Satpol Air Polres Tanjungbalai Awasi Perairan TBA 1 X 12 Jam Aman Terkendali - PIRNAS
banner 728x250

Satpol Air Polres Tanjungbalai Awasi Perairan TBA 1 X 12 Jam Aman Terkendali

  • Bagikan

PIRNAS.COM | TANJUNGBALAI – Satpol Air Polres Tanjungbalai Awasi Perairan Tanjungbalai Asahan (TBA) selama 1 X 12 Jam aman dan terkendali mulai Sabtu dan Minggu 04 Januari 2021 oleh Kapal Patroli KP II. Bhabinkamtibmas Diawaki Team Regu IV. Bripka Acep. HS. Bripka AH. Saragih, melaksanakan tugas patroli Perairan di Tanjung Balai Asahan ( TBA ) untuk melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap kapal yang diduga mengangkut TKI atau barang Ilegal/ terlarang yang dilarang keluar /masuk melalui perairan Tanjung Balai.

Dalam situasi aman perairan pukul 02.15 Wib, KP. II-BHABINKAMTIBMAS di Awaki : Bripka Acep HS.Dan Brigpol ABD. Hadi Saragih, melaksanakan Public speaking, berupa lego jangkar dikoordinat N 3° 0′ 26.8524 ” E 99° 52′ 56. 4012″ turut melakukan pengawasan dan antisipasi terhadap kapal yang melintas mengangkut TKI dan yang diduga membawa barang ilegal atau barang yang dilarang keluar & masuk melalui perairan Tanjung Balai.

Personil Polmas Patroli perairan KP II- Bhabinkantibmas Sat Polair Polres Tanjung Balai yang diawaki melakukan Public Speaking, sosialisasi adaptasi kebiasaan baru pencegahan Penularan Virus Corona Covid- 19, kepada masyarakat awak kapal Nelayan Kota Tanjungbalai dengan tujuan tetap mentaati himbauan Pemerintah terhadap Protokoler Kesehatan dan tetap Memakai Masker, Menjaga Jarak 1,5 meter dari orang lain, Rajin mencuci tangan menggunakan Sabun dengan Air bersih yang mengalir, Hindari Kerumunan, Menerapkan Pola makanan sehat dan istirahat yang teratur.

Apabila akan berlayar agar terlebih dahulu melakukan Pemeriksaan mesin, kemudian alat kelengkapan lainnya dokumen kapal dan membawa alat-alat keselamatan berlayar seperti Jakwt, Pelampung, Ring boy, Apar dan Kotak P3K.

Selain itu sebagai mitra dalam memelihara situasi Kamtibmas membantu petugas Satpolair untuk memberikan informasi jika ada mengetahui oknum yang melakukan pelanggaran atau kejahatan dengan membawa TKI gelap, Balpres, Narkoba atau barang Ilegal/terlarang lainnya dengan cara menumpang kapal lainnya untuk itu dilakukan pemeriksaan terhadap Kapal tersebut.

Adapun nama kapal yang diperiksa adalah KM.SR. GT.16 No.3218/Ppb yang dinakhodai oleh Efendi datang dari laut Tanjungbalai yakni dokumen kapalnya Lengkap, ABK atau penumpang sebanyak delapan/ 8 orang dan muatan kapal berupa fiber berisi ikan dan tidak ada ditemukan barang – barang yang ilegal atau yang melanggar hukum.

Kapolres yang dikonfirmasi Wartawan melalui Kabag Humasnya Iptu. A. Dahlan.Panjaitan, mengatakan, pengamanan Perairan tersebut secara rutin dilakukan Petugas Satpol Air Polres Tanjungbalai untuk memastikan situasi keamanan Perairan Tanjungbalai Asahan aman dan terkendali.

“Selain, pengawasan toritorial Petugas Satpol Air turut melakukan pemeriksaan kesehatan para Nakhoda dan ABK kapal nelayan yang hilir mudik di Perairan Tanjungbalai Asahan, membagikan masker dan menghimbau nalayan tetap patuhi Protokol Kesehatan, pakai masker dan mencuci tangan bersih untuk hindari penularan Covid- 19.” Ujarnya.

Syn

  • Bagikan