Daerah  

NATAL DI GKPS BAGAN BATU DIIKUTI KURANG LEBIH 200 JEMAAT

PIRNAS.COM & PIRNAS.ORG | ROKAN HILIR –  Rutinitas yang dilakukan jemaat GKPS Bagan Batu setiap tahun, tepatnya Selasa malam (24/12/2019) dalam rangka merayakan Natal seluruh gereja, acara Natal ini dihadiri kurang lebih 200 jemaat GKPS Bagan Batu.

Sebelum acara Natal dimulai, diberikan tanda lonceng gereja pertanda acara dimulai, pemandu lagu pujian diambil alih St. Girsang, dan setelah lagu pertama usai, dilanjut dengan agenda Natal ini di ambil alih St. Saragih Sumbayak.

Baca Berita Lainnya :

Keyword dan Negara dengan CPC Tertinggi 2022-2023 Cara Buat Website Dengan Mudah Untuk Pemula

Acara Natal ini dirangkai dengan berbagai kegiatan diantaranya liturgi Natal, puisi Natal, ditambah lagi vocal group malam Natal menambah suasana malam Natal semakin hening.

Malam Natal kali ini sangat terkhusus, sebab dikawal dari pihak kepolisian Polsek Bagan Sinembah, yang dipercayakan kepada personil polwan, atas nama ARTHA KARTIKA, menambah semangat para jemaat mengikuti ibadah Natal semakin percaya diri, dikarenakan jemaat merasa aman dengan pengamanan yang diberikan pihak kepolisian.

Suasana semakin hening ketika acara menghidupkan Lilin, dibarengi dengan lagu malam kudus, sedangkan acara menghidupkan lilin diwakilkan dari berbagai unsur, diantaranya satu orang dari seksi kaum bapak, satu dari kaum ibu, begitu juga dari kaum pemuda, dan begitu juga kaum sekolah minggu, disaat penyalaan lilin ini lampu-lampu yang besarpun dimatikan menandakan ciri khas malam kudus.

Sebelum khotbah atau siraman rohani dikumandangkan, terlebih dahulu diadakan doa safa’at, momen ini dipercayakan kepada bapak St. Janralisman Damanik, doa safest ini mengambil topi agar umat yang merayakan Natal malam ini terlindung dari segala cobaan.

Dan begitu juga bagi jemaat yang hadir setelah pulang nantinya dari gereja, semoga mendapatkan berkat dan kekuatan untuk menyongsong tahun 2020 yang sudah hampir di ambang pintu.

Tidak lupa juga St. Damanik mendoakan Pemimpin Negara ini agar selalu bijak untuk menyikapi seluruh permasalahan yang akan menggoncang Negara kita ini.

Dan acara demi acara telah hampir rampung dilaksanakan, begitu juga doa safaat, saatnyalah jemaat GKPS Bagan Batu ini menerima oleh-oleh atau siraman rohani yang akan menjadi acuan/makna perayaan Natal yang terkhusus ini.

Khotbah diambil dari Matius 1:18:23 topik kelahiran tuhan yesus, jangan takut bahwa si Maria akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak bayi laki-laki dan akan diberi namanya tuhan yesus, dia lahir untuk menebus dosa manusia, namun si Maria sempat berontak, bertanya mana mungkin aku mengandung, sementara kami tidak pernah bersentuhan dengan yusuf tunangan si Maria pada saat itu.

Namun ada suara membisikan kepada yusuf, “jangan takut, yang dikandung oleh si Maria adalah utusan dari sang pencipta, khotbah ini dipercayakan kepada St Damanik yang biasa dipanggil khalayak banyak di gereja GKPS Bagan Batu Pak Cindy, jemaat yang berjumlah kurang Lebih 200 orang tersebut terkesima mendengar khotbahnya.

Pantauan awak media Pirnas, Selasa (24/12/2019) sekira pukul 21.00 dipenghujung acara Natal GKPS Bagan Batu ini, bahwa setiap tertib acara yang dipegang para jemaat yang datang diberi nomor dan akan diundi, menambah semangat para jemaat yang mengikuti perayaan Natal tersebut, karena hadiahnya sangat menjanjikan.

Ditempat yang sama awak media Pirnas mencoba mengkonfirmasi salah satu jemaat M. Br. Sinaga (mak jonathan) terkait malam Natal yang sangat ramai ini.

M. Br. Sinaga mengatakan, “dengan perayaan Natal ini mengingatkan kita perlunya mengenang bahwa yang dirayakan sekarang ini adalah momen yang tidak akan terlupakan setiap tahunnya. Harapan kita supaya setiap warga GKPS Bagan Batu saling menghargai, mengasihi dan harus tetap solid disetiap tindakan. Untuk pengurus yang telah di pekerjakan di pohon anggur GKPS Bagan Batu ini, supaya selalu berjiwa besar menghadapi jemaatnya dikarenakan sifatnya berbeda-beda, “cetusnya.

Reporter Juli Manik/Sl