banner 728x250
Daerah  

Elya Rosa Wisata Bersama Jurnalis Labuhanbatu

PIRNAS.ORG & PIRNAS.COM | LABUHANBATU – Tapanuli Tengah memiliki sejumlah destinasi wisata. Bentangan bibir pantainya punya panorama yang indah. Sejumlah spot-nya menjadi lokasi tujuan wisata. Bahkan, pada kordinat tertentu perairannya punya potensi sebagai lokasi wisata mancing.

Bibir Samudera Hindia di Kabupaten Tapanuli Tengah menjadi tujuan kunjungan para jurnalis Labuhanbatu bersama mantan Ketua DPRD Labuhanbatu Elya Rosa Siregar. Momen berdarmawisata tersebut menjadi kenangan indah.

Click following link

Keyword dan Negara dengan CPC Tertinggi 2022-2023

Terlebih lagi, sebanyak 27 jurnalis tersebut berkesempatan mengelilingi sejumlah pulau yang ada di kawasan perairan Tapteng. Para jurnalis dibagi menggunakan 3 perahu bermesin. Dua perahu khusus berkeliling di atas riak gelombang air. Dan sebuah perahu lainnya, spesial untuk kelompok maniak mancing. Masing-masing perahu memuat sekitar 10 orang jurnalis.

Ya, penulis berkesempatan ikut di perahu spesial para pemancing. Perahu yang ditumpangi memiliki 2 mesin. Sebuah mesin menggunakan kekuatan 40 PK dan sebuah mesin 15 PK.

“Untuk perahu ini memang sengaja saya gunakan mesin 40 dan 15 PK. Agar lebih cepat dayanya,” kata Teroris, seorang warga lokal yang menjadi pemandu, Minggu (24/11).

Dia memiliki nama asli Syaiful Panjaitan itu sengaja menyediakan sejumlah peralatan mancing bagi wisatawan yang ingin berolahraga memancing di lautan Tapteng. Mantan Kepala Desa Pandan itu mengaku, untuk biaya memancing mesti merogoh kocek Rp. 2 jutaan guna menyewa fasilitas tersebut.

Pada kesempatan itu, tujuan spot pemancingan di kawasan pulau Mursala. Tapteng, kata dia punya banyak jenis pulau. Diantaranya, Pulau Mursala, Pulau Kalimantung, pulau Poncan, pulau Karang, pulau Pane, pulau Unggas, pulau Sorkam, Talam, Sarudik, Tungkus Nasi dan lainnya.

Gelombang air laut dan desing suara mesin menyambut perahu rombongan penulis. Seakan menari-nari dengan alunan berirama. Percikan air laut berhamburan ke wajah para pemancing.

Butuh waktu sekira 2 jam menempuh perjalanan dari pantai Kalangan, Pandan, Tapteng ke pulau Mursala. Melalui puluhan bagan pancang. Sarana penangkapan ikan teri mirip perangkap jermal. Ya, sang Teroris membawa rombongan ke kawasan pulau itu. Setelah melalui pulau Tungkus dan pulau lainnya ditetapkan titik strategis.

Jangkar perahu dilepas ke kedalaman air. Agar perahu tak jauh dibawa gelombang air. Para pemancingpun memanfaatkan momen tersebut dengan memasang alat pancing dan umpan yang disediakan.

“Kita pakai umpan cumi-cumi, anak gembung, udang dan ikan Teri. Disini, ikannya beragam jenisnya. Ikan Kerapu, misalnya. Karena datang dari laut dalam,” kata Teroris.

Tentu saja, banyaknya stok ikan di dalam laut punya peluang kepada rombongan untuk berulang kali strike mendapatkan beragam jenis ikan.

Fredy Simangunsong tokoh masyarakat Labuhanbatu yang merupakan suami Hj Ellya Rosa Siregar mengaku, liburan bersama itu bentuk penguatan silaturahmi yang selama ini memang sudah telah terjalin. Selaku tokoh yang juga mantan Ketua Persatuan Tinju Nasional (Pertina) Sumut, dia berharap komunikasi semakin lebih baik dan saling mendukung dalam hal pembangunan untuk Labuhanbatu.

“Mungkin sudah belasan tahun hubungan antara kami dengan kawan-kawan wartawan terjalin. Kebetulan kita masing-masing ada waktu, maka kita ambil momen untuk liburan bersama,” ujar H Freddy.

Sedangkan Hj Ellya Rosa Siregar menginginkan keakraban dengan wartawan tidak pernah terputus, terlebih dia menilai jurnalis merupakan pilar ke empat demokrasi yang memiliki ide-ide berilian dalam menciotakan suasana kondusif maupun pembangunan.

“Sejak dulu saya berteman dengan wartawan. Mulai sebelum menjadi anggota dewan sampai Ketua DPRD dan hari ini silaturahmi tetap kita jaga. Semoga kita semua mampu memberikan pemikiran positif untuk membangun,” sebut Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Labuhanbatu, Ketua Himpunan Wanita Karya (HWK) Labuhanbatu itu. Para jurnalis memberikan apresiasi atas perhatian terhadap kalangan jurnalis.

Reporter : J. Sinaga