Home » Daerah » DESA BEA MELAKSANAKAN MUSREMBANG TAHUN 2020 DAN MENGEVALUASI ASET DESA

DESA BEA MELAKSANAKAN MUSREMBANG TAHUN 2020 DAN MENGEVALUASI ASET DESA

Pirnas.com 11 Nov 2019

Muna, pirnas.org & pirnas.com |ย Desa Bea, Kec. Kabawo, Kab Muna, melaksanakan musyawarah perencanaan dan pembangunan (musrembang) desa yang bertempat di Balai Desa Bea, senin (11/11/2019).

Rapat tersebut dihadiri oleh pendamping desa, ‘Babimsa’ sertu Ld Armin, Plt. kades Ld Asman, dan ketua BPD Drs Langkamuda beserta anggotanya dan para masyarakat.

Acara musrembang dibuka oleh Plt. Kades Ld Asman dengan menjelaskan bahwa rapat pada hari ini dengan tema/agenda musrembang Desa Bea tahun anggaran 2020 di lanjutkan dengan evaluasi aset desa.

“Acara musrembang ini merupakan agenda tahunan untuk bahan acuan dalam penyusunan RKP desa dengan tujuan penggunaan anggaran lebih transparan dan dapat dinikmati oleh seluruh masarakat desa Bea tanmpa terkecuali”, ucap Ld Asman.

Selanjutnya pendamping desa mengatakan bahwa pihak pemerintah harus memperhatikan usulan masyarakat dan transparan dalam pengelolaan keuangan desa, sebab setiap ahir tahun LPJ Desa ada pemeriksaan dari inspektorat atau BPKP terhadap laporan Kades terkait penyelenggaraan pemerintahan tahunan.

Senada dengan pendamping desa, ketua BPD Drs Langkamuda berharap dengan adanya rapat musrembang ini dapat menghasilkan kesepakatan yang baik untuk masyarakat dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, yang bebas dari praktek KKN.

Lanjut pembahasan evaluasi aset Desa, masyarakat mempertanyakan aset Desa yang di kelola oleh BUMDes berupa traktor dan penyertaan modal dari desa sebesar Rp 30 juta, dan sampai saat ini jumlah uang khas BUMDes sisa Rp 4 juta.

“Iya sejak pertama BUMDes didirikan tidak ada perhatian dari Pemdes dan keanggotaanya tdk aktif hanya saya sendiri yang kelola itu pun saya tadak terlalu perhatikan BUMDes. Alhasil BUMDes tidak berjalan dengan baik malah mengurangi/mengambil modal Bumdes itu sendiri.
Rincian Pengeluaran Bumdes :
1. Mengikuti bimtek kabupaten Rp 7 jta.
2. Biaya perawatan Bumdes Rp 12 jta
3. Di pinjam mantan kades Rp 7 jta
4. Di pinjam Bendahara Rp 7 Jta.” Ucap Bahnam A. Ketua Bumdes

Hal ini membuat kaget masyarakat pasalnya traktor yang dikelola BUMDes tidak menyumbang PADesa dan diduga telah dimanfatkan oleh okunum aparat desa untuk mengambil keuntungan dalam pengelolaan BUMDes ini.

Dan masyarakat tidak terima akan hal ini, masyarakat akan mempertanyakan terkait kasus yang melibatkan BUMDes ini dan akan menempuh jalur hukum jika ada indikasi korupsi didalamnya.

“Saya akan mendalami kasus ini jika benar ada oknum yg bernaim main dengan anggaran keuangan BUMDES ini”. Ucap masyarakat yang tidak mau disebut namanya.

Kemudian Babimsa Sertu LD Armin berpesan kepada masyarakat untuk membuat komitmen bersama untuk menata ulang kembali terkait dengan aset Desa.

“Saya berharap semua masyarakat membuat keputusan bersama untuk menata kembali aset Desa supaya pemanfatanya betul-betul bermanfaat bagi masyarakat”, Ucapnya.

(Hasidi)

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Berita Terkait
Ciptakan Zero Halinar, Lapas Labuhan Ruku Kanwil Kemenkumham Sumut Gelar Razia Penggeledaha

Harsusilawati

18 Okt 2024

Post Views: 4 Pirnas.Com | Batu Bara – Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Ka. KPLP) Lapas Labuhan Ruku, Ziko Lukita, memimpin langsung kegiatan penggeledahan kamar hunian pada Rabu (16/10/2024) Sebelum penggeledahan dimulai, seluruh petugas mengikuti apel bersama yang dipimpin oleh Ka. KPLP. Apel ini dihadiri oleh karupam, Staf KPLP dan jajaran pengamanan malam Lapas Labuhan …

Anjangsana ke Panti Asuhan Ini Yang Dilakukan Pemkab Labuhanbatu

Hidayat Chan

16 Okt 2024

Post Views: 27 PIRNAS.COM|Labuhanbatu -Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Labuhanbatu ke 79, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melakukan kegiatan Anjangsana ke panti asuhan di Kecamatan Rantau Utara dan Rantau Selatan. Rabu (16/10/2024). Pjs Bupati Labuhanbatu Dr. H. Faisal Arif Nasution, S.Sos. M.Si menyampaikan ini kegiatan rutin tahunan yang dilakukan Pemkab dalam memperingati hari jadi Kabupaten Labuhanbatu. …

Kunjungan Kerja Ke PUDAM Tirta Bina, PJS Bupati Labuhanbatu Pastikan Kwalitas Pelayanan Publikย 

Hidayat Chan

16 Okt 2024

Post Views: 9 PIRNAS.COM|Labuhanbatu -Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Labuhanbatu Dr. H. Faisal Arif Nasution, M.Si melakukan kunjungan kerja ke Kantor Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Tirta Bina Labuhanbatu. Jl. WR Supratman, Padang Matinggi Kecamatan Rantau Utara. Rabu (16/10). Dalam kunjungannya, Pjs. Bupati Faisal Arif disambut langsung oleh Direktur PUDAM Tirta Bina Labuhanbatu M. Lutfi, …

Pemkab Labuhanbatu Terima Penghargaan Dari Panitia PON ke XXl ACEH – SUMUT 2024

Hidayat Chan

15 Okt 2024

Post Views: 196 PIRNAS.COM|Labuhanbatu-Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu menerima penghargaan dari panitia Pekan Olahraga Nasional (PON) XXl ACEH – SUMUT 2024, Selasa 15 Oktober 2024, di halaman depan Kantor Bupati Labuhanbatu. Penyerahan penghargaan untuk Pemkab Labuhanbatu diserahkan oleh panitia besar PON bapak Bangun kepada Asisten l Drs. H. Sarimpunan Ritonga, M.Pd didampingi Kasat Pol PP Labuhanbatu M. …

Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Prabumulih, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Sumatera Selatan

Harsusilawati

15 Okt 2024

Post Views: 11 Pirnas.com | Prabumulih – Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Prabumulih, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Sumatera Selatan. Melakukan razia di kamar hunian warga binaan yang mana razia ini rutin dilakukan secara berkala. Selasa, 15 Oktober 2024 Penggeledahan terhadap kamar hunian warga binaan ini bertujuan untuk mencegah barang terlarang dan berbahaya masuk …

Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku Kanwil Kemenkumham Sumut Gelar Upacara Kenaikan Pangkat

Harsusilawati

15 Okt 2024

Post Views: 14 Pirnas.Com | Batu Bara –ย  Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Labuhan Ruku Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara melaksanakan Upacara Penyematan Tanda Kenaikan Pangkat Pegawai pada Selasa (15/10/24). Bertempat di Lapangan Upacara Lapas Labuhan Ruku, terdapat 6 (enam) orang petugas Lapas Labuhan Ruku terhitung mulai tanggal 01-10-2024 resmi menyandang pangkat baru …

Kategori Terpopuler