Home » Artikel » Kiat Mendidik Anak Sholih & Sholihah

Kiat Mendidik Anak Sholih & Sholihah

Pirnas.com 11 Des 2019

PIRNAS.ORG & PIRNAS.COM | ARTIKEL – 

Anak merupakan karunia Allah sekaligus amanah yang dititipkan kepada orangtua.

Oleh karenanya setiap orangtua bertanggung jawab atas pendidikan anaknya terutama pendidikan agamanya yang akan menyelamatkan dirinya dari api neraka.

Allah berfirman:

ياأيها الذين آمنوا قوا أنفسكم وأهليكم نارا
“Wahai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.” (At-Tahrim: 6)

Maknanya dijelaskan oleh sebagian Ulama, “Wajib bagi orangtua mengajarkan agama dan kebaikan kepada anak-anaknya dan keluarganya serta adab apa saja yang mereka butuhkan.” (Al-Jami’ Li Ahkamil Qur’an 18/196)

Maka orangtua harus saling bekerja sama dalam mendidik anak, bersabar, melihat mana yang lebih bermaslahat bagi anak dan mana yang lebih ringan mudhorotnya, serta banyak berdoa kepada Allah karena hanya Allah yang kuasa mengubah keadaan anak.

Berikut ringkasan kiat-kiat mendidik anak sesuai tingkat pemahamannya, kami sarikan dari kitab, “Nashihati Lin Nisa’ (Nasihat Untuk Wanita)” hal. 75-84 karya Ummu Abdillah Al-Wadi’iyyah:

(1). Anak dibimbing mengucapkan nama Allah sembari mengisyaratkan jarinya ke langit. Ini pendidikan tauhid sesuai fitroh mereka.

(2). Jika engkau memberinya makanan seperti roti atau yang lain maka letakkanlah di tangan kanannya.

(3). Jika makanan masih panas, janganlah engkau meniupnya karena hal itu dilarang Nabi ﷺ. Dan anak-anak akan meniru apa yang dilakukan orangtuanya.

(4). Apabila anak sudah berumur satu tahun setengah atau sekitar itu, tuntunlah ia membaca bismillah ketika hendak makan atau minum agar terbiasa.

(5). Bila engkau melihat anak sudah mampu memahami rukun Islam, rukun iman dan Ihsan maka ajarilah dia.

(6). Ajarkan anak tentang cara berwudhu yang benar.

(7). Jika terhidang makanan di suatu wadah maka katakan kepadanya untuk mengambil makanan yang dekat.

(8). Biasakan anak melakukan kebaikan dan bila sudah berusia tujuh tahun maka latih dia mengerjakan sholat.

(9). Memisahkan tempat tidur anak-anak jika sudah berumur sepuluh tahun sebagaimana yang diperintahkan Nabi ﷺ.

(10). Latihlah anak untuk berpuasa jika hal itu tidak membuatnya lemah sehingga dia terbiasa setelah dewasa.

(11). Ajarkan anak aqidah yang benar dan katakanlah kepadanya sebagaimana Nabi ﷺ berkata kepada Ibnu Abbas, “Jagalah Allah niscaya Allah akan menjaga engkau..”

(12). Berwasiatlah kepada anakmu dengan apa yang diwasiatkan oleh Luqman kepada anaknya, “Wahai anakku, janganlah engkau mempersekutukan Allah, sesungguhnya kesyirikan itu kezaliman yang teramat besar.” (Luqman: 13)

(13). Ajari anak meminta izin apabila hendak masuk rumah atau masuk kamar.

(14). Ingatkanlah dia dari hal-hal yang dilarang agar dia menjauhinya.

(15). Jelaskanlah makna ayat atau hadits yang kita bacakan kepadanya.

(16). Ikatkanlah hatinya dengan Allah bukan dengan dunia.

(17). Perhatikanlah hafalan Qur’annya dan ajari anak untuk menghafal meski hanya satu ayat setiap harinya.

(18). Perhatikanlah pergaulannya jangan engkau biarkan anak-anakmu bergaul dengan anak-anak yang tidak baik agar tidak meniru kejelekan mereka.

(19). Jangan engkau biarkan anak-anak berada di luar rumah di waktu senja karena pada saat itu syaithon sedang bertebaran.

(20). Adakalanya anak-anak dibiarkan menghibur dirinya karena jika dia terus menerus dilarang bermain, hal itu dapat menghilangkan kecerdasannya dan membuat kejemuan.

(21). Bersemangatlah mendorong anak bermajelis dengan orang yang sholih.

Semoga bermanfaat.

(Dsrl)

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Berita Terkait
Tuntutan Hukuman Mati Jaksa pada TM Sudah Tepat

Pirnas.com

01 Apr 2023

Post Views: 159 PIRNAS.COM | Dalam hukum pidana dikenal asas yaitu ” kejahatan yang sudah sistemik dapat dimusnahkan dengan hukuman mati (asas crimina morte extinguuntur) karenanya tuntutan hukuman mati bagi Teddy Minahasa (TM) sudah tepat dan demi kualitas penegakan hukum ,mengingat kejahatan yang dilakukannya dengan sengaja dan mengetahui bahwa pelaku menyalahgunakan jabatannya sebagai Kepala kepolisaan …

Hikmah Puasa Hari Ke 7, Rahasia Dibalik Susah dan Senang

Pirnas.com

29 Mar 2023

Post Views: 141 Hikmah Puasa Hari Ke 7, Rahasia Dibalik Susah dan Senang Oleh : Dr. Supardi, SH., MH., Kepala Kejaksaan Tinggi Riau, Als. Rd Mahmud Sirnadirasa بِسْمِِ اللِِّٰ الرَّحْمٰنِِ الرَّحِيْمِِ وَالصَّلََةِ وَالسَّلََ مِ عَلَى محَمَّ دِ وَاٰلِهِِ مَعَِ التَّسْلِيْمِِ وَبِهِِ نَسْتَعِيْ نِ فِى تَحْصِيْلِِ الْعِنَايَةِِ الْعَآمَّةِِ وَالْهِدَايَةِِ التَّآمَّةِ، آمِيْنَِ يَا رَبَِّ الْعَالَمِيْنَِ Bismillãhirrahmãnirrahîm Was …

Hati Nurani dan Humanitas, Keadialan Substantif Penegakan Hukum Kejaksaan

Pirnas.com

27 Feb 2023

Post Views: 293 PIRNAS.COM | Jaksa Agung ST Burhanuddin menyatakan danya perubahan paradigma penegakan hukum dari formalistik kepada keadilan hukum substantif.Pelaksanaan kekuasaan Negara di bidang penuntutan, Kejaksaan berwenang untuk dapat menentukan suatu perkara dilimpahkan ke pengadilan dan memiliki arti penting dalam menyeimbangkan antara aturan yang berlaku serta interpretasi yang bertumpu pada tujuan atau asas kemanfaatan …

Cara Cara Cek Nama Penerima BLT BBM 2022

Pirnas.com

07 Sep 2022

Post Views: 589 Cara Cek Nama Penerima BLT BBM 2022 – BLT BBM dibagikan secara langsung oleh Kemensos kepada masyarakat yang memenuhi syarat sebagai penerima mulai 1 September 2022. Pemerintah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) sebagai salah satu bentuk pengalihan subsidi BBM. Besaran dana yang disalurkan pemerintah untuk program BLT BBM …

Bahaya Merkuri, Hindari Kosmetik Mengandung Merkuri

Pirnas.com

15 Jul 2022

Post Views: 716 CYBERPOST.ID – Bahaya Merkuri, Kosmetik yang mengandung merkuri berbahaya kesehatan. Biasa Merkuri sering digunakan dalam krim kosmetik pemutih wajah. Walau bisa membuat kulit terlihat lebih cerah, merkuri menyimpan segudang bahaya kesehatan. Kosmetik yang mengandung merkuri biasa diproduksi diluar negeri secara illegal. Dengan demikian harus dengan teliti untuk membeli kosmetik dengan tidak harus …

SEJARAH DAN TATA CARA MINUM KOPI MENURUT ABAH GURU SEKUMPUL WALIYULLAH DARI KALIMANTAN

Pirnas.com

29 Apr 2022

Post Views: 7,948 PIRNAS.COM | LABUHANBATU –  Sejarah dan Tata cara minum kopi menurut Abah Guru Sekumpul atau sapaan akrab KH.Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al-Banjari, seorang Ulama atau waliyullah yang berasal dari Martapura Banjar masin Kalimantan selatan. Beliau pernah mengijazahkan makalah Al-Imam Al-Quthub Al-Habib Ahmad bin Hasan Al-Athos yang berangkat dari sumber kitab As-Shufiyatu Fil …