banner 728x250
Daerah  

Manggala Agni Daops Labuhanbatu Selatan Hadiri Acara Antisipasi dan Pencegahan Karhutla

TAPANULI SELATAN, PIRNAS | Manggala Agni Daops Labuhanbatu Selatan menghadiri Acara Antisipasi & Pencegahan Karhutla di Wilayah Hukum Polres Tapanuli Selatan dan Sholat Istisqo Berjamaah Aula Kantor camat Angkola Timur, Senin (23/9).

Kebakaran hutan dan lahan yang hampir tiap tahun terjadi merupakan salah satu ancaman terhadap kelestarian hutan di Indonesia. Dari banyak kasus yang terjadi, faktor manusia menjadi penyebab utama dibandingkan dengan faktor alam, sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan yang menimbulkan efek kerugian ekologi, kesehatan, ekonomi, sosial budaya dan politik.

Click following link

Keyword dan Negara dengan CPC Tertinggi 2022-2023

Pengendalian kebakaran hutan dan lahan merupakan salah satu upaya dalam pelestarian alam yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor : P.32/ MenLHK/ Setjen/Kum.1/2/2016 tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan.

Pada Acara Antisipasi & Pencegahan Karhutla Di wilayah Hukum Polres Tapanuli Selatan Kepala Daerah Operasi Manggala Agni Labuhanbatu Selatan yang di wakili oleh Koordinator Wilayah Tapanuli Selatan Fenry M. Saragih dan Personil Manggala Agni menghadiri acara tersebut di Kantor Camat Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan dilanjutkan dengan Sholat Istisqo berjamaah dan doa bersama dengan masyarakat halaman kantor Camat Angkola Timur dengan harapan hujan turun di wilayah karhutlah agar kabut asap dapat musnah.

“Fase terpenting adalah melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan yang merupakan semua usaha, tindakan atau kegiatan yang dilakukan untuk mencegah atau mengurangi kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Sebagaimana himbauan yang selalu disampaikan oleh Manggala Agni “Mari Bersama Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan,” kata Fenry M. Saragih saat memberikan materi pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Aula Kantor camat Angkola Timur, Senin (23/9).

“Acara ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan informasi tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan serta mengajak peserta untuk saling mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan dan beliau berpesan kepada suluruh masyarakat agar menjaga kesehatan pada saat musim kabut yang melanda negeri ini. diharapkan dengan terlaksananya acara ini dapat meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Indonesia terkhusus di wilayah hukum Polres Tapanuli Selatan serta berharap hujan turun setelah dilaksanakan nya Sholat Istisqo berjamaah,” jelas Fenry M. Saragih.

Acara Antisipasi & Pencegahan Karhutla di wilayah hukum Polres Tapanuli Selatan dilaksanakan di Aula Kantor Camat Angkola Timur dengan pelaksana Camat Angkola Selatan dan dihadiri Peserta dari Personil Polres Tapanuli Selatan, Danramil & Personil Koramil 18 Angkola Timur, Lurah berserta Kepala Desa Sekecamatan Angkola Timur, KPH X wilayah Tapsel, BPBD Tapsel, Dinas Lingkungan Hidup Tapsel, Tokoh Agama dan Masyarakat serta Manggala Agni selaku Narasumber.

Seluruh peserta sangat antusias dalam mengikuti acara tersebut, dan berharap adanya tindak lanjut dalam pencegahan dan penanganan karhutlah, serta pihak kecamatan dan masyarakat juga sangat berharap kepada TNI, Polri dan Manggala Agni agar serius dalam penegakan hukum kepada pelaku karhutlah agar kebakaran hutan dan lahan tidak terjadi lagi.(Zainul)