banner 728x250

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Utara Akan Jalin Kerjasama Dengan MOI Medan

  • Bagikan

PIRNAS.COM | MEDAN – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan kantor cabang Medan Utara akan menjalin kerjasama kemitraan dibidang program jaminan sosial dengan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Media Online Indonesia (MOI) Kota Medan.

Hal itu disampaikan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Utara TM Haris Sabri Sinar, saat acara silaturrahmi dengan pengurus DPC MOI Kota Medan di Sagar Cafe, Jalan HM Joni, Kelurahan Pasar Merah Barat, Kecamatan Medan Kota, Kamis (13/01/2022) sore.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Utara TM Haris Sabri Sinar mengatakan, pemerintah saat ini telah hadir untuk melindungi seluruh rakyatnya dalam bidang jaminan sosial, yakni BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan yang berperan dalam perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yang selalu mengedepankan pelayanan, karena di dasari oleh UUD Thn 1945 pasal 34 UU No. 40 thn 2004 tentang Jaminan Sosial dan UU No. 40 Thn 2011.

“Kalau BPJS Kesehatan hanya untuk menangani sakit medis, sedangkan kami BPJS Ketenagakerjaan untuk perlindungan jiwa pekerja dengan lima program, yakni program JKK, JKM, JHT, JP dan JKP,” ucap Tengku Haris.

Tengku Haris juga menjelaskan, Maka seluruh pekerja perlu adanya Jaminan keselamatan Tenaga Kerja, baik secara formal ataupun secara informal.
Secara Formal yang di maksud adalah, tenaga kerja yang memiliki pendapatan dari pemberi kerja, sedangkan pekerja informal yaitu bukan penerima upah, seperti petani, nelayan, jasa konstruksi dan lainnya. Ia juga menyampaikan, ada lima program BPJamsostek, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

“Jadi sudah jelas, seluruh pekerja diwajibkan jadi peserta BPJamsostek, kalau pekerja pormal wajib ikut lima program, sedangkan pekerja inpormal hanya tiga program saja, karena program ini semata- mata untuk kesejahteraan pekerja,” jelas Tengku Haris, yang merupakan keturunan dari Sultan Serdang tersebut.

  • Bagikan