banner 728x250

Awal Tahun, Momentum Yang Tepat Memotivasi Karyawan

PIRNAS.COM & PIRNAS.ORG | PADANG – “Pak Aqua, Insya ALLAH awal tahun 2020 saya mengundang Bapak untuk acara sharing Komunikasi dan Motivasi dengan jajaran saya di BRI Wilayah Padang. Itu adalah momentum yang tepat setelah mereka berjuang hingga akhir tahun 2019 untuk mencapai semua yang ditargetkan manajemen,” ungkap Pemimpin BRI Wilayah Padang Syamsul Arifin pada Senin pagi (2/12/2019) lalu di kantornya di Padang.

Syamsul menambahkan, setelah di akhir tahun para pegawainya berjuang untuk memenuhi targetnya maka awal tahun 2020 ini perlu diberi semangat agar kinerjanya makin meningkat lagi. Dengan begitu mereka jadi termotivasi untuk terus berprestasi.

Click following link

Keyword dan Negara dengan CPC Tertinggi 2022-2023

Meski hanya sebentar, sebelum ke Kabupaten Sijunjung untuk sharing Komunikasi dan Motivasi sebanyak 12 sesi, saya sengaja silaturahim ke laki-laki yang sangat rendah hati tersebut. Tujuan utamanya ingin belajar banyak pada Syamsul.

“Saya sedang rapat Pak Aqua. Ada tamu dari Jakarta. Silahkan Bapak ke kantor. Saya akan keluar dari ruang rapat untuk menemui Bapak,” ungkap Syamsul sesaat setelah saya kontak beliau lewat WA.

Senin pagi itu setelah mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), saya menghubungi Syamsul. Menginfokan baru tiba di Padang. Mau ketemu sama teman akrab saya, Kapolda Sumbar (waktu itu) Irjen Pol Fakhrizal. Sesudah itu baru silaturahim ke Syamsul.

Alhamdulillah beliau langsung merespon WA saya. Bahkan menanyakan mobil buat saya pakai selama di Sumbar. Jika belum ada siap untuk menyediakannya termasuk pengemudinya.

4 Bulan Syamsul Tugas di Sumbar Ranking BRI Wilayah Padang Naik ke Ranking 7
Mantan Wakil Pemimpin BRI Wilayah Banjarmasin itu relatif baru bertugas di Sumbar. Persisnya 1 Mei 2019. Meski 10 tahun sebelumnya pernah tugas sebagai Pemimpin BRI Cabang Padang yakni 2009 – 2010.

Setelah sekitar 2 bulan tugas di Sumbar, saya silaturahim ke Syamsul. Sebelumnya kami pernah ketemu di Banjarmasin saat Syamsul tugas di sana.

Saat jumpa ngobrolnya akrab sekali. Syamsul menyatakan ingin mengundang saya untuk sharing Komunikasi dan Motivasi. Itu seperti yang pernah dilakukan ketika Syamsul menjabat Wakil Pemimpin BRI Wilayah Banjarmasin.

“Saya ingin acara sharing Komunikasi dan Motivasi seperti yang pernah dilaksanakan di BRI Wilayah Banjarmasin kita lakukan di Padang. Insya ALLAH saya undang Pak Aqua untuk kegiatan tersebut,” kata Syamsul.

Baru sekitar 4 bulan tugas di Sumbar, pada September 2019 lalu Syamsul berhasil menaikkan ranking BRI Wilayah Padang. Dari urutan paling bontot atau ke-19 di antara seluruh kantor Wilayah dan kantor Cabang Khusus Jakarta, naik ke ranking 7.

“Usaha maksimal dan harapan saya bersama seluruh pegawai BRI Wilayah Padang, kami bisa masuk 5 besar. Kami optimis mewujudkan itu meski di akhir tahun 2019 semua kantor Wilayah berusaha menaikkan rankingnya,” ujar Syamsul.

Perkuat Tim, Targetnya Masuk Ranking 5 Besar
Kenapa beliau yakin dapat mewujudkan target itu? Menurut Syamsul, masih ada ruang untuk diperbaiki dari KPI yang ada. Lalu dibuat prioritas perbaikan terutama pada KPI yang diperbaiki.

Kemudian melihat cabang mana saja yang punya potensi untuk diperbaiki. Waktu pertama kali Syamsul tugas di Sumbar ada 10 Unit (4 cabang 6 Unit) kerja yang rugi.

“Ketika itu saya pelajari masalahnya. Berangsur-angsur diperbaiki bersama-sama¬† ‘penyakitnya’. Saat ini alhamdulillah tinggal 2 unit kerja yang masih rugi. Saya yakin keduanya bisa dibuat untung. Sedangkan total laba hingga November 2019 lalu telah mencapai 96 persen dari target,” jelas Syamsul.

Kepada para Kepala Cabangnya, Syamsul menanamkan prinsip mereka harus bisa mensimulasikan faktor yang mempengaruhi biaya-biaya khususnya biaya-biaya variabel dan faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan yang signifikan di unit kerjanya masing-masing. Bila tidak ditunjukkan caranya.

“Selama ini saya berprinsip nggak ada yang tidak bisa kalau dikerjakan bersama-sama atau tim. Selain itu juga saya kan dulu pernah di sini pada 2009 sampai dengan 2010 sehingga masih banyak yang kenal karena silaturahimnya tetap jalan. Itu seperti yang saya pelajari dari Pak Aqua,” pungkas Syamsul.

Semoga tekad mulia Syamsul yang dibarengi dengan kerja keras bersama timnya dapat mewujudkan target masuk 5 besar. Selain itu pada 2020 ini kinerja BRI Wilayah Padang yang dipimpinnya makin meningkat lagi. Amin ya robbal alamin…

Sesaat setelah tiba di Bandung dari Bogor bersama Ero, saya ucapkan Selamat mengoptimalkan kinerja dengan memotivasi seluruh karyawan. Salam hormat buat keluarga. 06.30 06012020.

DASRUL