banner 728x250
Daerah  

Dandim 0301/Pekanbaru Kolonel Inf Edi Budiman Hadiri Acara Penguatan Kerukunan Umat Beragama

PIRNAS.ORG & PIRNAS.COM | PEKANBARU –  Babinsa Tangkerang Barat Peltu Elfi Wandri Koramil 05/Sail Kodim 0301/Pekanbaru, Senin (02/12/2019) Pukul 09.30 WIB laksanakan Acara Penguatan Kerukunan Umat Beragama dengan tema Upaya Memperkokoh Kerukunan Umat Beragama di Kota Pekanbaru menuju Kota Smart City Madani bertempat di Lantai 2 Gedung IKMI Prov. Riau Jl. Todak Gg.Udang Putih no.1 RT/02 ,RW/04 Kel.Tangkerang Barat Kec. Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru.

Kegiatan yang terlebih dahulu dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-QUR’AN oleh Drs. Taalim Prawira MA.

Click following link

Keyword dan Negara dengan CPC Tertinggi 2022-2023

Kegiatan ini yang dihadiri langsung oleh
*Bapak H. Ayat Cahyadi. Ssi (Wakil walikota Pekanbaru)
*Kol. Inf Edi Budiman (Dandim 0301/Pbr)
*Bpk Dr. H. Ismardi Ilyas, MA (Ketua FKUB Kota Pekanbaru).
*Bpk Prof. Dr Ilyas Husti. (Ketua MUI Kota Pekanbaru)
*Para Mubalig MUI Kota Pekanbaru.
serta tamu dan para undangan.

Dalam kesempatan ini Dandim  0301/Pbr dalam sambutanya memberikan Pemaparan tentang Pertahanan ada beberapa hal yang harus kita pahami.
“Seperti faktor Penghambat kerukunan umat beragama di antaranya
*Fanatik yang dangkal/Sempit.
*Sikap yang kurang bersahabat.
*Cara yang Agresif dalam berdakwah agama.
*Pendirian tempat ibadah tampa mengindahkan peraturan/ UU.
*Konsep Kerukunan Umat beragama.
*Konsisten memperkuat Imunitas bangsa melalui berbagai fungsi teritorial dan kegiatan menunggal dengan rakyat”, ucapnya dengan tegas.

Ketua MUI Kota Pekanbaru Prof. Dr. Ilyas Husti yang turut hadir mengatakan, mengapresiasi atas kegiatan ini yang dapat mengupayakan memperkokoh kerukunan antar umat beragama di Kota Pekanbaru menuju Smart City Madani.

“Menjadikan Potret Peta Kota Pekanbaru dan luas wilayah menjadi tantangan kita dalam mengawasi ajaran sesat dan perbedaan Mashab dalam Islam di Kota Pekanbaru.
Serta menjadi Tantangan bagi para mubalig dalam berdakwah guna mengajak umat berbuat baik/Pemahaman Agama yang benar dengan jumlah penduduk dan tempat ibadah yang ada”, ucapnya.

Wakil Walikota Pekanbaru H. Ayat Cahyadi Ssi juga memberikan apresiasi  dan selamat kepada Narasumber yang telah memaparkan upaya memperkokoh Kerukunan Umat beragama dan mohon maaf atas keterlambatan saya karena menghadiri acara hari Korpri.

Ayat juga menyampaikan tentang  sejarah latar belakang berdirinya Kota Pekanbaru yang berawal dari kesepakatan empat Sultan yang sampai sekarang sudah berkembang menjadi Kota Pekanbaru Smart city Madani.

“Konsep Smart City Madani di mulai dengan membangun Masjid Paripurna dan tempat ibadah lain di lanjutkan dengan membangun Pasar (ekonomi) dengan pertumbuhan Penduduk yang sangat tinggi di banding Kota lain. Dan Kerukunan Umat beragama harus kita jaga karena merupakan syarat untuk kita menjadi Kota yang maju, rencana thn 2020 akan kita mekarkan menjadi 15 Kecamatan,”tutupnya.

Dan kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan makan bersama dan ditutup dengan doa.

(Eko Saputra)