banner 728x250
Daerah  

BUDIDAYA IKAN DALAM KERAMBAH DI SUNGAI AEK KUASAN WARGA PETERNAK MINTA SEGENAP PIHAK TIDAK CEMARI SUNGAI

PIRNAS.ORG & PIRNAS.COM | ASAHAN – Warga masyarakat lingkungan VI Kelurahan Aek Loba Pekan yang tergabung dalam wadah Pokmasdalhi (Kelompok Masyarakat Memberdayakan Lingkungan Hidup) melakukan terobosan dengan memamfaatkan hamparan sungai Aek Kuasan sebagai lokasi Budidaya ikan dalam kerambah.

Menurut Siswanto selaku Ketua Pokmasdalhi bahwa terobosan berupa usaha budidaya ikan dalam kerambah dengan memamfaatkan sepanjang hamparan sungai Aek Kuasan telah dimulai awal September lalu. Saat itu, jenis ikan yang dibudidayakan berupa ikan Lele namun mengalami kegagalan
karena lingkungan sungai Aek Kuasan tercemar oleh limbah sebuah Perusahaan akibatnya ikan mati semua.

Click following link

Keyword dan Negara dengan CPC Tertinggi 2022-2023

“Bulan September lalu telah kita mulai dengan empat kerambah ikan Lele, namun mati semua akibat tercemarnya sungai”, ujar Siswanto.

Setelah berkomunikasi dengan Pihak Perusahaan tersebut, lanjut Siswanto bahwa aliran sungai Aek Kuasan di lingkungan VI Kelurahan Aek Loba Pekan kini telah dimanfaatkan oleh warga sebagai tempat usaha budidaya ikan dan direspon positif oleh pihak Perusahaan  tersebut.

“Untuk tahap kedua ini, kami membudidayakan jenis ikan Nila yang masing-masing setiap kerambah sebanyak 750 ekor dan ada sebanyak empat kerambah yang telah diturunkan. Dan nantinya beberapa hari kedepan ada dua kerambah lagi dan sebanyak mungkin akan mereka turunkan di sungai Aek Kuasan ini. Sementara masa panen diperkirakan selama empat atau lima bulan dan kemungkinan habis puasa pada tahun depan telah bisa dipanen”, ucapnya.

Melatarbelakangi dirinya tertarik dengan kegiatan budidaya ikan, saat dia berada di daerah Jambi dengan melihat-lihat usaha budidaya ikan yang ditekuni sejumlah temannya dan mereka menyarankan agar memanfaatkan sungai yang ada di daerahnya untuk usaha budidaya ikan.

Selanjutnya, Siswanto melirik potensi alam sungai Aek Kuasan bersama warga masyarakat khususnya kalangan anak muda. Melalui wadah yang mereka bentuk yakni Pokmasdalhi potensi alam dari sungai Aek Kuasan pun mereka benahi dan tata kondisi lingkungannya sebagai lokasi Budidaya ikan.

“Usaha Budidaya ikan disamping potensi ekonominya, dan paling utama memberdayakan potensi anak muda di daerah ini agar lebih kreatif dan nantinya bisa hidup mandiri”, harap Siswanto kepada Pirnas dan Wartawan, Rabu (04/12/2019) di lokasi Budidaya ikan Lingkungan VI Kelurahan Aek Loba Pekan Kecamatan Aek Kuasan Kabupaten Asahan.

Dalam kesempatan ini, Pria usia (43) ini yang nemiliki istri bernama Elvita Yustiani mengharapkan dukungan segenap pihak terhadap usaha budidaya ikan yang dikelola oleh warga yang tergabung dalam wadah Pokmasdalhi terutama berpartisipasi dalam menjaga kelestarian kondisi alam sungai Aek Kuasan.

“Kami berharap segenap pihak baik warga masyarakat demikian dengan unsur Pemerintah maupun unsur Perusahaan agar ikut menjaga kelestarian sungai Aek Kuasan”, ujarnya sembari mengharapkan lokasi sungai Aek Kuasan ini nanti juga bisa menjadi lokasi wisata alam bagi warga masyarakat.

Sebelumnya, dihari itu juga Siswanto selaku Ketua Pokmasdalhi meresmikan warung makanan miliknya yang diberi nama Cafe Al-Razaak tepat berada di sisi aliran sungai Aek Kuasan yang dihadiri Lurah Kelurahan Aek Loba Pekan M Rashid Zendrato. Pantauan Pirnas, setelah lingkungan alam sungai Aek Kuasan dibenahi, tampak warga masyarakat ramai berkunjung dan sejumlah anak bermain-main menikmati segarnya air sungai.

(MT)