banner 728x250

Diduga Sekda Jadi Pembodohan Publik, Berdalih Akan Merubah Lambang Batu Bara

  • Bagikan

PIRNAS.COM | BATU BARA – Setelah membuat Ricuh di masyarakat Sekda Kabupaten Batu Bara berdalih akan merubah lambang dan logo kabupaten Batubara hal itu disampaikan nya di beberapa media yang ada di Kabupaten Batu Bara. Jum’at 14/01/2022.

Dilansir dari Media Kamtibmas Sekda Sakti Alam Siregar mengatakan, dalam tujuan sayembara lomba perubahan (Penyempurnaan) logo Pemkab Batubara dinyatakan tidak merubah sesuatu apapun yang ada di dalam logo maupun warna logo tersebut, Sebagaimana cantuman dalam peraturan daerah Kab. Batu Bara (Perda) No. 55 tahun 2009 tentang lambang daerah Kab. Batu Bara yang telah memiliki ciri Khas yang berkarakteristik Melayu serta mengandung makna Filosofi dalam melestarikan nilai-nilai Sosial, Budaya, dan dinamika di tengah masyarakat.

Lanjutnya menjelaskan kepada media Kamtibmas Kamis (13/1/2022) “Sayembara Logo Pemkab Batu Bara tidak ada yang di ubah, cuma disempurnakan sebagaimana keinginan masyarakat Batu Bara agar lebih menumbuh kembangkan kecintaan terhadap Daerah, serta semangat, Motivasi dan Pemerataan dalam nilai ekonomi serta mewujudkan kemakmuran di tengah masyarakat Batu Bara.” Ujar nya dalam via Telepon.

Lanjutnya, “Untuk itu, kita adakan sayembara agar partisipasi masyarakat dalam menuangkan imajinasi nya, Serta dapat memberi dukungan kepada pemerintah agar lebih semangat dan termotivasi dalam bekerja.” Tandas nya di media Kamtibmas.

Dilihat dari bantahan Sekda jelas bertentangan dengan surat pertama yang diterbitkan nya dengan nomor surat 001. 3/012 2022. menyebutkan LOMBA SAYEMBARA PERUBAHAN LAMBANG DAERAH BATU BARA. Dalam judul jelas akan merubah lambang Daerah.

Lanjutnya dalam surat tersebut menyebutkan Lambang daerah merupakan simbol yang menunjukkan identitas yang berciri khas suatu daerah, Lambang Daerah Kabupaten Batu Bara sebagaimana ditetapkan dengan Peraturan Daerah Kabupaten Batu Bara Nomor 55 Tahun 2009 tentang Lambang Daerah Kabupaten Batu Bara dipandang perlu untuk dilakukan pembaharuan. Tujuan pembaharuan dimaksud adalah menghasilkan identitas yang berciri khas daerah Kabupaten Batu Bara untuk kepaduan administratif maupun atribut aparat dan masyarakat yang lebih berkarakteristik, sesuai dengan
perkembangan dinamika sosial masyarakat yang mengandung filosofi dan melestarikan nilai- nilai sosial budaya masyarakat daerah serta harapan menjadi kekuatan untuk menumbunkembangkan semangat dan motivasi untuk mewujudkan pemerataan kemakmuran, kesejahteraan, keadilan baik di bidang ekonomi, politik, maupun sosial budaya masyarakat Kabupaten Batu Bara. Sebutnya dalam surat tersebut.

Terakhir Sekda menerangkan dalam surat tersebut Maksud dan tujuan diadakan perlombaan poin 1 mengatakan “Sebagai gambaran karakteristik yang sesuai dengan perkembangan dinamika
sOsial masyarakat yang mengandung filosofi dan melestarikan nilai-nilai sosial budaya masyarakat daerah serta harapan menjadikan kekuatan untuk mewujudkan kemakmuran masyarakat Kabupaten Batu Bara.

Lanjut ke poin 2. “Tujuan untuk memberikan simbol identitas yang berciri khas suatu daerah, baik untuk
kepaduan administratif maupun atribut aparat dan masyarakat atau hal-hal yang memerlukan simbol daerah. Untuk mengembangkan partisipasi dan imajinasi yang tertuang dalam simbol daerah guna memberikan semangat dan motivasi bagi aparat pemerintah Kabupaten Batu Bara dan masyarakat dalam mewujudkan pemerataan.”

(Az)

  • Bagikan