Dana KIP SD N 005 Langgini Bangkinang Kota Tak Kunjung Cair - PIRNAS
banner 728x250

Dana KIP SD N 005 Langgini Bangkinang Kota Tak Kunjung Cair

  • Bagikan

PIRNAS.COM | KAMPAR – Dana KIP SD N 005 Langgini Kecamatan Bangkinang Kota belum dicairkan oleh pihak sekolah. Padahal dana tersebut sangat di butuhkan oleh orang tua wali murid untuk membeli perlengkapan anaknya, di musim pandemi covid-19 ekonomi masyarakat menurun derastis.

Senin, 25/10/2021, saat di konfirmasi kepala sekolah melalui telfon seluler 08521391xxxx wartawan yang turun langsung ke sekolah tersebut, terkait dana KIP yang tak kunjung dicairkan itu. Dengan alasan kepala sekolah masih menunggu telfon pihak Bank.

Menurut narasumber yang tidak di sebutkan namanya mengatakan,”Sejak bulan Agustus 2021 sebanyak 18 orang murid SD N 005 Langgini dinyatakan sebagai penerima dana KIP, Pihak sekolah pun menghubungi wali murid untuk datang ke sekolah dengan tujuan mendengarkan penjelasan dari pihak sekolah. Sekaligus membawa persyaratan untuk menerbitkan rekening,” terangnya.

Setelah semua bahan dilengkapi, bahkan murid yang dinyatakan menerima dana KIP diharuskan datang ke BRI dengan tujuan membuat buku rekening dan kartu ATM, sebab tidak boleh diwakilkan oleh siapapun termasuk pihak sekolah. Pihak sekolah melalui operator sekolah berkata, “dana KIP akan dicairkan 1 Minggu lagi”.

Namun sampai hari ini Senin 25 Oktober 2021, sudah hampir 3 bulan dana KIP tersebut tak kunjung cair,

Lebih lanjut, narasumber mengatakan,”dengan alasan yang bermacam-macam,” katanya, yang juga seorang wali murid di sekolah tersebut. Hal senada juga disampaikan oleh wali murid yang Laen, kita sangat berharap agar dana KIP tersebut segera cair, walaupun sedikit, tapi sampai sekarang kami belum menerima apapun”.

Berdasarkan keterangan orang wali murid yang lain juga mengatakan begitu, tak satupun dari 18 orang murid yang sudah dinyatakan menerima dana KIP yang telah menerima dana KIP tersebut. Bahkan wali murid akan melaporkan kepihak berwajib kalau seandainya dana KIP tersebut tidak cair juga.

Dana KIP yang diperuntukkan untuk tingkat sekolah dasar di SD N 005 Langgini ternyata sudah diproses pengurusannya sejak bulan Juli 2021. Namun dana KIP yang harusnya sudah diterima oleh wali murid sebagai perpanjangan tangan dari murid tetap tidak cair. Berbagai alasan disampaikan oleh pihak sekolah, mulai dari satu Minggu lagi sampai dibilang sabar dulu ya, alasan yang tidak masuk di akal kami pak, kata wali murid.

Demikian yang yang di sampaikan pihak sekolah, dalam hal ini kepala sekolah, M syafi’i berkata, “bahan untuk sebanyak 18 orang baru separoh yang lengkap, jadi belum bisa dicairkan, melalui percakapan telfon seluler pun sang kepala sekolah sudah berbeda pendapat,”iy pak, bahannya sudah lengkap semua, kita tunggu pencairan dulu y”. Katanya.

Namun berbeda dengan operator sekolah, “sudah dicairkan pak, tinggal 2 orang yang belum mengambil,”kata operator sekolah. Ini patut di pertanyakan.

(YK/TIM)

  • Bagikan