Daerah  

PILKADA LABUSEL ELEKTABILITAS RIVAI NASUTION UNGGUL DARI BAKAL CALON LAIN 

PIRNAS.COM & PIRNAS.ORG | LABUSEL – Ketua Umum PB-Iklas, Rivai Nasution sebagai bakal calon bupati Labusel, terus meningkat.

Hal itu diungkap pemerhati politik Kab. Labusel, Rambe M. Holil ketika dimintai komentar terkait eskalasi politik jelang Pilkada 2020 Kab. Labusel, Rabu (01/01).

Baca Berita Lainnya :

Keyword dan Negara dengan CPC Tertinggi 2022-2023 Cara Buat Website Dengan Mudah Untuk Pemula

Dikatakan, sosok Rivai sekarang ini sangat diperhitungkan dibanding bakal calon lain. Bahkan kata dia, tingkat kepercayaan publik terhadap Rivai telah menggeser nama Hj. Hasnah Harahap (istri Bupati Labusel) yang sebelumnya lebih unggul dari bakal calon lain.

Disebutkan, berdasarkan hasil survey yang mereka lakukan memperlihatkan, bahwa elektabilitas Rivai paling tinggi, yakni berkisar 20,32 persen. Kemudian disusul Hj. Hasnah Harahap 18,93 persen, H. Edimin 12,25 persen, Nurdin Siregar 8,73 persen, Maslin Pulungan 6,65 persen, dan Muhammad Yamin Pulungan 2,15 persen.

“Ditemukan juga para calon pemilih menjawab siapapun bupati tidak persoalan dan belum menentukan pilihan mencapai angka sekira 15,93 persen. Sedangkan sisanya menjawab tidak tahu,” katanya.

Diuraikan, selain elektabilitas yang terus meningkat, popularitas dan akseptabilitas Rivai juga cukup baik. Menurutnya, Rivai dianggap sebagai sosok yang memiliki jiwa kepemimpinan dan kecakapan pada bidang birokrasi dengan pengalaman yang dimiliki, puluhan tahun mengabdi di Pemko Medan.

“Ini memberikan keyakinan kepada responden bahwa yang bersangkutan memiliki kemampuan pada bidang pemerintahan. Rivai juga diakui sebagai tokoh yang memiliki dedikasi dan integritas, karena disamping sebagai tokoh dari tingkatan cendekiawan Labusel di perantuan, juga turut dalam bagian kelompok pejuang pemekaran,” katanya.

Holil juga meyakini bahwa hasil survey yang dilakukan sangat akurat. Dibeberkan, sosok bakal calon bupati yang muncul dan banyak menjadi perbincangan masyarakat Labusel saat ini yakni, Rivai Nasution, Hj. Hasnah Harahap, H. Edimin alias Asiong, Nurdin Siregar, dan Maslin Pulungan. Menurutnya, Hj. Hasnah akan menjadi pesaing kuat Rivai.

“Alasannya, Hj Hasnah mampu membangun jaringan dan komunikasi semua pihak. Hj Hasnah Harahap yang menjadi modal kekuatan besar baginya,” katanya.

Meskipun popularitasnya meningkat, namun kata Rambe elektabilitasnya belum dapat menandingi Rivai yang memang dikenal sangat dekat dengan masyarakat sejak lama sebelum momentum Pilkada 2020 ini. “Apalagi Rivai merupakan tokoh pemekaran Labuhanbatu,” katanya.

Dia juga mengungkapkan, pada Pilkada serentak 2020, Parpol tentunya tidak ingin pasangan yang diusung dan didukungnya mengalami kekalahan. Makanya lanjut dia, Parpol memilih tokoh yang benar-benar memiliki potensi atau peluang menang yang sangat besar.

“Parpol tidak mungkin mengusung calon yang elektabilitasnya rendah dari bakal calin lainnya. Makanya, perlu dilihat faktor elektabilitas, popularitas, dan akseptabilitas. Berdasarkan hasil survey kami, sosok Rivai paling menonjol dan berpeluang untuk dilirik partai dalam menyematkan dukungan sebagai persyaratan untuk menjadi calon tetap di Pilkada nanti,” katanya.

(R Marpaung)