Home » Daerah » Musim Akhir Tahun Perkebunan Masyarakat Terendam Banjir, Kades Tambun Singgung Perusahaan Sekitarnya

Musim Akhir Tahun Perkebunan Masyarakat Terendam Banjir, Kades Tambun Singgung Perusahaan Sekitarnya

Pirnas.com 27 Des 2019

PIRNAS.COM & PIRNAS.ORG | PELALAWAN – Musim akhir tahun perkebunan masyarakat Desa Tambun, Kec. Bandar Petalangan Kab. Pelalawan, Riau, terendam banjir yang diakibatkan dasar aliran sungai mulai tertutup.

Aliran sungai sangat kotor dan banyak sampah serta ditumbuhi rumput kumpai dan di atas kulit air dipenuhi rumput bontoh yang sangat tebal.

Dahulu dasar aliran sungai kerumutan sangat terkenal dengan jenis ikan dan alamnya, namun saat ini hanya terkenal dengan sebutan sampah dangkalnya bahkan tinggal sebutan namanya saja.

Akibat semangkin dangkalnya aliran sungai dan ditutupi oleh rumput yang tebal mengakibatkan di musim banjir berdampak menggenangi perkebunan masyarakat yang berdampingan sungai tersebut.

Menurut Keterangan Kepala Desa Tambun, Hendri. T, saat ini masyarakat sangat berharap dasar aliran sungai tempat mata pencarian mereka tidak rusak dan terjaga.

“Setiap waktu masyarakat kita selalu mencari hafkah dengan menangkap ikan belut di sungai tersebut, dan kita ketahuo bersama dulu sungai kerumutan ini terkenal dengan berbagai macan ragam jenis Ikan, bukan cerita tetapi tersohor kemana-mana”, tutur Hendri.

Apa lagi masyarakat kita adalah sebagian nelayan yang mata pencarianya penangkap belut dan itupun terkenal ke negeri tetangga bahkan propinsi penghasilan nelayan belut dan hasilnya berbagai ikan lainnya.

Salah satu masyarakat, Idris, berharap sungai Kerumutan dapat tetap terjaga kelestariannya dan aliranya bukan di biarkan tertutup.

“Di musim banjir,  sungai tersendat dan terhambat sehingga berdampak ke areal perkebunan kami Imbasnya, dan nenggenangi perkebunan sehingga terhambatnya aktifitas masyarakat untuk merawat perkebunan mereka”, ucap Idris.

Namun kekecewaan Kepala Desa Tambun terhadap Perusahaan di sekeliling dan sekitar desa tersebut yang enggan membantu dan menutup mata atas lingkungan setempat seperti perawatan maupun menormalisasikan Sungai Kerumutan yang kini akan dipenuhi rumput Kumpai dan bonto.

“Lingkungan kaya akan perusahaan tetapi miskin akan kesadaran melestarikan pinggiran aliran sungai terutama perusahaan yang berdampingan dengan desa kami ini”, tutur Kades Tambun, Hendri. T saat diwawancarai Awak Media Pirnas, di Kantor Desa Tambun, Kamis (26/12/2019) Pukul 10.30 WIB.

*(TIM)

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Berita Terkait
LP Terkesan Diabaikan, Ketum PPWI Geruduk Ditreskrimum Polda Jabar

Harsusilawati

20 Jul 2024

Post Views: 5 Pirnas.com | Jakarta – Laporan Polisi (LP) terkait dugaan penyerobotan tanah dan pemalsuan dokumen yang dilaporkan anggota PPWI, Dasep Setiawan, pada tahun 2021 hingga kini masih jalan di tempat. Aparat kepolisian Polda Jawa Barat yang menerima LP tersebut terkesan mengabaikan laporan warga dari Desa Sukaresmi, Kecamatan Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung, itu. Selama …

Benar Dugaan Fiktif Dana Desa Pematang Seleng Tahun 2022 dan 2023 Rp 946 Juta 

Hidayat Chan

19 Jul 2024

Post Views: 16 Ket.photo:Peternakan sumber dana desa Pematang Seleng tahun 2024. Pirnas.com|Labuhanbatu– Nama saya Dio, penjaga ternak Kepala desa Pematang Seleng, demikian diucapkan Dio, 24 tahun, warga desa Pematang Seleng Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu, saat dikonfirmasi wartawan terkait pembelian ternak kambing yang menggunakan sumber dana desa Pematang Seleng, Jumat (19/07/2024) pukul 13.00 wib siang. …

Dr. Ebtanas Morina Padang, Plt Puskesmas Salak, Mengabdikan Diri Dikampung Kelahiran

Harsusilawati

19 Jul 2024

Post Views: 9 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Seorang perempuan berparas ayu menyambut setiap tamunya dengan tebaran senyum yang ramah penuh dengan kesejukan Namanya adalah dr. Ebtanas Morina Padang, Plt. Kepala UPT Puskesmas Salak yang telah bertugas di Puskesmas tersebut sejak 2023 kemarin. Satu jam saat berbincang bersama nya, perempuan kelahiran Singgabur Desa Silimakuta Kecamatan …

Kapolres Labusel Gelar Jumat Curhat Dan Bagi Bansos Di Desa Teluk Panji

Harsusilawati

19 Jul 2024

Post Views: 13 Pirnas.com | Labuhanbatu Selatan – Dalam rangka lebih mendekatkan diri dengan masyarakat di an mendengarkan keluhan mereka secara langsung, Kapolres Labuhanbatu Selatan AKBP Maringan Simanjuntak, S.H., M.H., mengadakan kegiatan “Jumat Curhat” sekaligus membagikan bantuan sosial kepada masyarakat di Dusun Setia Makmur Desa Teluk Panji Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Jumat (19/7/2024). …

Sekda Pimpin Senam Pagi Jumat Rutin Dilingkungan Pemkab Pakpak Bharat

Harsusilawati

19 Jul 2024

Post Views: 12 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Begini suasa Senam Sehat pagi ini, di Kompleks Perkantoran Panorama Indah Sindeka, Salak. Lajim setiap jumat pagi, segenap Aparatur di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melaksanakan Senam Sehat Bersama, guna menjaga kebugaran dan kekompakan. Jalan Berutu, S.Pd, MM, sekretaris Daerah Pakpak Bharat yang mewakili Bupati dalam pengarahan …

Direktur Pudam Tirta Bina Labuhanbatu di Lantik Plt. Bupat

Hidayat Chan

19 Jul 2024

Post Views: 131 Pirnas.com|Labuhanbatu– Pelaksana Tugas Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd., MM. melantik Direktur Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Bina Kabupaten Labuhanbatu masa jabatan 2024-2029 M. Lutfi, SH., MH. di Kantor Pudam Tirta Bina Labuhanbatu Jl. W. R. Supratman, Rantau Utara, Jumat (19/07/2024). Dalam arahannya, Plt. Bupati mengatakan bahwa Pudam Tirta Bina …

Kategori Terpopuler