banner 728x250 banner 728x250
Daerah  

Danau Tao dan Tasik Di Paluta Mulai Jadi Tujuan Favorit Wisatawan Dari Berbagai Daerah

PIRNAS.COM & PIRNAS.ORG | PALUTA – Danau Tao dan Danau Tasik merupakan salah satu tempat pariwisata yang berlokasi di Desa Batang onang baru, Kecamatan Batang onang, Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatera Utara.

Dari pasar matanggor atau pusat pemerintahan Kecamatan Batang Onang kelokasi Danao Tao berjarak tempuh sekitar 6 Km, sedangkan ke Danau Tasik berjarak tempuh sekitar 9 Km.

Baca Berita Lainnya :

Keyword dan Negara dengan CPC Tertinggi 2022-2023 Cara Buat Website Dengan Mudah Untuk Pemula

Meski separuh akses jalan menuju kedua danau tersebut masih terjal, namun pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara tampak secara berkesinambungan dan perlahan mulai merealisasikan pembangunan peningkatan jalan jenis hotmix.

Seperti tahun ini misalnya, pihak Pemkab sudah membangun akses jalan menuju danau tersebut menjadi jalan Hotmix sepanjang 2 Km.

Meski danau ini telah lama ada, namun dua tahun belakangan ini nama dua danau yang unik dan mempesona ini makin santer terdengar dan bahkan belakanag  ini mulai jadi pilihan favorit untuk menjadi tujuan rekreasi keluarga dari berbagai daerah, terutama saat liburan akhir pekan.

Danau Tao dan Danau Tasik adalah danau indah yang tersembunyi di lembah hutan pegunungan sebelah barat Kecamatan Batang onang, air nya yang jernih kehijauan dan pemandangan gunungnya yang sejuk disekitarnya bak jadi mahkota membuat danau ini semakin indah mempesona.

Selain pemandangan hutan pegunungan disekelilingnya yang indah, didanau ini juga terdapat beragam spesies ikan.

Salah satu pemilik kedai kopi di sekitar danau, Darsih (55) mengatakan, di Danao Tao tersebut terdapat berbagai macam spesies ikan, bahkan katanya banyak juga spesies ikan bertuah atau ikan merah (ikan jurung).

“Banyak ikan di danao ini, siapapun yang datang bebas memancing disini asalkan tertib, bahkan suamiku pernah dapat ikan merah disini seberat 23 kilo.” Kata Darsih.

Selain itu, Darsih juga mengaku pihak Pemkab Paluta sering menabur berbagai jenis benih ikan di kedua danao tersebut.

Terpisah, Sunaryo salah satu pengunjung yang datang dari Rantau Parapat (Labuhan Batu) membawa serta rombongan keluarganya tampak terlihat santai dan menikmati panorama keindahan alam Danau Tao.

“Awalnya penasaran lihat di media sosial Facebook, ternyata Danao Tao lebih indah dari nyatanya bang. Cuman sayangnya akses jalan dari pintu masuk sampai kesini belum dibangun dan juga fasilitas tempat untuk duduk istirahat kurang layak. Pokoknya tinggal peranan masyarakatnya lah ini membangun fasilitasnya bang.” Kata Sunaryo.

Semetara itu, Masdelima Nasution petugas penjual karcis dari pihak BUMDes Batang Onang Baru mengaku setahun belakangan ini pengunjung yang datang ke Danao Tao meningkat drastis.

“Terutama hari sabtu dan minggu, kadang sampai 100 mobil pengunjung masuk dalam sehari, tapi itu Danao Tao saja. Kalo Danau Tasik masih seperti biasa, mungkin karena lebih jauh dan jalannya kesana belum bagus.” Ungkap Masdelima.

Selain Itu, Masdelima juga berharap adanya campurtangan pemerintah yang lebih serius untuk membangun berbagai infrastruktur pendukung untuk memamajukan objek wisata Danao Tao dan Danao Tasik.

“Saya yakin Danau Tao dan Danao Tasik  ini kalo di bangun dan dibenahi lebih baik lagi, akan menjadi objek wisata berkelas.”tutup Masdelima.

Reporter 4i5