Home » Daerah » Pemkab Labura Melalui Dinas Pertanian Buat Kesepakatan Kerjasama Dengan Kodim 0209 Labuhan Batu

Pemkab Labura Melalui Dinas Pertanian Buat Kesepakatan Kerjasama Dengan Kodim 0209 Labuhan Batu

Harsusilawati 21 Jun 2024

 

Pirnas.com | Labura – Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara melalui Dinas Pertanian Labuhanbatu Utara telah melaksanakan Kesepakatan Kerjasama Dengan Kodim 0209 Labuhan Batu pada hari Kamis 20 Juni 2024 di Kantor Dinas Pertanian Labuhanbatu Utara.

Telah diketahui sebelumnya pemerintah pusat pada Tahun Anggaran 2024 telah mengalokasikan anggaran kegiatan Optimasi Lahan Dalam Rangka Peningkatan Pemanfaatan Lahan Rawa yang pengerjaannya dilaksanakan melalui pola bantuan pemerintah (Banpem).

Adapun Maksud Kegiatan tersebut adalah untuk mengoptimalkan pemanfaatan sawah di lahan rawa melalui perbaikan infrastruktur guna meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) dan/atau produktivitas padi sawah di lahan rawa.

Optimasi Lahan Rawa merupakan kegiatan yang dilakukan dalam rangka meningkatkan pemanfaatan lahan sawah pada lahan rawa dengan fokus kegiatan penyiapan lahan dan pembangunan atau rehabilitasi konstruksi yang dapat menata air yang dibutuhkan untuk memfasilitasi kegiatan pertanaman di lahan rawa.

 

Maka dalam hal menindaklanjuti Kesepakatan Kerjasama antara Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara dengan Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan. Menindaklanjuti hal tersebut Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara melalui Dinas Pertanian melaksanakan Kesepakatan Kerjasama dengan Kodim 0209 LB sebagai Pelaksanaan kegiatan ini dengan Swakelola Tipe II.

Adapun tahapan kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan Peraturan perundang-undangan yang berlaku terkait Pengadaan Barang/Jasa dan tentang Swakelola Optimasi Lahan Dalam Peningkatan Peningkatan Pemanfaatan Lahan Rawa merupakan kegiatan yang difokuskan pada kegiatan antara lain:

1. Pembangunan dan/atau rehabilitasi tanggul.

2. Rehabilitasi dan/atau pembangunan pintu air.

3. Rehabilitasi dan/atau pembangunan saluran air irigasi dan saluran pembuang (drainase) ditingkat usaha tani.

4. Membangunan unit pompa air dan perlengkapannya disesuaikan kebutuhan lapangan. Pompa yang digunakan harus telah memiliki Standar Nasiona; Indonesia (SNI) atau Persyaratan Teknis Minimal (PTM).

5. Pembangunan/rehabilitasi jembatan usaha tani.

6. Kegiatan lainnya yang dibutuhkan untuk meningkatkan pemanfaatan rawa sesuai kebutuhan spesifik lokasi untuk kebutuhan tata kelola air.

Penandatangan kesepakatan Kerjasama dengan Kodim 0209 LB dan Dinas Pertanian yang langsung ditandatangani oleh Kepala Dinas Pertanian Labuhanbatu Utara drh. Sudarija dan Dandim 0209/LB Letkol Inf. Yudy Ardiyan Saputro, S.IP.

Adapun luas lahan yang kerjasamakan seluas 6.056 Hektar.

Drh. Sudarija Kepala Dinas Pertanian Labuhanbatu Utara pada media ini menyampaikan, “Sasaran Kegiatan ini tujuannya agar terlaksananya kegiatan konstruksi pada lokasi pertanian lahan rawa yang dapat ditingkatkan Indeks Pertanaman (IP) dan/atau produktivitasnya”. Ucapnya.

Hadir pada acara tersebut, Dandim 0209/LB Letkol Inf. Yudy Ardiyan Saputro, S.IP dan Rombongan, drh. Sudarija yang didampingi oleh Kabid Sarpras dan stafnya.

( Tim )

 

 

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Berita Terkait
Performance Seni Budaya Pakpak Mampu Curi Perhatian Seluruh Undangan Rakernas APKASI

Harsusilawati

13 Jul 2024

Post Views: 13 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Performance Seni Budaya Pakpak Bharat dari Sanggar Tari Mitha Prana Chasea Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) ke-XVI, APKASI Otonomi Expo (AEO), dan APKASI Procurement Network tahun 2024 mampu mencuri perhatian segenap perhatian para undangan yang hadir di Jakarta Convention Center ini. Tampil …

Bupati Pakpak Bharat Apresiasi Hasil Capaian Kontingen Perlombaan DiAjang PopProvsu

Harsusilawati

12 Jul 2024

Post Views: 18 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor mengapresiasi capaian Kontingen Pakpak Bharat pada ajang Pekan Olah Raga Pelajar Provinsi Sumatera Utara (Popprovsu) Tahun 2024 beberapa waktu lalu. Hal ini dia sampaikan langsung saat menerima audensi Kontingen Pakpak Bharat di Aula Rumah Candu, Kompleks Rumah Dinas Bupati Pakpak Bharat …

Polsek Kampung Rakyat Gelar Patroli KRYD Antisipasi Geng Motor Dan Kejahatan Jalanan

Harsusilawati

12 Jul 2024

Post Views: 20 Pirnas.com | Kampung Rakyat – Dalam rangka mengantisipasi kejahatan geng motor, begal, dan kejahatan jalanan lainnya, Polsek Kampung Rakyat Polres Labuhanbatu Selatan melaksanakan patroli Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) diwilayah hukum Polsek Kampung Rakyat, Kamis (11/7/2024) sekira pukul 21.00 wib sampai dengan selesai. Personel yang melaksanakan patroli adalah AIPTU Mariono, AIPDA Febrizal …

Bupati Pakpak Bharat Bagikan Bansos Kepada Anak Yatim Dan Bumil

Harsusilawati

12 Jul 2024

Post Views: 16 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Bupati Pakpak Bhatrat, Franc Bernhard Tumanggor membagikan Bantuan Sosial kepada Anak Terlantar, Yatim Piatu, Ibu Hamil, Ibu Menyusui dan Anak dibawah Usia Tiga Tahun se kabupaten Pakpak Bharat Acara bertempat di Kantor Dinas Sosial Pakpak Bharat jumat tgl 12/07/2024. dihadiri Wakil Bupati Pakpak Bharat, H Mutsyuhito Solin, …

Dinas Perkebunan Dan Peternakan Provsu Kunjungi Petani Kopi Pakpak Bharat

Harsusilawati

12 Jul 2024

Post Views: 20 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Tim Dari Dinas Perkebunan & Peternakan Provinsi Sumatera Utara, Rita Harahap dan Boy mengunjungi Kabupaten Pakpak Bharat guna melakukan monitoring distribusi bantuan benih kopi dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara. “Kita patut berbangga dan terimakasih dengan perhatian dari Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Perkebunan dan …

Tujuh Orang Pelajar Terbaik Dikabupaten Pakpak Bharat Tembus Sekolah Unggulan

Harsusilawati

12 Jul 2024

Post Views: 22   Pirnas.com | Pakpak Bharat – Tujuh Pelajar terbaik diKabupaten Pakpak Bharat berhasil menembusi beberapa Sekolah Menengah Atas Unggulan di Sumatera Utara. Hal itu disampaiakan langsung oleh Plt. Kepala Dinas Pemdidikan Pakpak Bharat, Augusman Harapan Padang, ST, M.Si, diruang kerjanya Kamis tgl 11/07/2024 Kitta patut bersyukur kepada TYME dan apresiasi yang sr …

Kategori Terpopuler