banner 728x250

Walikota Tanjungbalai Sambut Meriah Kunjungan Ketum PB MABMI Sumut

  • Bagikan

PIRNAS.COM | TANJUNG BALAI – Pelaksana Tugas ( Plt ) Walikota Tanjungbalai H. Waris Tholib, S. Ag. MM menyambut meriah kedatangan kunjungan Ketua Umum ( Ketum ) PB. MABMI dari Sumatera Utara. Dato’ Seri H Syamsul Arifin dan rombongannya. Kamis (13/1/2022) di Pendopo Rumah Dinas Walikota Tanjungbalai Jalan Jendral Sudirman Kota Tanjungbalai.

Walikota Tanjungbalai H Waris Thalib langsung menyambut Tokoh adat bergelar Datuk Lelawangsa Sri Hidayatullah Putera Melayu Sahabat Semua Suku di Tanah Air ini dengan penuh meriah.

Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai bahkan melaksanakan jamuan makan khas melayu dan acara seremoni penyambutan dari mulai pencak silat, tarian persembahan dan unsur resam adat melayu.

Ketua Umum PB MABMI H. Syamsul Arifin yang merupakan mantan Gubernur Sumatera Utara ke-15 itu datang ke kota kerang didampingi istri tercinta Datin Hj Fatimah Habibi, didampingi Ketua PD MABMI Tanjungbalai Hj Delima serta beberapa Pengurus Wilayah dan Pengurus Daerah.

Walikota Tanjungbalai dalam sambutannya mengatakan, pemerintah kota Tanjungbalai akan mengangkat kembali citra sejarah kebudayaan Melayu di Kota Tanjungbalai untuk dikenal oleh generasi penerus Melayu di Tanjungbalai nanti kedepannya.

“30 persen lebih jumlah penduduk populasi Melayu di Tanjungbalai. Walaupun saya suku Jawa dan Ketua Pujakesuma. Tetapi saya ingin Melayu ini tetap hidup dan berkembang. Jangan sampai generasi anak muda lupa dengan Melayu, karena bumi Tanjungbalai adalah Bumi dan tanah Melayu,” ucapnya.

“Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan PD MABMI Tanjungbalai khususnya, harus bekerjasama merealisasikan program dan gagasan Pemerintah Kota ( Pemkot ) Tanjungbalai untuk menghidupkan kembali kesejarahan Melayu ini di kota Tanjungbalai yang kita cintai.

Dalan hal ini Kota Tanjungbalai akan membuat museum melayu dengan segala adat budaya pernak perniknya di Tanjungbalai. Sudah kita arahkan itu difungsikan nanti pada Bangunan Bersejarah. Dinas Pendidikan sedang memprosesnya.
Saya juga punya niat ada 3 istana peradaban Melayu harus kembali berdiri kokoh di Tanjungbalai,” kata Waris dengan tegas.

“Anak anak Tanjungbalai atau Kota Tanjungbalai para pelajar akan dibawa kesana untuk mengenalkan Melayu dan kita akan membuat Sayembara pertunjukan terkait kekayaan Melayu dari mulai tarian, nyanyian dan lain lain.

Walikota Waris juga mengungkapkan rasa gembira dan bahagia dapat menerima silaturrahmi dengan Dato’ H. Syamsul Arifin.

“Terima Kasih kepada Dato’ yang sudah berkenan hadir di Tanjungbalai. Semoga kehadiran Dato’ membawa keberkahan bagi Tanjungbalai.

Dalam pengamatan Wartawan bersama Kominfo Pemko Dedy dilokasi kunjungan Ketua Umum PB. MABMI dari Sumatera Utara. Dato’ Seri H Syamsul Arifin dan rombongan belangsung meriah dan aman diakhiri foto bersama.

( Syn )

  • Bagikan