi Pelaporan …

Kategori Terpopuler