Home » Daerah » KUNJUNGAN LSM LPPAN-RI DISAMBUT HANGAT DATUK PENGHULU KENCANA

KUNJUNGAN LSM LPPAN-RI DISAMBUT HANGAT DATUK PENGHULU KENCANA

Pirnas.com 30 Okt 2019

Rokan Hilir (RIAU), pirnas.org & pirnas.com | Kunjungan silaturahmi LSM LPPAN-RI bersama tim pencari fakta, disambut hangat dan santun oleh Datuk Penghulu Kencana, Kecamatan Balai Jaya, Kabupaten Rokan Hilir, selasa (29/10/2019)

Silaturahmi/sekalian konfirmasi yang dilakukan LSM LPPAN-RI (Lembaga Penyelamatan dan Pemanfaatan Aset Negara Republik Indonesia) yang langsung dilakukan oleh tim investigasi RUSTAM DAMANIK.

Menurut pantauan media pirnas di lapangan bahwa LPPAN-RI mempertanyakan acuan UUD no.6 thn 2014 tentang desa dan permendes no.19 tentang padat karya tunai anggaran thn. 2018.

Dengan lugas dan tangkas Datuk Penghulu Kencana EDY SAPUTRA “itu semua pak sudah selasai dan keseluruhan dana yang kami terima kurang lebih 1,1 miliar dengan perincian
– DK(dana kepenghuluan) 500 juta selebihnya untuk infrastruktur dan pemberdayaan contohnya :

1. PPK
2. Posyandu
3. Karang Taruna
4. Sosialisasi-sosialisasi
Dan keseluruhan masalah bangunan di serahkan kepada sekdes, besreta TPK tim pelaksana pekerjaan” ujarnya.

Kemudian Rustam Damanik kembali bertanya menurut bapak datuk penghulu apakah semua penggunaan Dana Desa dan Anggaran dana desa sudah sesuai? “yah menurut saya pak sudah oke karena sampai saat ini belum ada masalah dengan penggunaan dana desa dan anggaran dana desa yang telah kami bangunkan di tahun 2018 ini pak”, cetusnya.

Setelah selesai konfirmasi dan investigasi dari LSM LPPAN-RI awak media mencoba mengkonfirmasi Rustam Damanik terkait tanggapannya mengenai jawaban “Datuk Penghulu Kencana tersebut, menerangkan kepada media pirnas untuk saat ini mungkin semua bangunan datuk penghulu itu benar dan tidak ada yang salah sebab memang dana desanya 2019 sudah keluar”, katanya.

Ditambahkanya lagi kalau memang sesuai dengan prioritas penggunaan dana desa tahun 2018 yang mempunyai 5 item.

1. Prioritas penggunaan dana desa untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan di bidang pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa.
2. Prioritas penggunaan dana desa diutamakan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan yang bersifat lintas bidang.
3. Program dan kegiatan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) antara lain bidang kegiatan produk unggulan desa atau kawasan pedesaan, BUMDesa atau BUMDesa bersatu, embung, dan sarana olahraga desa sesama dengan kewenangan desa.
4. Pembangunan sarana olahraga desa sebagaimana dimaksud pada ayat (3) merupakan unit usaha yang dikelola oleh BUMDesa atau BUMDesa bersama.
5. Prioritas penggunaan dana desa sebagai mana dimaksud pada ayat (1) wajib dipublikasikan oleh pemerintah desa kepada masyarakat desa di ruang publik yang dapat diakses masyarakat desa.

Diakhir kata LSM LPPAN-RI RUSTAM Damanik akan mengkroscek ulang semua anggaran 2018 yang ada di Kepenghuluan Kencana Kecamatan Balai Jaya Kabupaten Rokan Hilir.

“Apabila sudah tepat berarti kinerja Datuk Penghulu Kencana EDY SAPUTRA untuk saat ini bagus” tutupnya.

(Juli Manik)

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Berita Terkait
Respon Cepat Pemkab Labuhanbatu Terhadap Nazril Bocah Penderita Tumor 

Hidayat Chan

16 Jun 2024

Post Views: 5     Pirnas.com|Labuhanbatu– Menyebarnya informasi terhadap kondisi keluarga Nazril (13) bocah dengan penderita tumor thorak yang beralamat di jl Simpang Mangga Bawah Kota Rantauprapat Kecamatan Rantau Selatan membuat Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melalui Dinas Kesehatan Labuhanbatu cepat ambil tindakan. Sebelumnya, Kamis 13/6/2024, Plt Kadis Kesehatan Friska E.Simanjuntak,SKM,MKM, didampingi Kabid P2P Rahmat Hsb,SKM, dr.Ibnu …

Ada Apa Dengan Kadis Perhubungan Labura, Penganti Pj.Batu Bara..?????

Harsusilawati

16 Jun 2024

Post Views: 7       Pirnas.com | Batu Bara – Isu pergantian Pj Bupati Batubara Nizhamul, SE, MM kepada H. Heri Wahyu Marpaung, S.STP, M.AP tidak habis-habisnya menjadi perbincangan Publik Kabupaten Batu Bara, Sabtu (15/06/2024). Namun ada hal yang menarik terkait rekam jejak calon Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara itu, terkait pernah beliau menjadi …

Apresiasi Untuk Kejaksaan Negeri Brebes Telah Berhasil Mengungkap Kasus Penyimpangan Pajak Bumi dan Bangunan(PBB)

Harsusilawati

15 Jun 2024

Post Views: 18   Pirnas.com | Brebes Jateng – Dikutif dari pemberitaan beberapa media online, ternyata Kejaksaan Negeri Brebes behasil melakukan penegakan hukum terhadap para oknum pelaku penyalagunaan uang pungutan pajak yang menimbulkan kerugian negara sebesar Rp.238.848.621, Pelaku inisal S Kepala Dusun (Kadus) IV Anggota KOPAK Desa Sitanggal Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes, sudah di tetapkan …

Sempurnakan Indeks Inovasi Daerah, BSKDN Kemendagri Tambah Fitur Guna Himpun Inovasi Diklat Kepemimpinan

Harsusilawati

14 Jun 2024

Post Views: 20   Pirnas.com | Jakarta – Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menambahkan fitur pada aplikasi Indeks Inovasi Daerah (IID). Upaya penyempurnaan tersebut dilakukan guna menghimpun inovasi yang dihasilkan dari diklat kepemimpinan. Hal itu disampaikan Kepala Pusat Strategi Kebijakan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Teknologi Informasi, dan Inovasi Pemerintahan …

Studi Lapangan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan II Tahun 2024 di Pemkot Yogyakarta

Harsusilawati

14 Jun 2024

Post Views: 21   Pirnas.com | Yogyakarta – PPSDM Regional Bandung telah melaksanakan studi lapangan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan Ke-2 PNBP Tahun 2024 di Pemerintah Kota Yogyakarta. Kegiatan yang berlangsung di aula gedung Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tersebut, diawali dengan acara penerimaan Kepala PPSDM Kemendagri Regional Bandung Indra Maulana Syamsul Arief mewakili Kepala …

Dukung Pelaku UMKM, Ditjen Polpum Kemendagri Bakal Gelar Indonesia Maju Expo & Forum 2024

Harsusilawati

13 Jun 2024

Post Views: 27 Pirnas.com | Jakarta – Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bakal menggelar Indonesia Maju Expo & Forum 2024. Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan Kemendagri terhadap pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Gelaran ini akan berlangsung mulai tanggal 4 hingga 7 Juli 2024 di Jakarta Convention …