Home » Daerah » PILKADA LABUSEL ELEKTABILITAS RIVAI NASUTION UNGGUL DARI BAKAL CALON LAIN 

PILKADA LABUSEL ELEKTABILITAS RIVAI NASUTION UNGGUL DARI BAKAL CALON LAIN 

Pirnas.com 02 Jan 2020

PIRNAS.COM & PIRNAS.ORG | LABUSEL – Ketua Umum PB-Iklas, Rivai Nasution sebagai bakal calon bupati Labusel, terus meningkat.

Hal itu diungkap pemerhati politik Kab. Labusel, Rambe M. Holil ketika dimintai komentar terkait eskalasi politik jelang Pilkada 2020 Kab. Labusel, Rabu (01/01).

Dikatakan, sosok Rivai sekarang ini sangat diperhitungkan dibanding bakal calon lain. Bahkan kata dia, tingkat kepercayaan publik terhadap Rivai telah menggeser nama Hj. Hasnah Harahap (istri Bupati Labusel) yang sebelumnya lebih unggul dari bakal calon lain.

Disebutkan, berdasarkan hasil survey yang mereka lakukan memperlihatkan, bahwa elektabilitas Rivai paling tinggi, yakni berkisar 20,32 persen. Kemudian disusul Hj. Hasnah Harahap 18,93 persen, H. Edimin 12,25 persen, Nurdin Siregar 8,73 persen, Maslin Pulungan 6,65 persen, dan Muhammad Yamin Pulungan 2,15 persen.

“Ditemukan juga para calon pemilih menjawab siapapun bupati tidak persoalan dan belum menentukan pilihan mencapai angka sekira 15,93 persen. Sedangkan sisanya menjawab tidak tahu,” katanya.

Diuraikan, selain elektabilitas yang terus meningkat, popularitas dan akseptabilitas Rivai juga cukup baik. Menurutnya, Rivai dianggap sebagai sosok yang memiliki jiwa kepemimpinan dan kecakapan pada bidang birokrasi dengan pengalaman yang dimiliki, puluhan tahun mengabdi di Pemko Medan.

“Ini memberikan keyakinan kepada responden bahwa yang bersangkutan memiliki kemampuan pada bidang pemerintahan. Rivai juga diakui sebagai tokoh yang memiliki dedikasi dan integritas, karena disamping sebagai tokoh dari tingkatan cendekiawan Labusel di perantuan, juga turut dalam bagian kelompok pejuang pemekaran,” katanya.

Holil juga meyakini bahwa hasil survey yang dilakukan sangat akurat. Dibeberkan, sosok bakal calon bupati yang muncul dan banyak menjadi perbincangan masyarakat Labusel saat ini yakni, Rivai Nasution, Hj. Hasnah Harahap, H. Edimin alias Asiong, Nurdin Siregar, dan Maslin Pulungan. Menurutnya, Hj. Hasnah akan menjadi pesaing kuat Rivai.

“Alasannya, Hj Hasnah mampu membangun jaringan dan komunikasi semua pihak. Hj Hasnah Harahap yang menjadi modal kekuatan besar baginya,” katanya.

Meskipun popularitasnya meningkat, namun kata Rambe elektabilitasnya belum dapat menandingi Rivai yang memang dikenal sangat dekat dengan masyarakat sejak lama sebelum momentum Pilkada 2020 ini. “Apalagi Rivai merupakan tokoh pemekaran Labuhanbatu,” katanya.

Dia juga mengungkapkan, pada Pilkada serentak 2020, Parpol tentunya tidak ingin pasangan yang diusung dan didukungnya mengalami kekalahan. Makanya lanjut dia, Parpol memilih tokoh yang benar-benar memiliki potensi atau peluang menang yang sangat besar.

“Parpol tidak mungkin mengusung calon yang elektabilitasnya rendah dari bakal calin lainnya. Makanya, perlu dilihat faktor elektabilitas, popularitas, dan akseptabilitas. Berdasarkan hasil survey kami, sosok Rivai paling menonjol dan berpeluang untuk dilirik partai dalam menyematkan dukungan sebagai persyaratan untuk menjadi calon tetap di Pilkada nanti,” katanya.

(R Marpaung)

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Berita Terkait
KURANGNYA PENGAWASAN,PROYEK SILUMAN TANPA PAPAN PROYEK BERKELIARAN DI MUSI RAWAS

Harsusilawati

07 Sep 2024

Post Views: 4 Pirnas.Com | Musi Rawas – musi Rawas  Sabtu 7 September 2024 Awak media temukan pengerjaan rapat beton di kecamatan tiang pumpung kepungut TPK Kabupaten musi Rawas tidak ada papan proyek. Yang mana seharus setiap pengunaan anggaran APBN maupun APBD wajib ada papan proyek untuk keterbukaan publik, UU No. 14 Tahun 2008, tentang …

Program Bantuan UPPO Pada Kelompok Tani Srinyatu Desa Karangsari Kecamatan Cimanggu di Duga Sapi nya Terjual Semua

Harsusilawati

07 Sep 2024

Post Views: 6 Pirnas.com | Cilacap – Program Pemerintah UPPO melalui Kementerian Pertanian, yang bertujuan untuk pengembangan pupuk organik dengan memberikan bantuan kepada Kelompok Tani sapi, yang mana kotoran sapi tersebut bisa di jadikan untuk bahan dasar pupuk organik. Tapi sangatlah di sayangkan, sapi yang kotorannya sebagai bahan dasar pupuk organik malah di jual diduga …

Ziarah Ke Makam Raja Kerajaan Pertama Negeri Pinang Awan, Ari-Azwar : Kedepan Cagar Budaya Harus Dilestarikan

Harsusilawati

07 Sep 2024

Post Views: 10 Pirnas.com | Labusel – Pasangan calon (Paslon) Bupati dan wakil Bupati Labuhanbatu Selatan (Labusel) napak tilas sejarah cikal bakal terbentuknya kerajaan Kota Pinang dengan berziarah ke makam raja pertama kerajaan Negeri Pinang Awan pada Jum’at (7/9/24). Seperti diketahui makam tersebut tempat peristirahatan terakhir Sultan Batara Guru Sinombah yang merupakan raja pertama yang …

Kapling D2 Milik Perhutani Kecamatan Salem Kabupaten Brebes Diduga Menjadi Ajang Pencurian Kayu

Harsusilawati

06 Sep 2024

Post Views: 9 Pirnas.com | Brebes, Jawa Tengah – Berawal dari laporan masyarakat kecamatan salam yang konon informasi nya lagi marak pencurian kayu Perhutani. Dan meminta pihak wartawan untuk melakukan penelusuran agar terungkap siapa dalang pencurian kayu tersebut. Selasa 27/8/2024. Awak media langsung melakukan investigasi ke lokasi pencurian kayu. Setelah tiba di lokasi, awak media …

Yuk! Sukseskan Gerakan Nasional Revolusi Mental, Manfaatkan Layanan Adminduk Gratis dari Dukcapil

Harsusilawati

06 Sep 2024

Post Views: 11 Pirnas.com | Penajam Paser Utara – Kabar gembira bagi warga Penajam Paser Utara! Mendukung Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) dan Gerakan Indonesia Tertib (GIT), Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri menggelar acara spesial yang akan memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai dokumen kependudukan. Acara ini berlangsung selama dua hari, mulai 6 hingga 7 September …

Bupati Bersama Wabup Pakpak Bharat Laksanakan Kunjungan “SAPA DESA”

Harsusilawati

05 Sep 2024

Post Views: 11 Pirnas.com | Pakpak Bharat – Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor Bersama Wakil Bupati, H Mutsyuhito Solin, Dr, M.Pd berencana melaksanakan Kunjungan “SAPA DESA”, Bupat dan Wakil Bupati berencana akan mengunjungi seluruh desa di Kabupaten Pakpak Bharat. Kunjungan dimaksud bertujuan untuk mendekatkan interaksi dengan masyarakat, untuk menggali saran dan masukan yang lebih …

Kategori Terpopuler