Home » Daerah » Pangdam IV/Diponegoro berkomitmen penuh dukung Program Ketahanan Pangan Nasional

Pangdam IV/Diponegoro berkomitmen penuh dukung Program Ketahanan Pangan Nasional

Harsusilawati 23 Jun 2024

 

Pirnas.com | Kendal – Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Deddy Suryadi S.I.P., M. Si., terjun ke lapangan memimpin Panen Raya bersama Rakyat Komoditas tanaman Jagung di Lahan TNI AD yang berlokasi di Desa Sidokumpul, Kecamatan Patekan, Kabupaten Kendal, pada Sabtu (22/6/2024).

Dengan menggandeng para Petani di sekitar lahan serta menggerakkan prajurit Kodim 0715/Kendal, Kodam IV/Diponegoro telah berhasil mengoptimalkan tanah seluas 243 hektar menjadi lahan produktif untuk komoditas tanaman Jagung.
Lahan perkebunan tersebut dikelola oleh Yayasan Rumpun Diponegoro yang juga dimiliki oleh Kodam IV/Diponegoro.

Pangdam IV/Diponegoro berkomitmen penuh dan memberikan arahan khusus kepada seluruh satuan di jajarannya guna merubah Lahan tidur milik TNI AD menjadi lahan produktif penghasil pangan demi tetap tersedianya bahan makanan pokok bagi masyarakat dalam rangka mendukung penuh Program Ketahanan Pangan Nasional.

Dalam sambutannya, Pangdam menyampaikan tentang perbandingan perkembangan jumlah penduduk yang semakin bertambah dengan cepat dihadapkan dengan kebutuhan bahan makanan pokok yang pasti bertambah, oleh sebab itu dibutuhkan segala daya dan upaya agar dapat menjamin ketersediaan stok pangan nasional.

Upaya Kodam IV/Diponegoro dalam menggenjot produksi pangan di wilayah Teritorialnya telah dilakukan mulai dari perbaikan sistem pengairan dengan program Pompanisasi secara terkoordinasi dengan Kemeterian Pertanian RI, penyuluhan pertanian bekerjasama dengan OPD Terkait, pendampingan distribusi pupuk, pengelolaan hasil panen, hingga pengawasan dan evaluasi berjenjang dari Staf Kodam.

Pangdam juga menyampaikan bahwa pada Panen Raya jagung kali ini diperkirakan mencapai hasil 1.500 Ton.

“Saya yakin kalau kita bisa lebih fokus dan bekerja lebih keras maka hasilnya akan lebih banyak lagi. Tentunya dengan berbagai cara mulai dari pemilihan bibit sampai nanti saat tahap perawatan,” ungkap Pangdam.

Mengakhiri sambutannya, Pangdam berharap Dukuh Pablengan Desa Sidokumpul akan menjadi kawasan yang memiliki ciri khas sebagai Desa penghasil Jagung.

Bupati Kendal Dico M. Ganinduto, B. Sc., menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kodam IV/Diponegoro atas kolaborasi dan sinerginya dalam mendukung program ketahanan pangan di Kabupaten Kendal.

“Terima kasih kepada Pangdam IV/Diponegoro atas kolaborasi terkait dengan program ketahanan pangan di daerah kami, harapannya sinergitas ini bisa terus kita tingkatkan,” ujarnya.

Ditambahkan bahwa Pemkab Kendal akan terus mendukung upaya peningkatan hasil pertanian di wilayahnya.

Sementara itu dari Yayasan Rumpun Diponegoro melalui Komisaris PT. RSA Bapak Muhammad Mustaqin turut menyampaikan komitmen perusahaan untuk mendukung program Ketahanan Pangan Nasional dan peningkatkan kesejahteraan petani.

“Kami dari PT. Rumpun Sari Antan selaku kepanjangan tangan Yayasan Rumpun Diponegoro bersama dengan 320 mitra petani binaan Kodam IV Diponegoro siap mendukung penuh seluruh kebijakan Pangdam IV/Diponegoro,
Hingga saat ini produksi pertanian di Pablengan kurang lebih 7 sampai 8 Ton per hektare dan apabila Instruksi dan arahan dari Bapak Pangdam tadi dijalankan, Insha Allah pada saat musim tanam berikutnya kita akan bisa mencapai 10 hingga 12 Ton Jagung per hektar.

Acara Panen Raya Jagung tersebut turut dihadiri oleh Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Budi Irawan, S.I.P., M.Si., Kapok Sahli Pangdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Bambang Sujarwo, S.H., M.Sos., M.M., para Asisten Kasdam, para Kabalakdam IV/Diponegoro, Bupati Kendal beserta jajaran Forkopimda dan OPD Terkait, Dirut Bank Jateng dan BRI, Ketua Yayasan Rumpun Diponegoro dan Ketua Persit KCK Daerah IV/Diponegoro beserta pengurus serta seluruh Warga masyarakat di sekitar lahan perkebunan. (Pendam IV/Diponegoro).
23/06/2024.

(MI)

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Berita Terkait
Performance Seni Budaya Pakpak Mampu Curi Perhatian Seluruh Undangan Rakernas APKASI

Harsusilawati

13 Jul 2024

Post Views: 13 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Performance Seni Budaya Pakpak Bharat dari Sanggar Tari Mitha Prana Chasea Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) ke-XVI, APKASI Otonomi Expo (AEO), dan APKASI Procurement Network tahun 2024 mampu mencuri perhatian segenap perhatian para undangan yang hadir di Jakarta Convention Center ini. Tampil …

Bupati Pakpak Bharat Apresiasi Hasil Capaian Kontingen Perlombaan DiAjang PopProvsu

Harsusilawati

12 Jul 2024

Post Views: 18 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor mengapresiasi capaian Kontingen Pakpak Bharat pada ajang Pekan Olah Raga Pelajar Provinsi Sumatera Utara (Popprovsu) Tahun 2024 beberapa waktu lalu. Hal ini dia sampaikan langsung saat menerima audensi Kontingen Pakpak Bharat di Aula Rumah Candu, Kompleks Rumah Dinas Bupati Pakpak Bharat …

Polsek Kampung Rakyat Gelar Patroli KRYD Antisipasi Geng Motor Dan Kejahatan Jalanan

Harsusilawati

12 Jul 2024

Post Views: 20 Pirnas.com | Kampung Rakyat – Dalam rangka mengantisipasi kejahatan geng motor, begal, dan kejahatan jalanan lainnya, Polsek Kampung Rakyat Polres Labuhanbatu Selatan melaksanakan patroli Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) diwilayah hukum Polsek Kampung Rakyat, Kamis (11/7/2024) sekira pukul 21.00 wib sampai dengan selesai. Personel yang melaksanakan patroli adalah AIPTU Mariono, AIPDA Febrizal …

Bupati Pakpak Bharat Bagikan Bansos Kepada Anak Yatim Dan Bumil

Harsusilawati

12 Jul 2024

Post Views: 16 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Bupati Pakpak Bhatrat, Franc Bernhard Tumanggor membagikan Bantuan Sosial kepada Anak Terlantar, Yatim Piatu, Ibu Hamil, Ibu Menyusui dan Anak dibawah Usia Tiga Tahun se kabupaten Pakpak Bharat Acara bertempat di Kantor Dinas Sosial Pakpak Bharat jumat tgl 12/07/2024. dihadiri Wakil Bupati Pakpak Bharat, H Mutsyuhito Solin, …

Dinas Perkebunan Dan Peternakan Provsu Kunjungi Petani Kopi Pakpak Bharat

Harsusilawati

12 Jul 2024

Post Views: 20 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Tim Dari Dinas Perkebunan & Peternakan Provinsi Sumatera Utara, Rita Harahap dan Boy mengunjungi Kabupaten Pakpak Bharat guna melakukan monitoring distribusi bantuan benih kopi dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara. “Kita patut berbangga dan terimakasih dengan perhatian dari Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Perkebunan dan …

Tujuh Orang Pelajar Terbaik Dikabupaten Pakpak Bharat Tembus Sekolah Unggulan

Harsusilawati

12 Jul 2024

Post Views: 22   Pirnas.com | Pakpak Bharat – Tujuh Pelajar terbaik diKabupaten Pakpak Bharat berhasil menembusi beberapa Sekolah Menengah Atas Unggulan di Sumatera Utara. Hal itu disampaiakan langsung oleh Plt. Kepala Dinas Pemdidikan Pakpak Bharat, Augusman Harapan Padang, ST, M.Si, diruang kerjanya Kamis tgl 11/07/2024 Kitta patut bersyukur kepada TYME dan apresiasi yang sr …

Kategori Terpopuler