Home » Daerah » Musik Daul Meriahkan Hari Jadi ke 489 Kabupaten Pamekasan

Musik Daul Meriahkan Hari Jadi ke 489 Kabupaten Pamekasan

Pirnas.com 28 Okt 2019

PAMEKASAN, pirnas.org & pirnas.com | Dalam rangka meperingati hari jadi Kabupaten Pamekasan ke-489 tahun, Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Pemuda Olahraga, menggelar festival musik daul atau sering disebut musik tong-tong. Start depan Hotel front one Jl Jokotole Pamekasan Madura. Ahad (27/10/19 ) malam.

Musik Daul merupakan musik etnik yang tumbuh dan berkembang pesat di Pamekasan. Musik Daul yang merupakan kolaborasi dari berbagai alat musik, baik alat musik tradisional maupun alat musik yang terbuat dari peralatan sehari hari seperti bak air yang dimodifikasi menjadi drum bass dan lain sebagainya.

Tampak hadir dalam pelepasan peserta Madura Musik Daul Festival tersebut forkopimda dan beberapa kepala OPD. Sedangkan ribuan masyarakat memadati sepanjang jalan yang dilalui 25 peserta karnaval. Mereka sangat antusias ingin menyaksikan festival musik tradisional tersebut.

Wakil Bupati Pamekasan Raja’e, dalam sambutannya mengatakan, Festival musik Daul ini untuk mendorong kreativitas para pelaku seni, khususnya musik Daul yang ada di Kabupaten Pamekasan.

“Kita sama-sama memahami bahwa seni budaya sebagai sebuah sektor telah mengambil peran penting dalam hubungan antara bangsa di dunia. Seni budaya telah menjadi bagian gaya hidup dan kebutuhan manusia. Menikmati keindahan seni budaya yang merupakan hasil cipta dan karsa manusia telah menjadi salah satu kebutuhan dasar yang tidak dapat diabaikan,” ungkapnya.

Raja’e berharap, musik Etnik Daul sebagai salah satu kekayaan seni budaya Pamekasan bisa terus dilestarikan masyarakat, Apalagi saat ini musik Etnik Daul sudah menyebar ke seluruh Madura.

“Melalui musik Daul, kita ingin mewujudkan Pamekasan hebat, Rajjah, Bejjrah, tor parjuggeh,” pungkasnya.

Dari pantauan pirnas dilakosi, Festival musik Daul tersebut diikuti 25 grup, baik dari Pamekasan, Sampang, dan Sumenep. Mereka tampil dengan kereta kencana berbagai bentuk yang diberhias lampu hias.

Musik Daul Puser Bhumih salah satu peserta yang tak pernah absen di festival musik Daul yang diadakan oleh pemerintah kabupaten Pamekasan. Yang mana Phuser Bhumih pada tahun 2018 diacara yang sama, masuk 5 nominasi aresment terbaik.

Tony salah satu Crew musik Daul Puser Bhumih mengatakan, festival musik daul ini merupakan ajang pemersatu bangsa karna dari filosofi yang ada musik daul merupakan sebuah kebersamaan.

“Semuga kedepan, pemerintah kabupaten Pamekasan lebih memperhatikan keberadaan musik Daul. Dan dalam setahun bukan hanya sekali diadakan event seperti ini,” tuturnya.

(Hoirul Umam)

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Berita Terkait
LP Terkesan Diabaikan, Ketum PPWI Geruduk Ditreskrimum Polda Jabar

Harsusilawati

20 Jul 2024

Post Views: 5 Pirnas.com | Jakarta – Laporan Polisi (LP) terkait dugaan penyerobotan tanah dan pemalsuan dokumen yang dilaporkan anggota PPWI, Dasep Setiawan, pada tahun 2021 hingga kini masih jalan di tempat. Aparat kepolisian Polda Jawa Barat yang menerima LP tersebut terkesan mengabaikan laporan warga dari Desa Sukaresmi, Kecamatan Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung, itu. Selama …

Benar Dugaan Fiktif Dana Desa Pematang Seleng Tahun 2022 dan 2023 Rp 946 Juta 

Hidayat Chan

19 Jul 2024

Post Views: 16 Ket.photo:Peternakan sumber dana desa Pematang Seleng tahun 2024. Pirnas.com|Labuhanbatu– Nama saya Dio, penjaga ternak Kepala desa Pematang Seleng, demikian diucapkan Dio, 24 tahun, warga desa Pematang Seleng Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu, saat dikonfirmasi wartawan terkait pembelian ternak kambing yang menggunakan sumber dana desa Pematang Seleng, Jumat (19/07/2024) pukul 13.00 wib siang. …

Dr. Ebtanas Morina Padang, Plt Puskesmas Salak, Mengabdikan Diri Dikampung Kelahiran

Harsusilawati

19 Jul 2024

Post Views: 9 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Seorang perempuan berparas ayu menyambut setiap tamunya dengan tebaran senyum yang ramah penuh dengan kesejukan Namanya adalah dr. Ebtanas Morina Padang, Plt. Kepala UPT Puskesmas Salak yang telah bertugas di Puskesmas tersebut sejak 2023 kemarin. Satu jam saat berbincang bersama nya, perempuan kelahiran Singgabur Desa Silimakuta Kecamatan …

Kapolres Labusel Gelar Jumat Curhat Dan Bagi Bansos Di Desa Teluk Panji

Harsusilawati

19 Jul 2024

Post Views: 14 Pirnas.com | Labuhanbatu Selatan – Dalam rangka lebih mendekatkan diri dengan masyarakat di an mendengarkan keluhan mereka secara langsung, Kapolres Labuhanbatu Selatan AKBP Maringan Simanjuntak, S.H., M.H., mengadakan kegiatan “Jumat Curhat” sekaligus membagikan bantuan sosial kepada masyarakat di Dusun Setia Makmur Desa Teluk Panji Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Jumat (19/7/2024). …

Sekda Pimpin Senam Pagi Jumat Rutin Dilingkungan Pemkab Pakpak Bharat

Harsusilawati

19 Jul 2024

Post Views: 13 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Begini suasa Senam Sehat pagi ini, di Kompleks Perkantoran Panorama Indah Sindeka, Salak. Lajim setiap jumat pagi, segenap Aparatur di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melaksanakan Senam Sehat Bersama, guna menjaga kebugaran dan kekompakan. Jalan Berutu, S.Pd, MM, sekretaris Daerah Pakpak Bharat yang mewakili Bupati dalam pengarahan …

Direktur Pudam Tirta Bina Labuhanbatu di Lantik Plt. Bupat

Hidayat Chan

19 Jul 2024

Post Views: 131 Pirnas.com|Labuhanbatu– Pelaksana Tugas Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd., MM. melantik Direktur Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Bina Kabupaten Labuhanbatu masa jabatan 2024-2029 M. Lutfi, SH., MH. di Kantor Pudam Tirta Bina Labuhanbatu Jl. W. R. Supratman, Rantau Utara, Jumat (19/07/2024). Dalam arahannya, Plt. Bupati mengatakan bahwa Pudam Tirta Bina …

Kategori Terpopuler