Home » Daerah » Bupati Labuhanbatu Hadiri Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa Cluster II Tahun 2019

Bupati Labuhanbatu Hadiri Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa Cluster II Tahun 2019

Pirnas.com 11 Okt 2019

LABUHAN BATU, PIRNAS | Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT bersama Ketua Inovasi Kabupaten Zaid Harahap, S.Sos, MM menghadiri kegiatan pelaksanaan bursa inovasi desa cluster II tahun 2019 di Kantor KPLP Syah Bandar Desa Tanjung Sarang Elang Kecamatan Panai Hulu, Kamis (10/10/2019) yang bertemakan “ Inovasi Desa Menuju Labuhanbatu Unggul”.

Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT dalam keterangannya kepada Tim Jurnalis Dinas Kominfo Labuhanbatu menjelaskan, Bursa Inovasi Desa Cluster II, dimana yang ke-II ini diikuti 4 kecamatan, yaitu Kecamatan Panai Hilir, Panai Hulu, Panai Tengah dan Bilah Hilir.

Bursa Inovasi ini saya rasa adalah suatu kewajiban buat kita yang ingin kedepan, baik itu desa, lingkungan, kelurahan maupun kecamatan itu maunya bisa lebih baik lagi kedepan, tanpa inovasi kita tidak bisa berbuat apa-apa tanpa persaingan-persaingan yang sangat sangat luar biasa, tahun ini saya menginginkan inovasi ini terbit dan membawa nama baik di Kabupaten Labuhanbatu dan bisa go di bangsa ini.

“Saya mengingkan kedepan provinsi desa-desa yang lain diluar Sumatera atau diluar Kabupaten Labuhanbatu bisa berkunjung ke Labuhanbatu dan melihat ada suatu inovasi yang kita banggakan di Labuhanbatu ini,” jelas Andi Suhaimi.

Disinggung masalah persiapan Pemkab Labuhanbatu mengembangkan hasil dari inovasi masyarakat di desa, Andi Suhaimi menjelaskan, saya sudah sedikit berinovasi, salah satu yang tadi saya sampaikan, panen padi tahun yang lalu 1 kali setahun, kini sudah panen kedua dan hari ini juga sudah pematangan lahan, insya Alalh nanti 2 tahun itu bisa 5 kali panen padi yang ada di Desa selat Beting.

Sama-sama kita ketahui Pemerintah terus berbuat dan biayanya itu semua dari Pemkab berkolaborasi dengan Pertanian, Litbang, ada Kominfo dan memang bisa membuat yang terbaik, kita buat asuransi di tanah tersebut, kalau gagal dibantu/diganti asuransinya 6 juta. Kita sekarang berinovasi ini tidak takut akan kita asuransikan inovasi-inovasi yang akan kita lakukan di Kabupaten Labuhanbatu, jelas Andi Suhaimi.

Terkait dengan jajanan, Andi Suhaimi mengatakan, bahwa bulan depan akan dilounching tempat atau pusat jajanan di Labuhanbatu yang ada di Jalan Lintas Sumatera atau di tugu selamat datang Ke Labuhanbatu, inilah salah satu nanti yang menampung hasil ekonomi masyarakat, ekonomi masyarakat ini bisa kita tampung di Pemerintahan kita, salah satu seperti ini Manisan Pinang Muda dan satu lagi Halua Pepaya ada rasa manis dan ada rasa pedas, memang bukusan sudah agak menarik tapi kita buat lagi lebih menarik, jadi orang bisa tertarik dengan bungkusan ini tanpa merasa saja orang sudah tertarik.

Bupati Labuhanbatu menghimbau masyarakat agar pelan-pelan dapat membuat inovasi, kita beritahu kepada masyarakat melalui bapak Kepala desa bahwasanya kelapa sawit mayoritas petani kita hari ini tergantung dengan kelapa sawit, sama-sama kita lihat kelapa sawit sangat luar biasa anjloknya, haruslah hari ini kita benahi masyarakat, kepada masyarakat kami dari Pemerintah siap dan siap akan memberi pelajaran, akan memberi pengetahuan untuk SDM Masyarakat dan SDM anak-anak kita kedepan.

Sementara, Camat Panai Hulu H Turing Ritonga, ST, MM dalam sambutannya mengatakan, kami sebagai Camat dan seluruh Pengurus TPID (Tim Program Inovasi Desa) 4 kecamatan ini serius dan semangat untuk melaksanakan bursa inovasi ini, tujuannya adalah supaya berinovasi kami semua di 4 kecamatan ini.

Mudan-mudahan kegiatan bursa inovasi ini bisa kami tingkatkan kedepannya supaya apa yang bapak harapkan nantinya kami siap mendukung program-program yang bapak laksanakan dan yang dibuat di Kabupaten Labuhanbatu ini, kata Turing Ritonga mewakili Camat Panai Hilir, Bilah Hilir dan Panai Tengah.

Ketua Panitia Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa Muhammad Nurdin dalam laporannya menjelaskan, kegiatan bursan inovasi desa ini diikuti sebanyak 4 Kecamatan dan 34 Desa yang terdiri dari Kecamatan Panai Hulu sebanyak 7 Desa, Kecamatan Bilah Hilir sebanyak 11 Desa, Kecamatan Panai Tengah sebanyak 9 Desa dan Kecamatan panai Hilir sebanyak 7 Desa.

Dalam pelaksanaan Bursa Inovasi Desa tersebut Bupati Labuhanbatu meninjau penampilan inovasi Bidang Infrastruktur, Bidang Kewirausahaan dan Bidang Sumber Daya Manusia serta meninjau hasil inovasi masyarakat desa tanjung sarang elang, dimana sebelumnya Bupati Labuhanbatu ini juga memberikan santunan kepada 22 orang anak yatim yang ada di desa Tanjung sarang Elang dan menerima cenderamata dari Ketua Panitia Bursa Inovasi Desa Muhammad Nurdin. (HD)

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Berita Terkait
Penembakan 0leh Oknum Brimob Polda Sumatera Utara (POLDASU) BKO (Bawah Komando Operasi) di PT. Perkebunan Nusantara IV (Palm Co) Kebun Sei Kebara

Harsusilawati

18 Jun 2024

Post Views: 7 Pirnas.com | Labusel – Penembakan oleh Oknum Brimob Polda Sumatera Utara (POLDASU) BKO (Bawah Komando Operasi) di PT. Perkebunan Nusantara IV (palm Co) Kebun Sei Kebara di Jalinsum arah Bagan batu. Kec. Torgamba. Kab. Labuhan Batu Selatan. Pada hari sabtu tanggal 15 Juni 2024 sekitar pukul 18.30 . wib Anggota BKO dengan …

Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku Gelar Sholat Idul Adha dan Sembelih Hewan Kurban

Harsusilawati

18 Jun 2024

Post Views: 12 Pirnas.com |  Batu Bara – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Labuhan Ruku melaksanakan sholat Idul Adha berjamaah pada hari ini, diikuti oleh seluruh warga binaan dan petugas Lapas Labuhan Ruku, Senin ( 17/06/2024) Suasana penuh khidmat dan kebersamaan terpancar di area lapangan blok hunian yang telah disulap menjadi tempat pelaksanaan sholat ied. Untuk …

Kapolri Beri Dua Anggotanya Pin Emas Atas Prestasi Saat Pendidikan di UEA

Harsusilawati

18 Jun 2024

Post Views: 11   Pirnas.com | Jakarta – Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Irjen. Pol. Dedi Prasetyo akan memberikan penghargaan kepada dua anggota Polri yang karya ilmiahnya diterbitkan oleh Rochester Institute of Technology Dubai. Kedua anggota tersebut adalah personel Divpropam Polri Iptu I Putu Novi Candra Kurniawan, Dipl.PIL., S.Tr.K., S.l.K., dan personel …

Plt. Bupati Labuhanbatu Sembelih Empat Ekor Sapi Kurban

Hidayat Chan

17 Jun 2024

Post Views: 10   Pirnas.com Labuhanbatu– Pelaksana tugas Bupati Labuhanbatu Hj.Eliya Rosa Siregar S.Pd. MM, menyembelih 4 ekor sapi kurban pada hari Raya Idul Adha 1445 H, penyembelihan di lakukan di rumah Dinas Wakil Bupati Labuhanbatu jalan Pramuka Rantauprapat, Kelurahan Padang Matinggi, Kecamatan Rantau Utara Senin 17/6/2024. Empat ekor sapi kurban dimaksud disembelih dan di …

Respon Cepat Pemkab Labuhanbatu Terhadap Nazril Bocah Penderita Tumor 

Hidayat Chan

16 Jun 2024

Post Views: 15     Pirnas.com|Labuhanbatu– Menyebarnya informasi terhadap kondisi keluarga Nazril (13) bocah dengan penderita tumor thorak yang beralamat di jl Simpang Mangga Bawah Kota Rantauprapat Kecamatan Rantau Selatan membuat Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melalui Dinas Kesehatan Labuhanbatu cepat ambil tindakan. Sebelumnya, Kamis 13/6/2024, Plt Kadis Kesehatan Friska E.Simanjuntak,SKM,MKM, didampingi Kabid P2P Rahmat Hsb,SKM, dr.Ibnu …

Ada Apa Dengan Kadis Perhubungan Labura, Penganti Pj.Batu Bara..?????

Harsusilawati

16 Jun 2024

Post Views: 20       Pirnas.com | Batu Bara – Isu pergantian Pj Bupati Batubara Nizhamul, SE, MM kepada H. Heri Wahyu Marpaung, S.STP, M.AP tidak habis-habisnya menjadi perbincangan Publik Kabupaten Batu Bara, Sabtu (15/06/2024). Namun ada hal yang menarik terkait rekam jejak calon Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara itu, terkait pernah beliau menjadi …