Home » Daerah » Bupati Dairi Pimpin Upacara Peringatan Hari Guru Nasional ke – 74 Tahun 2019 di SMA Negeri 1 Sidikalang

Bupati Dairi Pimpin Upacara Peringatan Hari Guru Nasional ke – 74 Tahun 2019 di SMA Negeri 1 Sidikalang

Pirnas.com 26 Nov 2019

PIRNAS.ORG & PIRNAS.COM | DAIRI – Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu pimpin upacara peringatan hari Guru Nasional yang ke – 74 yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sidikalang pada Senin, 25 November 2019.

Pada upacara peringatan hari Guru tersebut, Bupati Dairi bertindak sebagai inspektur upacara yang dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sidikalang Dra. Anna Lowia Sianturi, para guru dan staff SMA N 1 Sidikalang beserta para siswa / siswi SMA N 1 Sidikalang.

Dalam Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim mengatakan tugas yang diemban oleh Guru merupakan tugas yang mulia sekaligus yang tersulit. Para guru ditugaskan untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan. Guru ingin membantu murid yang mengalami ketertinggalan di kelas, tetapi waktu mereka habis untuk mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas.

Guru tahu betul bahwa potensi anak tidak dapat diukur dari hasil ujian, tetapi terpaksa mengejar angka karena didesak berbagai pemangku kepentingan. Guru ingin mengajak murid keluar kelas untuk belajar dari dunia sekitarnya, tetapi kurikulum yang begitu padat menutup pintu peluang.

Guru mengalami frustasi karena guru tahu bahwa di dunia nyata kemampuan berkarya dan berklaborasi akan menentukan kesuksesan anak, bukan kemampuan menghafal. Kita ketahui bahwa setiap anak memiliki kebutuhan berbeda, tetapi keseragaman telah mengalahkan keberagaman sebagai prinsip dasar birokrasi. Guru ingin setiap murid terinspirasi, tetapi tidak diberikan kepercayaan berinovasi.

“Saya tidak akan membuat janji-janji kosong kepada Anda. Perubahan adalah hal yang sulit dan penuh dengan ketidaknyamanan. Satu hal yang pasti, saya akan berjuang untuk kemerdekaan belajar di Indonesia”, ujar Bupati dalam menyampaikan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

“Namun, perubahan tidak dapat dimulai dari atas. Semuanya berawal dan berakhir dari Guru. Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambil langkah pertama. Besok, dimanapun Guru berada, lakukan perubahan kecil di kelas Anda. Ajaklah kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar. Berikan kesempatan murid untuk mengajar di kelas. Cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas. Temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri. Tawarkan bantuan kepada Guru yang sedang mengalami kesulitan. Apapun perubahan kecil itu, jika setiap Guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak” tambahnya.

Usai menyampaikan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Bupati menambahkan beberapa hal, diantaranya kepada para Guru dan para siswa / siswi SMA N 1 Sidikalang.

“Guru bukan hanya sebagai Guru, tetapi Anda adalah tenaga pendidik masa depan, oleh karena itu, peran para Guru sangat penting untuk membentuk kekuatan bangsa kedepan. Bagi Siswa-Siswi SMA N 1 Sidikalang, saat ini untuk menjadi seorang Pemimpin, untuk menjadi seorang individu yang berkarya bagi bangsa telah dibuka dan dimulai”,  Ujar Bupati.

Presiden telah mengunjuk kaum millennial untuk membantu menyelesaikan segala tugas yang diemban demi mewujudkan Indonesia Maju. Ini menunjukkan bahwa saat ini, Indonesia telah mengalami perubahan yang cukup besar, tetapi yang pasti anda akan lebih cepat untuk bisa menunjukkan kontribusi anda kepada Bangsa Indonesia. Bagi Pelajar harus bersiap untuk menjadi pemimpin.  Untuk menjadi seorang pemimpin di masa yang akan datang, membutuhkan skil set baru, dan ini terjadi bukan hanya di Indonesia, bahkan terjadi di seluruh Dunia saat ini yang ingin kita teguhkan bagi anak-anak didik, yaitu adalah meta skill. Skill yang sangat penting dan dibutuhkan untuk memastikan Bangsa Indonesia tetap ada dimasa depan. Yaitu skill yang mampu untuk memimpin dalam kondisi apapun, yang sudah pasti perubahan akan datang terus – menerus ujar Bupati mengakhiri sambutannya.

Reporter : Patar Sinamo

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Berita Terkait
Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku Gelar Sholat Idul Adha dan Sembelih Hewan Kurban

Harsusilawati

18 Jun 2024

Post Views: 3 Pirnas.com |  Batu Bara – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Labuhan Ruku melaksanakan sholat Idul Adha berjamaah pada hari ini, diikuti oleh seluruh warga binaan dan petugas Lapas Labuhan Ruku, Senin ( 17/06/2024) Suasana penuh khidmat dan kebersamaan terpancar di area lapangan blok hunian yang telah disulap menjadi tempat pelaksanaan sholat ied. Untuk …

Kapolri Beri Dua Anggotanya Pin Emas Atas Prestasi Saat Pendidikan di UEA

Harsusilawati

18 Jun 2024

Post Views: 7   Pirnas.com | Jakarta – Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Irjen. Pol. Dedi Prasetyo akan memberikan penghargaan kepada dua anggota Polri yang karya ilmiahnya diterbitkan oleh Rochester Institute of Technology Dubai. Kedua anggota tersebut adalah personel Divpropam Polri Iptu I Putu Novi Candra Kurniawan, Dipl.PIL., S.Tr.K., S.l.K., dan personel …

Plt. Bupati Labuhanbatu Sembelih Empat Ekor Sapi Kurban

Hidayat Chan

17 Jun 2024

Post Views: 3   Pirnas.com Labuhanbatu– Pelaksana tugas Bupati Labuhanbatu Hj.Eliya Rosa Siregar S.Pd. MM, menyembelih 4 ekor sapi kurban pada hari Raya Idul Adha 1445 H, penyembelihan di lakukan di rumah Dinas Wakil Bupati Labuhanbatu jalan Pramuka Rantauprapat, Kelurahan Padang Matinggi, Kecamatan Rantau Utara Senin 17/6/2024. Empat ekor sapi kurban dimaksud disembelih dan di …

Respon Cepat Pemkab Labuhanbatu Terhadap Nazril Bocah Penderita Tumor 

Hidayat Chan

16 Jun 2024

Post Views: 8     Pirnas.com|Labuhanbatu– Menyebarnya informasi terhadap kondisi keluarga Nazril (13) bocah dengan penderita tumor thorak yang beralamat di jl Simpang Mangga Bawah Kota Rantauprapat Kecamatan Rantau Selatan membuat Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melalui Dinas Kesehatan Labuhanbatu cepat ambil tindakan. Sebelumnya, Kamis 13/6/2024, Plt Kadis Kesehatan Friska E.Simanjuntak,SKM,MKM, didampingi Kabid P2P Rahmat Hsb,SKM, dr.Ibnu …

Ada Apa Dengan Kadis Perhubungan Labura, Penganti Pj.Batu Bara..?????

Harsusilawati

16 Jun 2024

Post Views: 13       Pirnas.com | Batu Bara – Isu pergantian Pj Bupati Batubara Nizhamul, SE, MM kepada H. Heri Wahyu Marpaung, S.STP, M.AP tidak habis-habisnya menjadi perbincangan Publik Kabupaten Batu Bara, Sabtu (15/06/2024). Namun ada hal yang menarik terkait rekam jejak calon Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara itu, terkait pernah beliau menjadi …

Apresiasi Untuk Kejaksaan Negeri Brebes Telah Berhasil Mengungkap Kasus Penyimpangan Pajak Bumi dan Bangunan(PBB)

Harsusilawati

15 Jun 2024

Post Views: 20   Pirnas.com | Brebes Jateng – Dikutif dari pemberitaan beberapa media online, ternyata Kejaksaan Negeri Brebes behasil melakukan penegakan hukum terhadap para oknum pelaku penyalagunaan uang pungutan pajak yang menimbulkan kerugian negara sebesar Rp.238.848.621, Pelaku inisal S Kepala Dusun (Kadus) IV Anggota KOPAK Desa Sitanggal Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes, sudah di tetapkan …