Home » Daerah » Pemprov Sumut Segera Tuntaskan Jalan Barusjahe-STM Hulu

Pemprov Sumut Segera Tuntaskan Jalan Barusjahe-STM Hulu

Pirnas.com 08 Jan 2020

PIRNAS.COM & PIRNAS.ORG | MEDAN UTARA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) segera merampungkan jalan alternatif Deliserdang-Karo via Rumah Liang, Kecamatan STM Hulu. Sehingga diharapkan arus transportasi dan distribusi barang, khususnya hasil pertanian di daerah ini semakin lancar, yang pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah usai rapat dengan Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, serta OPD terkait di Perkebunan Talunkenas, Kabupaten Deliserdang, Senin (6/1).

“Jalan ini menghubungkan dua kabupaten, ini akan mendongkrak perekonomian kedua daerah, khususnya STM Hulu dan Barusjahe. Kita akan segerakan ini, mudah-mudahan di tahun 2020 ini jalannya sudah terhubung,” kata Musa Rajekshah.

Rumah Liang berjarak 13 Km dari Barusjahe, namun saat ini jalan yang menghubungkan dua kabupaten ini masih terputus. Jalan yang masih bisa dilalui kendaraan hanya 6,23 Km dan kondisinya kurang baik, 1,58 Km pasir dan batu sedangkan sisanya 4,65 Km tanah.

Upaya untuk menghadapi beberapa kendala, di antaranya, jalan ini melintasi hutan lindung milik Kabupaten Deliserdang dan Karo. Walau begitu, Musa Rajekshah yakin ini bisa cepat terselesaikan karena untuk kepentingan masyarakat.

“Ada hutan lindung yang dilalui, jadi kita perlu mendapatkan izin untuk membuka jalan. Saya rasa, kendala ini bisa cepat terselesaikan karena ini untuk kepentingan masyarakat dan masih sama-sama pemerintah. Bila sudah mendapat izin, jalan ini akan segera kita buka,” terangnya.

Jalan STM Hulu-Barusjahe sangat berpotensi menjadi alternatif utama jalan Medan-Berastagi yang terus bertambah padat. Menurut Bupati Deliserdang Ashari Tambunan ini akan mendongkrak perekonomian STM Hulu dan pariwisata di Berastagi yang selama ini menjadi primadona bagi masyarakat Medan sekitarnya.

“Deliserdang dan Karo akan sangat terbantu dengan pembukaan jalan ini, memperlancar arus barang dan orang antara dua kabupaten. Bila terjadi kemacetan di jalan utama Medan-Berastagi yang kita tahu memang sering terjadi, ini akan jadi alternatif utama. Itu akan berdampak besar untuk Deliserdang dan Karo,” kata Bupati.

Selain jalur Rumah Liang-Barusjahe, dua jalan lagi yang mendapat perhatian Pemprov Sumut dan Pemkab Deliserdang adalah jalur Durin Tinggung-Bah Buntu-Rumah Liang sepanjang 15,12 km dan Tanjung Raja-Rumah Liang sepanjang 6,72 km.

Kedua jalan ini sudah bisa dilalui kendaraan roda 4, namun sebagian jalannya masih berupa pasir batu. “Dulu STM Hulu bisa dibilang terisolir, sulit mengakses daerah ini, bila dulu butuh waktu 3,5 jam untuk sampai ke Tiga Juhar dari Medan, sekarang hanya sekitar 1,5 jam. Tidak hanya itu, ruas jalan ke daerah lain seperti Gunung Meriah dan Durin Tinggung juga sudah baik walau beberapa ruas jalannya masih perlu dimaksimalkan,” kata Kabid Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Deliserdang Amat Ismail.

Turut hadir pada rapat ini Kadis Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumut Effendy Pohan, Dinas Kehutanan Pemprov Sumut dan tokoh masyarakat.

Reporter Zainal Abidin

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Berita Terkait
Penembakan 0leh Oknum Brimob Polda Sumatera Utara (POLDASU) BKO (Bawah Komando Operasi) di PT. Perkebunan Nusantara IV (Palm Co) Kebun Sei Kebara

Harsusilawati

18 Jun 2024

Post Views: 7 Pirnas.com | Labusel – Penembakan oleh Oknum Brimob Polda Sumatera Utara (POLDASU) BKO (Bawah Komando Operasi) di PT. Perkebunan Nusantara IV (palm Co) Kebun Sei Kebara di Jalinsum arah Bagan batu. Kec. Torgamba. Kab. Labuhan Batu Selatan. Pada hari sabtu tanggal 15 Juni 2024 sekitar pukul 18.30 . wib Anggota BKO dengan …

Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku Gelar Sholat Idul Adha dan Sembelih Hewan Kurban

Harsusilawati

18 Jun 2024

Post Views: 12 Pirnas.com |  Batu Bara – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Labuhan Ruku melaksanakan sholat Idul Adha berjamaah pada hari ini, diikuti oleh seluruh warga binaan dan petugas Lapas Labuhan Ruku, Senin ( 17/06/2024) Suasana penuh khidmat dan kebersamaan terpancar di area lapangan blok hunian yang telah disulap menjadi tempat pelaksanaan sholat ied. Untuk …

Kapolri Beri Dua Anggotanya Pin Emas Atas Prestasi Saat Pendidikan di UEA

Harsusilawati

18 Jun 2024

Post Views: 11   Pirnas.com | Jakarta – Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Irjen. Pol. Dedi Prasetyo akan memberikan penghargaan kepada dua anggota Polri yang karya ilmiahnya diterbitkan oleh Rochester Institute of Technology Dubai. Kedua anggota tersebut adalah personel Divpropam Polri Iptu I Putu Novi Candra Kurniawan, Dipl.PIL., S.Tr.K., S.l.K., dan personel …

Plt. Bupati Labuhanbatu Sembelih Empat Ekor Sapi Kurban

Hidayat Chan

17 Jun 2024

Post Views: 10   Pirnas.com Labuhanbatu– Pelaksana tugas Bupati Labuhanbatu Hj.Eliya Rosa Siregar S.Pd. MM, menyembelih 4 ekor sapi kurban pada hari Raya Idul Adha 1445 H, penyembelihan di lakukan di rumah Dinas Wakil Bupati Labuhanbatu jalan Pramuka Rantauprapat, Kelurahan Padang Matinggi, Kecamatan Rantau Utara Senin 17/6/2024. Empat ekor sapi kurban dimaksud disembelih dan di …

Respon Cepat Pemkab Labuhanbatu Terhadap Nazril Bocah Penderita Tumor 

Hidayat Chan

16 Jun 2024

Post Views: 15     Pirnas.com|Labuhanbatu– Menyebarnya informasi terhadap kondisi keluarga Nazril (13) bocah dengan penderita tumor thorak yang beralamat di jl Simpang Mangga Bawah Kota Rantauprapat Kecamatan Rantau Selatan membuat Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melalui Dinas Kesehatan Labuhanbatu cepat ambil tindakan. Sebelumnya, Kamis 13/6/2024, Plt Kadis Kesehatan Friska E.Simanjuntak,SKM,MKM, didampingi Kabid P2P Rahmat Hsb,SKM, dr.Ibnu …

Ada Apa Dengan Kadis Perhubungan Labura, Penganti Pj.Batu Bara..?????

Harsusilawati

16 Jun 2024

Post Views: 20       Pirnas.com | Batu Bara – Isu pergantian Pj Bupati Batubara Nizhamul, SE, MM kepada H. Heri Wahyu Marpaung, S.STP, M.AP tidak habis-habisnya menjadi perbincangan Publik Kabupaten Batu Bara, Sabtu (15/06/2024). Namun ada hal yang menarik terkait rekam jejak calon Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara itu, terkait pernah beliau menjadi …