Home » Berita » Sapon Rialdy Diduga Selewengkan Dana Desa Sei Penggantungan Tahun 2023 

Sapon Rialdy Diduga Selewengkan Dana Desa Sei Penggantungan Tahun 2023 

Hidayat Chan 23 Jun 2024

 

 

Pirnas.com|Labuhanbatu -Sapon Rialdy non aktif sebagai pejabat Kepala desa Sei Penggantungan Kecamatan Panai Hilir Kabupaten Labuhanbatu terhitung pada tanggal 19 Pebruari 2024 kemarin, terindikasi dugaan Korupsi dana desa tahun anggaran 2023 dengan nilai sebesar Rp 306.210.0009-.

Mantan Kepala desa Sei Penggantungan periode tahun 2019 sampai dengan tahun 2024 itu, saat dikunjungi wartawan Labuhanbatu ketempat kediaman didesa Sei Penggantungan, Sapon Rialdy tidak berada dirumahnya.

“Bapak tidak ada di rumah, pergi keluar, tadi ada kawannya yang jemput ” ucap istri Sapon Rialdy saat ditanya oleh wartawan. Namun, ditempat kediaman mantan Kades Sei Penggantungan itu, terlihat ada mobil dan dua unit kendaraan roda dua yang kerap digunakan Sapon Rialdy saat bepergian keluar rumah., Sabtu (22/06/2024)

Menurut keterangan warga di desa Sei Penggantungan Kecamatan Panai Hilir kepada wartawan yang melakukan investigasi di desa Sei Penggantungan terkait dugaan korupsi dana desa tahun 2023 itu, Sabtu (22/06/2024) warga mengungkapkan, semasa Sapon Rialdy masih aktif menjabat Kepala desa Sei Penggantungan tahun 2023 membuat anggaran yang bersumber dari dana desa yaitu, 1, Pembangunan wisata alam dengan nama Wisata Embung Karya Tani. Dan, terlihat bangunan wisata alam dibangun diatas tanah pribadi persisnya dibelakang Kilang Padi milik Sapon Rialdy. Ironisnya, wisata alam itu sudah tidak berfungsi lagi akibat rusak serta tidak bermanfaat bagi warga desa Sei Penggantungan.

“Bangun wisata alam itu menyedot anggaran Rp 128.337.000, Namun tidak ada fungsinya buat warga, Karena, selama ini, kolam wisata alam yang dibangunnya itu untuk tempat main mainan keluarganya Sapon dan koleganya”,cetus warga setempat.

Masih menurut warga, bahwa ada pembangunan pengerasan jalan di dusun 1 Desa Sei Penggantungan yang juga terindikasi kuat diduga anggaran dikorupsi. Sebab, diduga fiktif.

“Ini jalan dusun 1 itu pak, lihat orang bapak, tidak ada pengerasan jalannya pak, kemana uang dana desa nya untuk jalan dusun 1 Rp 73.626.000, sesuai laporan dana desa tahun 2023 itu. Orang bapak yang bisa tanya itu, kami warga disini dianggap angin lalu oleh Sapon ungkap warga didusun 1 Sei Penggantungan.

Dan, pembangunan jembatan didepan kantor Kepala desa Sei Penggantungan sumber dana desa tahun 2023, dengan besar anggarannya Rp 104.247.000.

“Tidak logika jembatan sekecil itu dengan biaya anggarannya 104.247.000.- tersebut. Mobilpun tidak bisa masuk kekantor Kepala desa itu, karena kecilnya jembatan itu. Itukan Mark Up kan pak, gunakan dana desa, untuk raup keuntungan. sebab di tahun 2023 Sapon Rialdy tahu akan habis masa jabatannya pada bulan Pebruari 2024,

Masih banyak lagi dana desa yang tidak tepat sasarannya pak. Namun, tiga item itu yang pasti, sebab, data papan laporan dana desanya disembunyikan oleh Sapon Rialdy, supaya warga tidak mengetahui semuanya “, ujar warga desa Sei Penggantungan Ilham.

Harapan warga kepada Inspektorat Pemkab Labuhanbatu agar Sapon Rialdy dipanggil dan diperiksa pertanggungjawaban penggunaan anggaran dana desa pada tahun 2023 yang lalu, tutup warga.

Terpisah, Pjs Kepala desa Sei Penggantungan Darwis ASN kantor Kecamatan Panai Hilir Labuhanbatu saat konfirmasi wartawan melalui pesan  aplikasi WhatsApp  terkait perihal keterangan warga desa Sei Penggantungan atas indikasi dugaan Korupsi dana desa tahun 2023, pesan terkirim namun belum ada tanggapan . (HYT/TIM)

 

 

 

.

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Berita Terkait
Performance Seni Budaya Pakpak Mampu Curi Perhatian Seluruh Undangan Rakernas APKASI

Harsusilawati

13 Jul 2024

Post Views: 13 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Performance Seni Budaya Pakpak Bharat dari Sanggar Tari Mitha Prana Chasea Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) ke-XVI, APKASI Otonomi Expo (AEO), dan APKASI Procurement Network tahun 2024 mampu mencuri perhatian segenap perhatian para undangan yang hadir di Jakarta Convention Center ini. Tampil …

Bupati Pakpak Bharat Apresiasi Hasil Capaian Kontingen Perlombaan DiAjang PopProvsu

Harsusilawati

12 Jul 2024

Post Views: 18 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor mengapresiasi capaian Kontingen Pakpak Bharat pada ajang Pekan Olah Raga Pelajar Provinsi Sumatera Utara (Popprovsu) Tahun 2024 beberapa waktu lalu. Hal ini dia sampaikan langsung saat menerima audensi Kontingen Pakpak Bharat di Aula Rumah Candu, Kompleks Rumah Dinas Bupati Pakpak Bharat …

Polsek Kampung Rakyat Gelar Patroli KRYD Antisipasi Geng Motor Dan Kejahatan Jalanan

Harsusilawati

12 Jul 2024

Post Views: 20 Pirnas.com | Kampung Rakyat – Dalam rangka mengantisipasi kejahatan geng motor, begal, dan kejahatan jalanan lainnya, Polsek Kampung Rakyat Polres Labuhanbatu Selatan melaksanakan patroli Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) diwilayah hukum Polsek Kampung Rakyat, Kamis (11/7/2024) sekira pukul 21.00 wib sampai dengan selesai. Personel yang melaksanakan patroli adalah AIPTU Mariono, AIPDA Febrizal …

Bupati Pakpak Bharat Bagikan Bansos Kepada Anak Yatim Dan Bumil

Harsusilawati

12 Jul 2024

Post Views: 16 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Bupati Pakpak Bhatrat, Franc Bernhard Tumanggor membagikan Bantuan Sosial kepada Anak Terlantar, Yatim Piatu, Ibu Hamil, Ibu Menyusui dan Anak dibawah Usia Tiga Tahun se kabupaten Pakpak Bharat Acara bertempat di Kantor Dinas Sosial Pakpak Bharat jumat tgl 12/07/2024. dihadiri Wakil Bupati Pakpak Bharat, H Mutsyuhito Solin, …

Dinas Perkebunan Dan Peternakan Provsu Kunjungi Petani Kopi Pakpak Bharat

Harsusilawati

12 Jul 2024

Post Views: 20 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Tim Dari Dinas Perkebunan & Peternakan Provinsi Sumatera Utara, Rita Harahap dan Boy mengunjungi Kabupaten Pakpak Bharat guna melakukan monitoring distribusi bantuan benih kopi dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara. “Kita patut berbangga dan terimakasih dengan perhatian dari Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Perkebunan dan …

Tujuh Orang Pelajar Terbaik Dikabupaten Pakpak Bharat Tembus Sekolah Unggulan

Harsusilawati

12 Jul 2024

Post Views: 22   Pirnas.com | Pakpak Bharat – Tujuh Pelajar terbaik diKabupaten Pakpak Bharat berhasil menembusi beberapa Sekolah Menengah Atas Unggulan di Sumatera Utara. Hal itu disampaiakan langsung oleh Plt. Kepala Dinas Pemdidikan Pakpak Bharat, Augusman Harapan Padang, ST, M.Si, diruang kerjanya Kamis tgl 11/07/2024 Kitta patut bersyukur kepada TYME dan apresiasi yang sr …

Kategori Terpopuler