banner 728x250
Daerah  

GELAR KEGIATAN BERSATU KITA HEBAT (BERKAH) DPMD MUSI RAWAS PUNGUT 2 JUTA PERDESA

Logo_Kabupaten_Musi_Rawas

MUSI RAWAS, PIRNAS | Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Aparatur Pemerintah Desa Dalam Bidang Manajemen Pemerintahan Desa Tahun 2019 di Tujuh (7) Kecamatan Kabupaten Musi Rawas yang dibungkus melalui kegiatan BERKAH (Bersatu Kita Hebat).

Didalam pelaksanaan kegiatan tersebut diduga DPMD menginstruksikan pihak kecamatan untuk melakukan pungutan, kepada setiap desa yakni Kecamatan Sumber harta 9 Desa, Tugumulyo 17 Desa masing-masing sebesar Rp. 2.000.000 per Desa. Pungutan itu dibenarkan oleh Camat Tugumulyo Irwansyah dengan dalih untuk biaya makan minum peserta, umbul-unbul dan transport peserta. Dimana biaya pungutan langsung dikelola oleh pihak/panitia kecamtan.

Click following link

Keyword dan Negara dengan CPC Tertinggi 2022-2023

“Benar, uang pungutan tersebut diambil dari desa tapi perlu di garis bawahi itu berdasarkan intruksi dari dinas DPMD musi Rawas untuk pelaksanaan acara berkah. Tanpa intruksi dari dinas kami tidak berani dan uang tersebut juga di kelola oleh panitia dari dua kecamatan,” ungkap Irwansyah.

Lanjutnya, kegiatan BERKAH tidak dapat diselenggarakan atau dilaksanakan tanpa uang dari desa. Kegunaan uang tersebut pertama untuk umbul-umbul, makan minum dan uang transport peserta. “Kalau ingin lebih jelas silakan tanyakan ke dinas DPMD kabupaten musi Rawas”, jelas Camat Irwansyah.

Berbeda dengan apa yang disampaikan oleh pihak Kecamatan Sumber Harta, bahwa uang pungutan/iuran dari Kades di kecamatannya, diserahkan ke pihak kecamatan Tugumulyo yakni langsung ke Ketua Panitianya Sekretaris kecamatan Tugumulyo tidak dikelola oleh pihak nya.

Terpisah belum lama ini hasil konfirmasi ke salah satu Kepala Desa di Kecamatan Tugumulyo yang enggan namanya di sebutkan mengatakan “memang benar membetikan iuran sebesar Rp 2000.000 per Desa untuk kegiatan tersebut. (Antri Lapasa)