Home » Daerah » BPSK Bekerjasama dengan Dinas Perdagangan, Peternakan, Dinas Kesehatan dan Bulog Sidak Toko Daging

BPSK Bekerjasama dengan Dinas Perdagangan, Peternakan, Dinas Kesehatan dan Bulog Sidak Toko Daging

Pirnas.com 05 Des 2019

PIRNAS.ORG & PIRNAS.COM, LUBUKLINGGAU – Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Lubuklinggau menerima laporan dari konsumen bernama Lian setelah membeli daging kerbau beku di Toko Daging Indonesia seharga Rp. 90 ribu yang beralamat di Jalan Sudirman, Pasar Satelit, Kelurahan Ulak Surung pada 3 Desember 2019.

Setelah BPSK memeriksa sampel daging dalam kemasan 1 kg yang diserahkan oleh konsumen, Ketua BPSK Kota Lubuklinggau Nurussulhi Nawawi kemudian melaporkan pengaduan konsumen tersebut kepada Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disdagind) Surya Darma.

“Pasalnya, selain di duga ada pelanggaran yang dilakukan Pelaku Usaha merujuk Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999, BPSK juga memandang ada syarat perdagangan, jaminan mutu, jalur legal distribusi barang dan standar harga yang dilanggar dan menjadi kewenangan Tim Pengawasan Barang Beredar dan Daging dalam wilayah Kota Lubuklinggau,” kata Nurussulhi Nawawi.

Setelah mendapatkan laporan dari Ketua BPSK, Kadis Disdagind Surya Darma langsung sigap membuat surat tugas untuk melakukan inspeksi mendadak (sidak) dan koordinasi dengan Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, dan Bulog untuk mendatangi toko daging yang berada di samping kantor Pegadaian Pasar Satelit tersebut.

Hadir langsung ke lapangan, Kadis Disdagrin Surya Darma, Kadis Pertanian Dediyansyah, Dinas Kesehatan Indra Sonik, Kepala Bulog Vinaldo Fernandes dan perwakilan Polisi Pamong Praja Agumanti, sekretariat dan majelis BPSK serta puluhan Petugas Pasar terkait.

Pemilik Tidak Berada di Tempat

Dari hasil sidak di lapangan sekitar pukul 15.00 wib, pemilik toko dan karyawan semuanya berasal dari Jambi. Pandji Nugroho, karyawan toko yang bertanggung jawab mengatakan, pemilik tidak berada ditempat karena berada di Jambi, sehingga ia tidak menjelaskan secara detil dan rinci alur distribusi atau pasokan daging yang diperjualbelikan. Hanya saja diakui Pandji, daging kerbau dan sapi baik yang segar maupun yang beku, berasal dari Bulog yang berasal dari luar daerah melalui jalur Jambi.

Saat itu juga, Pandji Nugroho menyerahkan sampel daging kerbau beku seberat 3 kg melalui Disdagind untuk diuji formalin dan kandungan babi di Balai POM yang hasilnya akan diketahui pada Selasa, 10 Desember 2019.

Dari hasil sidak juga, tim pengawas menuangkan dalam berita acara yang isinya antara lain: daging segar dibawah harga pasar, daging beku disegarkan, roti tidak tidak boleh dicampur dengan daging dan jalur distribusinya tidak jelas.

Bahkan, Kadis Disdagind meminta kepada Pelaku Usaha untuk menghentikan kegiatan jual beli daging segar dan beku sampai semua syarat perdagangan dipenuhi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

BPSK Panggil Pelaku Usaha

Setelah melakukan sidak bersama dinas dan instansi terkait, BPSK Kota Lubuklinggau pun langsung menjadwalkan pra sidang dengan mengundang konsumen dan Pelaku Usaha untuk memberikan klarifikasi dan hak jawab terkait dengan rantai distribusi dan pasokan daging yang diperjualbelikan murah dibawah standar pasar dan Bulog.

“Harga daging sapi dan kerbau segar Rp. 90.000 dan daging beku Rp. 80.000. Sementara, harga di pasaran yang daging segar Rp. 110.000,” kata Nurussulhi.

Bulog sendiri yang ikut langsung pada saat sidak mengatakan, pihaknya mengakui daging yang diperjualbelikan oleh Toko Daging Indonesia bukan berasal dari Bulog Lubuklinggau.

Keputusan lebih lanjut akan dibahas oleh tim setelah adanya klarifikasi dari Pelaku Usaha kepada Disdagind selaku Ketua Tim Pengawasan.

(Reki Utama)

 

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Berita Terkait
LP Terkesan Diabaikan, Ketum PPWI Geruduk Ditreskrimum Polda Jabar

Harsusilawati

20 Jul 2024

Post Views: 5 Pirnas.com | Jakarta – Laporan Polisi (LP) terkait dugaan penyerobotan tanah dan pemalsuan dokumen yang dilaporkan anggota PPWI, Dasep Setiawan, pada tahun 2021 hingga kini masih jalan di tempat. Aparat kepolisian Polda Jawa Barat yang menerima LP tersebut terkesan mengabaikan laporan warga dari Desa Sukaresmi, Kecamatan Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung, itu. Selama …

Benar Dugaan Fiktif Dana Desa Pematang Seleng Tahun 2022 dan 2023 Rp 946 Juta 

Hidayat Chan

19 Jul 2024

Post Views: 16 Ket.photo:Peternakan sumber dana desa Pematang Seleng tahun 2024. Pirnas.com|Labuhanbatu– Nama saya Dio, penjaga ternak Kepala desa Pematang Seleng, demikian diucapkan Dio, 24 tahun, warga desa Pematang Seleng Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu, saat dikonfirmasi wartawan terkait pembelian ternak kambing yang menggunakan sumber dana desa Pematang Seleng, Jumat (19/07/2024) pukul 13.00 wib siang. …

Dr. Ebtanas Morina Padang, Plt Puskesmas Salak, Mengabdikan Diri Dikampung Kelahiran

Harsusilawati

19 Jul 2024

Post Views: 9 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Seorang perempuan berparas ayu menyambut setiap tamunya dengan tebaran senyum yang ramah penuh dengan kesejukan Namanya adalah dr. Ebtanas Morina Padang, Plt. Kepala UPT Puskesmas Salak yang telah bertugas di Puskesmas tersebut sejak 2023 kemarin. Satu jam saat berbincang bersama nya, perempuan kelahiran Singgabur Desa Silimakuta Kecamatan …

Kapolres Labusel Gelar Jumat Curhat Dan Bagi Bansos Di Desa Teluk Panji

Harsusilawati

19 Jul 2024

Post Views: 13 Pirnas.com | Labuhanbatu Selatan – Dalam rangka lebih mendekatkan diri dengan masyarakat di an mendengarkan keluhan mereka secara langsung, Kapolres Labuhanbatu Selatan AKBP Maringan Simanjuntak, S.H., M.H., mengadakan kegiatan “Jumat Curhat” sekaligus membagikan bantuan sosial kepada masyarakat di Dusun Setia Makmur Desa Teluk Panji Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Jumat (19/7/2024). …

Sekda Pimpin Senam Pagi Jumat Rutin Dilingkungan Pemkab Pakpak Bharat

Harsusilawati

19 Jul 2024

Post Views: 12 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Begini suasa Senam Sehat pagi ini, di Kompleks Perkantoran Panorama Indah Sindeka, Salak. Lajim setiap jumat pagi, segenap Aparatur di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melaksanakan Senam Sehat Bersama, guna menjaga kebugaran dan kekompakan. Jalan Berutu, S.Pd, MM, sekretaris Daerah Pakpak Bharat yang mewakili Bupati dalam pengarahan …

Direktur Pudam Tirta Bina Labuhanbatu di Lantik Plt. Bupat

Hidayat Chan

19 Jul 2024

Post Views: 131 Pirnas.com|Labuhanbatu– Pelaksana Tugas Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd., MM. melantik Direktur Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Bina Kabupaten Labuhanbatu masa jabatan 2024-2029 M. Lutfi, SH., MH. di Kantor Pudam Tirta Bina Labuhanbatu Jl. W. R. Supratman, Rantau Utara, Jumat (19/07/2024). Dalam arahannya, Plt. Bupati mengatakan bahwa Pudam Tirta Bina …

Kategori Terpopuler