banner 728x250
Daerah  

JK Yakin BNPB Segera Atasi Karhutla di Riau

Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memastikan pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tanggap mengatasi kebakaran hutan dan lahan di Riau. JK mengatakan BNPB akan mengerahkan pesawat pemadam untuk mengatasi kebakaran.

“Ya kita sudah ada sistem, (penanganan) kebakaran hutan dipimpin oleh BNPB. Mereka punya pesawat, helikopter, itu akan dikerahkan ke situ. Untuk memdamkan kebakaran itu,” kata JK di kantornya Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (26/2/2019).

Click following link

Keyword dan Negara dengan CPC Tertinggi 2022-2023

JK juga meminta partisipasi masyarakat dan perusahaan untuk membantu memadamkan api. Dia mengatakan pemerintah setempat telah aktif untuk ikut memadamkan api.

“Pasti ada sambil berjalan (investigasi dan itu kan Gubernur yang turut serta memimpin pemadaman,” ucap JK.

Sebelumnya, asap akibat karhutla yang terjadi di Riau mulai meluas hingga ke daerah perbatasan Sumatera Utara di Cikampak, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Namun asap belum membahayakan warga setempat.

Kepala Daerah Operasi Manggala Agni Labuhanbatu, Rizky Ismana Nasution ketika dihubungi oleh Antara, Selasa (26/2/2019), menyampaikan asap karhutla dari sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Riau mulai masuk ke Sumatera Utara karena faktor cuaca dan hembusan angin. Walaupun paparan kabut asap masih sedikit dan tidak terasa, masyarakat di perbatasan Kabupaten Labuhanbatu Selatan dengan Riau, warga diharapkan berhati-hati dan menjaga kesehatan dengan menggunakan masker.

“Paparan kabut asap karhutla dari Riau mulai masuk ke wilayah Sumut pagi hari hingga pukul 09.00 WIB dalam beberapa hari terakhir, walaupun tidak secara masif,” kata Rizky.
(fdu/rvk)

Sumber : detik.com