banner 728x250

47 DESA DI ASAHAN MELAKSANAKAN PILKADES SERENTAK 2019

ASAHAN, PIRNAS | Masyarakat di Kabupaten Asahan akan disibukkan dengan suksesi politik sebelum jauh melangkah kepemilihan Bupati dan Wakil Bupati di pilkada serentak september 2020 mendatang, ada 47 desa di Kabupaten Asahan yang siap menggelar Pemilihan Kepala Desa (PILKADES) pada tanggal 18 Desember 2019 nanti.

Sebanyak 47 desa di 21 kecamatan se-Kabupaten Asahan akan melaksanakan pemilihan kepala desa yang tahapannya sudah dimulai saat ini.

Click following link

Keyword dan Negara dengan CPC Tertinggi 2022-2023

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Pemkab Asahan Syamsuddin, selaku penyelanggara pihaknya tengah menyelesaikan berkas administrasi dan pemutahiran validasi pemilih.

”Saat ini kita telah memasuki tahapan penelitian berkas administrasi Bakal Calon Kepala Desa yang telah dimulai sejak 20 Juli 2019 lalu. Tahapannya akan selesai setelah calon kepala desa terpilih dilantik pada bulan Februari 2020”, ujar Syamsuddin di sela rapat kordinasi Pilkades di Aula Dinas setempat, baru-baru ini.

Kemudian ia menambahkan, ada juga seleksi tambahan yang akan dilakukan, apabila bakal calon kepala desa berjumlah lebih dari 5 orang. Adapun kriteria dan bobot seleksi tambahan itu, diantaranya 30% dari pengalaman kerja, meliputi pernah menjabat sebagai kepala desa, PNS, TNI, POLRI, DPRD, skornya adalah 10 dan pernah menjabat sebagai pengurus BPD atau perengkat desa skornya 8 dan tidak pernah menjabat skornya 0. Kemudian 50% dari pendidikan, lulusan S2 atau S3 skornya 10, lulusan S1 atau Diploma IV skornya 9, lulusan Diploma III skornya 8, lulusan Diploma l atau Diploma ll skornya 7, lulusn SLTA atau Sederajat / paket C skornya 6 dan lulusan SLTP atau sederajat/paket B skornya 5, selanjutnya 20% bobot, usia 41-50 tahun skornya 10, usia 25-40 tahun skornya 9, dan usia 51 tahun ke atas skornya 8.

Pada kesempatan itu juga Sekertaris Daerah Asahan (SEKDA) Taufik ZA Siregar yang memimpin rapat tersebut menyampaikan kepada seluruh pihak yang terkait untuk dapat melaksanakan seluruh tahapan pilkades serentak Kabuaten Asahan tahun 2019 dengan aman dan tertib. Taufik juga meminta kepada camat supaya dapat menjaga pelaksanaan pilkades agar tetap kondusif khususnya kepada DPMD, taufik juga meminta agar menjalankan tahapan pilkades dengan baik dan benar.

“Ikuti aturan dan ketentuan yang ada, serta jaga kondusifitas daerah selama pelaksanaan setiap tahapan pilkades” ungkapnya. (Elvian Ar)