Home » Artikel » Keteladan di Sekolah Dimulai dari Kepala Sekolah

Keteladan di Sekolah Dimulai dari Kepala Sekolah

Pirnas.com 11 Des 2019

PIRNAS.ORG & PIRNAS.COM | ARTIKEL –ย Jika ingin semua siswa melakukan hal-hal positif di sekolah maka mulai Kepala sekolah hingga seluruh guru harus secara konsisten menjadi teladan. Ucapannya wajib sama dengan perbuatan. Dengan begitu para anak didiknya akan meneladaninya.

Demikian penegasan saya ke Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 1 Semarang Budiyono Selasa tadi pagi (10/12/2019). Begitu mendarat di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang dari Bandung saya langsung ke sekolah itu.

Kepala sekolahnyaย  Endang Suyatmi mengundang saya untuk sharing Komunikasi dan Motivasi dua sesi dengan para siswa dan guru. Acaranya diagendakan Rabu depan (18/12/2019).

Sesi pertama adalah acara Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang rencananya diikuti sebanyak 117 siswa. Mereka terdiri dari pengurus OSIS (45 orang) dan Majelis Perwakilan Kelas (72 orang).

Sedangkan sesi kedua khusus guru dan para pegawai di sekolah tersebut. Jumlahnya termasuk Kepala sekolah sebanyak 105 orang.

 

Memenuhi Undangan, Apresiasi Cendra Santosa dan Istrinya Anna Santosa

Saya memenuhi undangan itu sebagai apresiasi pada teman akrab saya, Cendra Santosa dan istrinya Anna Santosa. Putri bungsu mereka Ivana Santosa yang merupakan atlit berkuda yang telah juara di tingkat internasional sekolah di SMAN 1 Semarang.

Anna yang menginformasikan tentang saya ke Endang. Menurutnya pihak SMAN 1 Semarang perlu mengundang saya untuk menyemangati para siswa dan guru-gurunya.

Begitu Budi kontak saya untuk menyampaikan undangan, saya dengan antusias memenuhinya. Apalagi sekolah tersebut termasuk SMAN unggulan dan favorit di Semarang.

Budi panggilan akrab Budiyono menceritakan pengalamannya sekitar 2 tahun mengurusi siswa. Untuk meningkatkan kedisiplinan para siswa, beliau membuat Buku Tata Tertib Peserta Didik SMAN 1 Semarang. Telah mengalami sekali revisi.

Di buku itu memuat secara detil tentang ketentuan yg harus dilaksanakan siswa dan nilainya jika melanggar. Seluruhnya ada 61 halaman.

Saya mempelajari sekilas buku saku tersebut. Kemudian kembali menegaskan ke Budi bahwa untuk menegakkan aturan di sekolah, keteladan dari Kepala Sekolah dan semua guru adalah hal yang utama. Tidak bisa ditawar-tawar. Itu harus konsisten dilaksanakan.

Sedangkan siswa kecenderungannya mencontoh yang dilakukan Kepala Sekolah dan para turunnya. Itu seperti yang terjadi di rumah antara orang tua dan anak-anaknya.

 

Hukuman Tegas Sebagai Efek Jera

Agar aturan yg ada tetap dihormati dan para siswa taat melaksanakannya maka anak didik yg melanggar – sekecil apapun pelanggarannya – harus diberi sanksi, minimal peringatan lisan. Kalau ada yg melakukan pelanggaran berat diberi hukuman tegas. Ini sekaligus sebagai efek jera buat siswa lainnya.

Budi yg sehari2 mengajar Bahasa Inggris dengan serius menyimak semua yg saya sampaikan. Beliau sependapat dengan saya dan akan melaksanakan seluruh saran saya.

Saya tegaskan bahwa kunci dari keberhasilan menerapkan Tata Tertib pada anak didik adalah kelancaran Komunikasi semua pihak di sekolah dan orang tua murid. Semuanya harus saling menghargai sesuai dengan kapasitas masing2.

“Bagus sekali semua yg Pak Aqua sampaikan. Insya ALLAH saya melaksanakannya,” kata Budi dengan penuh semangat.

Bersama Budi, saya tadi menemui Endang di ruang kerjanya. Beliau senang dengan rencana sharing Komunikasi dan Motivasi yg akan saya berikan. Sangat berharap kehadiran saya di sekolah itu dapat membawa perubahan perilaku dan tutur kata yg signifikan pada para siswa dan guru.

“Terima kasih yg sebesar2nya karena di sela2 jadwal Bapak yg sangat padat, Pak Aqua menyempatkan waktu untuk sharing Komunikasi dan Motivasi di SMAN 1 Semarang. Kehadiran Bapak merupakan suatu kehormatan buat kami,” ungkap Endang yg memimpin sekitar 100 guru dan 1.200 siswa.

>>Saat transit di Jakarta dari Bandung, Semarang, Salatiga, dan Yogyakarta untuk menuju Ambon bersama Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo pada malam ini, saya ucapkan selamat mewujudkan keteladan di manapun berada. Salam hormat buat keluarga. 18.00 10122019๐Ÿ˜ƒ<<<

(DRL)

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Berita Terkait
Kapolda Resmikan Rumah Doa ‘Wicaksana Laghawa’ Polres Tomohon

Harsusilawati

16 Jul 2024

Post Views: 21 PIRNAS.COM | MANADO, Humas Polda Sulut – Kapolda Sulut Irjen Pol Yudhiawan meresmikan Rumah Doa ‘Wicaksana Laghawa’ Polres Tomohon, Selasa (16/7/2024). Peresmian diawali dengan ibadah syukur yang dipimpin oleh Ketua Sinode GMIM Pdt. Hein Arina, dihadiri oleh sejumlah PJU Polda, Forkopimda Kota Tomohon, personel Polres Tomohon dan Bhayangkari. Kapolres Tomohon AKBP Lerry …

Ari Wibowo, SH. Akhirnya Menyelesaikan Studi S2-nya di Fakultas Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara

Ades

11 Jul 2024

Post Views: 46 Pirnas.com | Medan – Ditengah kesibukanya sebagai Ketua Fraksi Gerindra DPRD Provinsi Sumatera Utara, Ari Wibowo, SH akhirnya menyelesaikan studi S2-nya di Fakultas Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara. Dalam hal tersebut ujian tesis dilakukan via zoom di kantor fraksi partai Gerindra DPRD Provinsi Sumatera Utara. Ari Wibowo, SH dicecar banyak pertanyaan oleh …

Melahirkan Sosok Seperti Jendral Sutanto Yang Ia Lakukan Saat Ini Membutuhkan Pemimpin Seperti Dia AKBP Eko Hartanto Sik MH

Harsusilawati

25 Jun 2024

Post Views: 93 Pirnas.com | Medan – AKBP Eko Hartanto Sik.MH merupakan Sosok Seperti Jendral Sutanto Masih banyak anggota polri memiliki jiwa tegas dan dalam melaksanakan Tugasnya Sebagai Mantan Kasat Lantas Asahan Di Tahun 2000 ini Masi beliau Berpangkat AKP yang berdinas di polres kabupaten Asahan semua tindakan tindakan dan Rawat apa pun melalui Selesaikan …

Hikmah Puasa Hari Ke 7, Rahasia Dibalik Susah dan Senang

Pirnas.com

29 Mar 2023

Post Views: 168 Hikmah Puasa Hari Ke 7, Rahasia Dibalik Susah dan Senang Oleh : Dr. Supardi, SH., MH., Kepala Kejaksaan Tinggi Riau, Als. Rd Mahmud Sirnadirasa ุจูุณู’ู…ูู ุงู„ู„ู‘ูููฐ ุงู„ุฑูŽู‘ุญู’ู…ูฐู†ูู ุงู„ุฑูŽู‘ุญููŠู’ู…ูู ูˆูŽุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽูŽุฉู ูˆูŽุงู„ุณูŽู‘ู„ูŽูŽ ู…ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ุญูŽู…ูŽู‘ ุฏู ูˆูŽุงูฐู„ูู‡ูู ู…ูŽุนููŽ ุงู„ุชูŽู‘ุณู’ู„ููŠู’ู…ูู ูˆูŽุจูู‡ูู ู†ูŽุณู’ุชูŽุนููŠู’ ู†ู ููู‰ ุชูŽุญู’ุตููŠู’ู„ูู ุงู„ู’ุนูู†ูŽุงูŠูŽุฉูู ุงู„ู’ุนูŽุขู…ูŽู‘ุฉูู ูˆูŽุงู„ู’ู‡ูุฏูŽุงูŠูŽุฉูู ุงู„ุชูŽู‘ุขู…ูŽู‘ุฉูุŒ ุขู…ููŠู’ู†ููŽ ูŠูŽุง ุฑูŽุจููŽู‘ ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู’ู†ููŽ Bismillรฃhirrahmรฃnirrahรฎm Was …

Hati Nurani dan Humanitas, Keadialan Substantif Penegakan Hukum Kejaksaan

Pirnas.com

27 Feb 2023

Post Views: 316 PIRNAS.COM | Jaksa Agung ST Burhanuddin menyatakan danya perubahan paradigma penegakan hukum dari formalistik kepada keadilan hukum substantif.Pelaksanaan kekuasaan Negara di bidang penuntutan, Kejaksaan berwenang untuk dapat menentukan suatu perkara dilimpahkan ke pengadilan dan memiliki arti penting dalam menyeimbangkan antara aturan yang berlaku serta interpretasi yang bertumpu pada tujuan atau asas kemanfaatan …

Cara Cara Cek Nama Penerima BLT BBM 2022

Pirnas.com

07 Sep 2022

Post Views: 623 Cara Cek Nama Penerima BLT BBM 2022 – BLT BBM dibagikan secara langsung oleh Kemensos kepada masyarakat yang memenuhi syarat sebagai penerima mulai 1 September 2022. Pemerintah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) sebagai salah satu bentuk pengalihan subsidi BBM. Besaran dana yang disalurkan pemerintah untuk program BLT BBM …

Kategori Terpopuler