Home » Daerah » Cetak Sumber daya Berkualitas Pemkab Rohil Komit Tingkatkan Mutu Pendidikan

Cetak Sumber daya Berkualitas Pemkab Rohil Komit Tingkatkan Mutu Pendidikan

Pirnas.com 09 Nov 2019

Rokan Hilir, pirnas.com pirnas.org | Bupati H Suyatno dan Wakil Bupati H Jamaludin bertekad dan berkomitmen meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Rokan Hilir sebagai salah satu program prioritas untuk membangun sumber daya manusia yang dapat memacu kemajuan Kabupaten Rokan Hilir.

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah Kabupaten Rokan Hilir oleh duet pemimpin hasil pilihan langsung masyrakat rohil ini diantaranya dengan membagun sarana pendidikan serta memberikan bea siswa bagi siswa berprestasi untuk melanjutkan pendidikan di jenjang univerisitas ternama di Riau.

Berbagai pembangunan sarana prasarana pendidikan dapat dilihat langsung dari banyaknya sekolah yang telah dibangun, tercatat pada tahun ajaran 2019 ini di Kabupaten Rokan Hilir terdapat hampir 900 sekolah saat ini.

Untuk saat ini ada 181 lebih teman kanak-kanak 428 SD 226 SLTP dan 60 SMU/Sederajat, sebagian besar sekolah berstatus sekolah negeri yaitu sejumlah 390 (39,18 persen) yang terdiri dari 16 TK 277 SDN,65 SLTP, serta 32 SLTA Negeri.

Sedangkan sekolah dengan status swasta terdiri dari 165 TK, 142 SD, 141 SLTP dan 28 SMU,sedangkan jika dilihat dari penjabaran lokasi sekolah TK hingga SMU baik negeri maupun swasta yang berjumlah hampir 900 sekolah, dan Kecamatan Bagan Sinembah memiliki sekolah terbanyak sejumlah 159 sekolah lebih.

Untuk menggesa mutu pendidikan ini Pemkab Rohil melalui Dinas Pendidikan terus menggasa pembangunan sekolah unggul untuk mengembangkan dan meningkatkan dunia pendidikan di Kabupaten Rokan Hilir.

“Kami bertekad mutu pendidikan rohil maju secara kualitas dan kwantitas, baik tenaga pengajar dan anak-anak yang di ajarkan harus lebih meningkat setiap tahunnya. Dan menjadi yang terbaik di Provinsi Riau dan kita harapkan seluruh kepala sekolah bekerja maksimal guna memberikan yang terbaik buat pelajar kita, dan dengan sendirinya SDM kita pasti meningkat dan ini harapan kita” harap Suyatno.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Rohil H Rusli Syarief mengungkapkan target prestasi pendidikan di Rohil, harus menjadi yang terbaik di Provinsi Riau baik dari segi kwalitas dan kawantitas untuk melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan dengan memperketat seleksi penerima guru dan untuk prestasi anak didik dan SDM pemkab rohil bekerja sama dengan 4 perguruan tinggi seperti ITB, UNRI, Fakultas Kedokteran PPLITEKNI CPI dan UGM setiap tahunya mengirim 20 siswa.

“Kunci proses pembelajaran yang baik dan benar di sektor pendidikan adalah peran para guru itulah sebabnya pemerintah saat ini memperketat seleksi penerimaan guru, selain itu untuk memperbaiki modal pelatihan dan pembelajaran bagi guru, kedepan akan diberlakukan sistem zonasi,”ungkap Rusli.

Selama ini program pengembangan kompetensi guru berdasarkan hasil uji kompetensi yang lebih memfokuskan pada peningkatan kompetensi guru terutama dalam kopetensi padagogi dan propesional namun sering meningkatnya tantangan peningkatan mutu pendidikan perlu dilakukan pengembangan kepropesian berkelanjutan guru yang bermuara pada hasil peserta didik.

Menurut Rusli, salah satu upaya untuk meningkatkan kwalitas pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kwalitas siswa kementrian pendidikan dan kebudayaan melalui ditjen GTK menyelenggarakan program peningkatan peningkatan kompestasi pembelajaran (PKP) program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan,sampai dengan mengepaluasi pembelajaran yang berorentasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi.

(Juli Manik)

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Berita Terkait
Penembakan 0leh Oknum Brimob Polda Sumatera Utara (POLDASU) BKO (Bawah Komando Operasi) di PT. Perkebunan Nusantara IV (Palm Co) Kebun Sei Kebara

Harsusilawati

18 Jun 2024

Post Views: 7 Pirnas.com | Labusel – Penembakan oleh Oknum Brimob Polda Sumatera Utara (POLDASU) BKO (Bawah Komando Operasi) di PT. Perkebunan Nusantara IV (palm Co) Kebun Sei Kebara di Jalinsum arah Bagan batu. Kec. Torgamba. Kab. Labuhan Batu Selatan. Pada hari sabtu tanggal 15 Juni 2024 sekitar pukul 18.30 . wib Anggota BKO dengan …

Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku Gelar Sholat Idul Adha dan Sembelih Hewan Kurban

Harsusilawati

18 Jun 2024

Post Views: 12 Pirnas.com |  Batu Bara – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Labuhan Ruku melaksanakan sholat Idul Adha berjamaah pada hari ini, diikuti oleh seluruh warga binaan dan petugas Lapas Labuhan Ruku, Senin ( 17/06/2024) Suasana penuh khidmat dan kebersamaan terpancar di area lapangan blok hunian yang telah disulap menjadi tempat pelaksanaan sholat ied. Untuk …

Kapolri Beri Dua Anggotanya Pin Emas Atas Prestasi Saat Pendidikan di UEA

Harsusilawati

18 Jun 2024

Post Views: 11   Pirnas.com | Jakarta – Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Irjen. Pol. Dedi Prasetyo akan memberikan penghargaan kepada dua anggota Polri yang karya ilmiahnya diterbitkan oleh Rochester Institute of Technology Dubai. Kedua anggota tersebut adalah personel Divpropam Polri Iptu I Putu Novi Candra Kurniawan, Dipl.PIL., S.Tr.K., S.l.K., dan personel …

Plt. Bupati Labuhanbatu Sembelih Empat Ekor Sapi Kurban

Hidayat Chan

17 Jun 2024

Post Views: 10   Pirnas.com Labuhanbatu– Pelaksana tugas Bupati Labuhanbatu Hj.Eliya Rosa Siregar S.Pd. MM, menyembelih 4 ekor sapi kurban pada hari Raya Idul Adha 1445 H, penyembelihan di lakukan di rumah Dinas Wakil Bupati Labuhanbatu jalan Pramuka Rantauprapat, Kelurahan Padang Matinggi, Kecamatan Rantau Utara Senin 17/6/2024. Empat ekor sapi kurban dimaksud disembelih dan di …

Respon Cepat Pemkab Labuhanbatu Terhadap Nazril Bocah Penderita Tumor 

Hidayat Chan

16 Jun 2024

Post Views: 15     Pirnas.com|Labuhanbatu– Menyebarnya informasi terhadap kondisi keluarga Nazril (13) bocah dengan penderita tumor thorak yang beralamat di jl Simpang Mangga Bawah Kota Rantauprapat Kecamatan Rantau Selatan membuat Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melalui Dinas Kesehatan Labuhanbatu cepat ambil tindakan. Sebelumnya, Kamis 13/6/2024, Plt Kadis Kesehatan Friska E.Simanjuntak,SKM,MKM, didampingi Kabid P2P Rahmat Hsb,SKM, dr.Ibnu …

Ada Apa Dengan Kadis Perhubungan Labura, Penganti Pj.Batu Bara..?????

Harsusilawati

16 Jun 2024

Post Views: 20       Pirnas.com | Batu Bara – Isu pergantian Pj Bupati Batubara Nizhamul, SE, MM kepada H. Heri Wahyu Marpaung, S.STP, M.AP tidak habis-habisnya menjadi perbincangan Publik Kabupaten Batu Bara, Sabtu (15/06/2024). Namun ada hal yang menarik terkait rekam jejak calon Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara itu, terkait pernah beliau menjadi …